Isma pranata hilma

TERBATA DALAM KATA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa Kabar Guru?

Apa Kabar Guru?

Guru tetap menjadi pahlawan tanpa tanda jasa kemarin, sekarang, dan selamanya. Seakan seorang pelajar jika ditanya siapa itu guru? Mereka akan menjawab seperti halnya jawaban di atas. Namun sekarang profesi guru terutama yang sudah diangkat menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) alhamdulillah kehidupan mereka sudah bisa dikatakan sangat terjamin dibandingkan beberapa tahun sebelumnya disaat belum ada tunjangan profesi atau sertifikasi. Jadi wajar jika di era millenial ini profesi guru menjadi menjadi cita-cita anak millenial sekarang. Bahkan di perguruan tinggi prodi pendidikan atau keguruan menjadi prodi yang paling banyak diminati.

Dibalik kisah guru ASN yang mulai terjamin kesejahteraannya, tetapi terselip kisah pilu nasib GTT (guru tidak tetap). Beberapa gtt di daerah yang sudah mengabdi lebih dari 10 tahun belum juga diangkat menjadi ASN. Selain itu gaji mereka pun belum bisa dikatakan belum layak meski beban kerja hampir sama dengan ASN. Akan tetapi sedikit beruntung bagi GTT yang sudah bersertifikasi mendapatkan gaji tambahan meskipun pencairan gajinya kadang terlambat. Mungkin itu sedikit kisah antara guru ASN yang mulai terjamin kesejahteraannya dan GTT yang menuntut kesejahteraannya.

Dari kisah di atas wajar saja jika guru menuntut akan kesejahteraannya karena itu hak mereka. Akan tetapi jangan lupa para guru juga memiliki kewajiban untuk turut andil mencerdaskan anak bangsa. Apalagi di era millenial ini tugas guru pun semakin berat. Di era yang serba digital ini guru dituntut untuk mengikuti perubahan tersebut. Guru hendaknya mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik guna menunjang proses pembelajaran di kelas. Dengan kemajuan teknologi ini hendaknya para guru bisa mengembangkan model pembelajaran lebih bervariasi dan kreatif sehingga siswa lebih aktif mengikutinya.

Dengan sedikit penjabaran di atas hendaknya hak dan kewajiban guru bisa dijalankan secara beriringan agar terciptanya pendidikan yang berkualitas. Di mana guru bekerja dengan sepenuh hati mencerdaskan anak bangsa dan terjamin kesejahteraannya. Kemudian sisi lain pemerintah siap memfasilitasi dan menjamin kesejahteraan guru baik sudah ASN atau GTT. Harapan saya selaku guru juga di Hari Guru Nasional 2018 ini semoga pemerintah lebih memperhatikan nasib para guru terutama GTT di seluruh Indonesia terjamin kesejahteraannya dan pendidikan di Indonesia semakin baik dan berkualitas."

"MENJADI TELADAN, MENATA PERADABAN"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post