Ismayeti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KULINER LEGEND DARI RANAH MINANG

KULINER LEGEND DARI RANAH MINANG

PENULIS: ISMAYETI,S.Pd ( SMPN 5 BUKITTINGGI SUMBAR

Berkunjung ke Ranah Minang tidak lengkap kalau tidak mencicipi kulinernya yang beraneka ragam dan sudah terkenal keseluruh Nusantara bahkan ke Mancanegara. Disini saya akan menyajikan kuliner yang sudah sangat terkenal yaitu Rendang,Teh Talua dan Bubur Kampiun

RENDANG

Rendang adalah makanan khas berasal dari minangkabau Sumatera Barat, yang kaya akan rempah-rempah.wanita minang umumnya pandai memasak rendang karena apabila gadis minang beranjak remaja akan diajarkan oleh ibunya cara memasak rendang,pada umumnya gadis minang pintar memasak tidak saja memasak rendang tapi semua masakan gadis minang harus bisa,pada jaman dahulu syarat seorang gadis untuk berumah tangga adalah harus pintar memasak .Di Bukittinggi tiap tahun diadakan festival Gadih Minang Marandang yang diikuti oleh pelajar putri tingkat SMP/MTs ,SMA/SMK. Tujuannya adalah agar gadis minang jaman Now harus pandai memasak rendang.

Memasak rendang butuh kesabaran karena memasak rendang butuh waktu paling cepat 5 sampai 7 jam. Bahannya daging yang tidak berlemak dipotong-potong,1 kg daging dipotong menjadi 25 potong,santan kental dari 4 butir kelapa,bumbu rempah. Dimasak dengan api tungku diaduk aduk pelan pelan santan sampai kental yang sudah masuk bumbu,kemudian masukkan daging diaduk pelan pelan sampai warna nya kehitaman makin hitam rendang akan tahan sampai 3 bulan, kunci utama masak rendang adalah pakai kuali (wajan)besi.

TEH TALUA

Kuliner khas Ranah Minang yang dipercaya bisa menambah tenaga namanya TEH TALUA.

Minuman Khas ini selalu ada dikedai kopi dan Rumah Makan orang minang,jaman dahulu di ranah minang bapak-bapak pulang dari sawah dan ladang atau mau pergi bekarja mampir di kedai untuk minum Teh Talua,minuman ini merupakan salah satu penambah tenaga.Teh Talua dibuat dari kuning telur itik tambah gula pasir dua sendok makan dikocok sampai kembang menggunakan sekitar 10 batang lidi kelapa di potong seukuran panjang sendok makan jadi satu setelah telur dan gula kembang disiram dengan air teh panas,tidak boleh diaduk kemudian di masukkan 2 sendok teh susu kental manis,sehingga keliahatan Teh Talua nya bertingkat, jika akan meminumnya ditetesi perasan jeruk nipis,gunanya untuk menghilangkan aroma bau telurnya.Minuman ini menjadi salah satu penambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Ranah Minang Khusus nya Bukittinggi,karena cocok diudara dingin.

BUBUR KAMPIUN

Bubur Kampiun adalah makanan Khas Ranah Minang,hidangan kaya rasa dan aneka macam makanan terhidang semuanya dalam satu piring, Bubur kampiun terdiri dari : ketan putih yang dimasak pakai santan kental dan dikukus,bubur ketan hitam,kolak pisang,kolak ubi jalar,lopis,bubur kacang hijau,bubur putih dan cande ( biasa orang luar sumbar menyebutnya candil).Bubur kampiun ini komponen isinya banyak sangat di butuhkan kesabaran dan keterampilan khusus dalam memasaknya,setidaknya pintar mengatur waktu saat semua jenis makanan ini dimasak dalam waktu yang bersamaan.Tidak banyak orang yang mampu dan menguasai tekhnik memsak Bubur Kampiun ini.

Makanan ini biasa disajikan pada bulan Ramadhan,dan kalau hari –hari biasa disajikan untuk sarapan pagi,dan hidangan saat pesta pernikahan orang minang.Jika Bapak /Ibu berkunjung ke kota kami Ranah Minang khusus nya Bukittinggi ,banyak sekali kedai yang menyajikan makanan Buba Kampiun. Jika Bulan Ramadhan Bubua Kampiun adalah pabukoan ( takjil) paling dicari apalagi bagi perantau minang yang pulang kampung.

Jika Bapak /Ibu sahabat Penulis berkunjung ke Padang dan Bukittinggi kurang afdhol jika tidak mencicipi kuliner Legend Ranah Minang.

Bio Data Penulis

Ismayeti,S.Pd. lahir di Bukittinggi Sumbar 23 November 1965. Berprofesi seorang guru di SMP Negeri 5 Bukittinggi Sumatera Barat,mengajar Bidang Studi IPA. Saya bergabung Dengan Mediaguru Indonesia Tahun 2017,dan sekarang sadah menulis 29 Buku Tunggal dan Anotologi.Terimakasih Mediaguru Indonesia semenjak dapat sebaran ilmu dari Bpak CEO Mohammad Ihsan dan Tim MG,saya sudah bisa menghasilkan karya,kalau dulu punya buku hanyalah sebuah mimpi tapi sekarang sudah tertulis nama di buku karya sendiri.

Alamat saya Jalan Sampig Gerbang Balaikota no.48 Gulai Bancah Bukittinggi SUMBAR.

Bila ingin menjalin komunikasi dapat hubungi

WA 08127072 9507

Emai: [email protected](surel)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post