Irwanto

Nama jawa, yang punya orang minang. Mengajar matematika, setiap hari mengarang. Irwanto, guru matematika asal Pariaman Sumatera Barat. Bagi saya masalah i...

Selengkapnya
Navigasi Web

Permutasi Siklis

Permutasi Siklis

Bagian ketiga dari permutasi (susunan yang urutannya diperhatikan) adalah permutasi siklis, dimana n objek disusun secara melingkar, seperti duduk di meja bundar atau berbaris melingkari api unnggun dan sebaginya.

Sebagai ilustrasi, misalkan ada susunan dari huruf-huru ABC yang disusun melingkar, maka kita bisa membuat pola susunannya (A ditulis diawal dan diakhir), . ABCA dan ACBA, sementara BACB, dan lain-lain akan sama dengan salah satu dari ABCA atau ACBA. Jadi hanya ada dua susunan.

Begitu juga kalau objeknya ada 4 dan disusun melingkar, maka akan ada 6 susunan, untuk 5 akan ada 24 susunan, dan seterusnya. Hal ini dapat dinyatakan dalam factorial untuk 3,4,5,…n objek, maka susunannya adalah 2!,3!, 4!, … (n-1)!. Secara umum dapat dirumuskan untuk permutasi siklils Pn = (n-1)!

Demikian semoga bermanfaat

Pariaman, 14 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post