Ismarina Rosida

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

Assalamualaikum wr, wb

Salam Guru Penggerak !!! Tergerak, bergerak, menggerakkan.

Saya Ismarina Rosida, S.Pd, Gr

CGP angkatan 7 Kabupaten Bungo

Dari SDN 91/II Baru Sei Telang

Kali ini saya akan menuliskan Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid dengan menggunakan model 4F. Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) Yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Refleksi minggu ke-24 ini saya akan menuliskan apa yang telah saya lakukan selama satu minggu ini, hal apa yang menarik yang saya temui, dan rencana selanjutnya yang akan saya lakukan pada minggu selanjutnya. Jurnal refleksi minggu ini saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

1. Facts (Peristiwa)

Modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid adalah modul pamungkas yang harus dipelajarai dalam Pendidikan Guru Penggerak Ini. Sama halnya dengan modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 di mulia dengan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri. Pada tahap Muli dari diri, CGP disuguhkan dengan dua pertanyaan pemantik yaitu apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan kaitannya dengan student agency. Kemudian di dalam eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan 3 aspek yang dimiliki murid seperti suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan(ownership). Kemudian materi tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid, serta pentingnya keterlibatan komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa orang CGP diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang program/kegiatan yang sudah dilakukan sekolah mereka yang berdampak pada murid dan CGP lainnya memberikan umpan balik dari penjelasan tersebut.

Feelings (Perasaan)

Yang saya rasakan pada minggu ke dua ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan karena akhirnya kami sampai pada modul yang terakhir dalam PGP angkatan 7 ini, meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai jadwalnya walaupun ada beberapa tugas yang memang saya terlambat untuk mengumpulkannya. Saya juga merasa sangat bahagia, karena saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk sampai dititik ini, yaitu sampai pada modul 3.3 dan telah mempelajari materinya di eksplorasi konsep, dan insyaallah pada tanggal 22 Mei 2023 nanti kami akan melaksanakan Ruang kolaborasi sesi diskusi. Dengan adanya PGP ini, saya akan berusaha untuk mengimplementasikan setiap ilmu yang saya dapatkan di sekolah tempat saya mengajar. Apalagi apa yang akan saya lakukan bersama rekan guru lainnya dapat berdampak positif bagi murid di sekolah.

Dan hal yang menyedihkan bagi saya, karena minggu ini adalah minggu terakhir kami akan melakukan ruang kolaborasi dengan Bapak Fasilitator yaitu bapak Muhtarom, yang walaupun secara personal kami belum mengenal secara langsung, tapi saya merasakan banyak sekali ilmu-ilmu yang beliau sampaikan kepada saya yang berkaitan dengan materi di LMS. Saya juga banyak mendapatkan bantuan dari beliau selama mengikuti PGP ini. Banyak sekali kekurangan saya dalam mengikuti PGP ini, mulai dari jaringan yang tidak bersahabat, tugas-tugas ada beberapa yang memang terlupakan bagi saya, bahkan jadwal video conference yang terlewatkan. Beliau banyak mengingatkan saya dan membantu saya mengatasi hal tersebut. Dalam jurnal ini, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Muhtarom atas kebaikannya selama ini. Walaupun nantinya saya juga akan mengucapkannya secara langsung kepada beliau.

3. Findings (Pembelajaran)

Modul 3.3 ini menambah pemahaman saya bagaimana menyusun dan merancang kegiatan yang akan memberikan dampak positif bagi murid. Dampak positif tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepemimpinan murid atau student agency. Agar kegiatan tersebut dapat berdampak bagi murid, perlu mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice) yang dimiliki murid sehingga akan menimbulkan kepemilikan (ownership) bagi murid.

Dalam merancang program yang akan berdampak pada murid, yang pertama kali harus dilakukan adalah mapping asset atau memetakan potensi yang dimilki oleh sekolah dengan tepat. Dengan mapping asset, tentunya akan memudahkan kita dalam membantu optimalisasi program agar dapat berjalan dengan baik dan lancar dan meminimalisis hambatan-hambatan yang akan ditemui. Program yang berdampak pada murid ini juga bisa digunakan sebagai alat untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

4 Future (Penerapan)

Rencana kedepannya yang akan saya lakukan adalah saya akan melakukan kolaborasi denga rekan dan murid-murid saya disekolah, berbagi ilmu dan secara bersama-sama untuk merancang program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan mendengarkan suara (voice) dan pilihan (coiche) mereka. Sehingga program tersebut dapat berdampak bagi murid dan menumbuhkan rasa memiliki pada diri murid terhadap apa yang sudah dirancang secara bersama-sama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post