Isma Latifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Alutsista

Tantangan Hari Ke-362, #TantanganGurusiana

.

Hari ini, akun Instagram Badan Bahasa Kemendikbud membagikan rangkuman kosakata yang bertemakan angkatan laut. Semua kata yang dibagikan merupakan akronim yang pasti sudah sering Pembaca dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bisa jadi Saudara tidak tahu kepanjangan akronim tersebut, seperti saya. Ada alutsista, kodamar, mabal, kodaeral, dan kowal. Apakah Saudara tahu kepanjangan dari akronim-akronim tersebut?

Kata alutsista sudah saya dengar sejak masih duduk di bangku SD. Mungkin, dulu saya sudah pernah tahu kepanjangannya dan lupa. Alutsista adalah akronim dari alat utama sistem pertahanan. Selanjutnya, ada kodamar. Saya hanya pernah tahu kodam, komando daerah militer. Mirip dengan kodam, kodamar adalah akronim dari komando daerah maritim. Ada pula mabal. Apakah mabal itu? Kalau generasi sekarang, mungkin lebih familier dengan mabar aka main bareng atau makan bareng. Hehehe. Saya sering mendengar mabes Polri, tapi tidak pernah mendengar mabal, markas besar angkatan laut. Dua kata terakhir adalah kodaeral, komando daerah angkatan laut dan kowal, korps wanita angkatan laut.

Pernah adakah akronim yang terlewat dalam bacaan, dan Saudara tidak tahu kepanjangannya? 😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post