Ismayeti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berawal dari Perpustakaan Ku Jelajahi Dunia Penulis Ismayeti SMPN 5 Bukittinggi Sumbar

Berawal dari Perpustakaan Ku Jelajahi Dunia Penulis Ismayeti SMPN 5 Bukittinggi Sumbar

Berawal dari Perpustakaan Ku Jelajahi Dunia

Penulis: Ismayeti SMPN 5 Bukittinggi Sumbar

Jaman yang semakin modern sekarang ini dimana semua orang gak pandang usia sangat menyukai dunia maya, semua ada dalam genggaman hanya dengan punya Handphone, dunia perpustakaan semakin sepi pengunjung,jaman aku kuliah perpustakaan adalah tempat favorit para mahasiswa untuk mencari ilmu melalui Literasi.Walaupun demikian sebagai seorang pendidik aku berusaha mangajak siswa mengunjungi perpustakaan,disekolah siswa tidak boleh membawa Handphone jadi ada waktu mereka untuk mengunjungi perpustakaan,dan juga setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai siswa satu atau dua orang bergiliran berpidato dengan tema yang sudah ditentukan.

Untuk menarik siswa disekolah mengunjungi perpustakaan tentunya harus menata dan membuat perpustakaan bersih,nyaman dan indah dipandang mata.sehingga mereka semangat dan betah membaca berlama-lama diperpustakaan.

Perpustakaan adalah gudang ilmu yang harus terus dibenahi,mulai dari kelengkapan buku-buku dan penyusunan nya yang rapi dan teratur membuat pengunjung mudah mencari buku-buku yang ingin dibacanya.disekolahku ruangan perpustakaan pakai karpet empuk dan tiap seminggu sekali dekorasi ruangan di ganti letaknya biar siswa gak bosan dan kadang kala mereka kaget liat nuansa yang selalu berganti tiap minggu,berbagai inovasi dipikirkan agar perpustakaan menjadi idola bagi siswa dan juga guru,diantaranya juga dariawal tahun sudah di informasikan kepada siswa kalau setiap dua bulan sekali mengadakan lomba pengunjung perpustakaan terbaik dan terbanyak,hal ini kita hitung dari daftar hadir yang mereka isi setiap akan masuk perpustakaan.

Foto di perpustakaan

Gairah Literasi disekolah selalu dibangkitkan agar siswa rajin membaca dan menjelahi dunia di perpustakaan,juga menjadikan perpustakaan tempat yang paling di kangenin buat siswa, petugas perpustakaan ramah dan selalu terenyum juga menjadi icon yang membuat siswa senang mengunjungi perpus. Ditengah maraknya dunia maya yang begitu menggoda siswa dengan bayak pilihan baik itu game atau youtube nya kita sebagai pendidik selalul berusaha mengembangkan ide kreatif untuk membuat perpustakaan tempat terindah siswa disekolah.Sekarang siswa sudah merasakan nikmatnya membaca karena dengan membaca kita bisa menjelahi dunia,banyak ilmu yang didapat hanya dengan membaca,semakin banyak membaca semakin banyak yang belum kita ketahui,itu yang selalu aku ungkapkan ke siswa ,ternyata setelah mereka rajin ke perpus terasa sekali manfaat nya, siswa jadi lebih kuat Literasi dan jika akhir pecan mereka suka meminjam novel untuk dibawa pulang,katanya buat bacaan malming Bu,ngunyonan nya.

Foto di perpustakaan

Untuk memperbanyak jumlah buku di perpustakaan ,biasanya ketika kelulusan kelas IX,mereka disuruh menyumbang buku bisa novel,ensiklopedia,boleh buku legenda,nanti di beri label buku sumbangan siswa ditulis namanya dan tahun kelulusan,suatu masa mereka dating kesekolah dan melihat bukunya dibaca oleh adik-adik akan menjadi suatu kesn tersendiri bagi siswa alumni.Sering kalau alumni berkunjung ke sekolah mereka bawa oleh-olehnya buku-buku.Begitu kiat-kiat dan inovasi yang dilakukan disekolahku,guna meningkatakan kecintaan siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan akhirnya mereka cinta membaca dan dengan membaca siswa akan menjelajahi dunia ilmu pengetahuan.

Foto di perpustakaan sekolah

Profil penulis

Ismayeti,S.Pd,lahir di Bukittinggi 23 November 1965,mengajar bidang study IPA di SMP Negeri 5 Bukittinggi Sumbar.Mencintai dunia tulis menulis semenjak bergabung di Mediaguru Indonesia April 2017,sampai sekarang sudah menulis 8 buku tunggal dan sekitar dua puluhan buku Antologi bersama guru penulis Indonesia.Hobby membaca .Untuk berbagi cerita dan berbgai ilmu

Email: [email protected]

WA 0812 7072 9507

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post