isna -

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Umrah

Tips Umrah

Tips perjalanan Umrah, sebelumnya, kamu harus......

cek passport and yakinkan kalau udah suntik vaksin Meningitis sebelum bepergian. Minimal 2 minggu sebelum trip dan ini harus alias wajib. sedia uang real. Uang real gak perlu banyak. Dibawah 50 real aja, sapa tahu nanti dipertengahan jalan haus atau lapar, jadi bisa beli soft drink atau snacks dikit. Lebih baik nukar uang real di Madinah atau Mekkah untuk jumlah yanng lebih banyak, ratenya lebih tinggi dan gak perlu khawatir disana money changer banyak kok. bawa baju dingin!, tambahanannya syal, penutup kepala, kaus kaki, dan kaus tangan. Material kainnya jangan berbahan denim/jeans. Harus yang wool biar anget J. Baju dingin jangan ditaruh di dalam koper ya... bawa backpack, yang isinya :

- Baju ganti, luar dan dalam. Sapa tahu aja dalam perjalanan, bajus kita dah terkena najis, sementara tetap harus salat kan.

- Tissue basah dan tissue kering, untuk lap sana sini.

- Obat-obatan pribadi. ( Obat magg, sakit kepala, antangin, obat gosok, pantyliner bagi yang cewek).

- Plastik ukuran kecil dan besar. Bisa untuk bawa baju kotor, bungkus sandal, dll.

- Botol minum. Botol ini dibawa selama perjalanan, termasuk dibawa ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

- Buku tulis dan pulpen. Tulis perjalanan singkatmu dari Indo ke Tanah Haram. Ini bakal jadi dokumentasi pribadimu yang gak terlupakan.

- Kamera. Karena tiap tahunnya kota Makkah khususnya mengalami perubahan , selalu ada pelebaran kawasan Masjidil Haram. So bisa jadi kamu gak bakal nemukan bangunan yang sekarang kamu temukan.

- Kacamata Hitam. Kalau dah panas, panas banget. Jadi mata silau yaa

Bawa snacks ala-ala Indonesia, seperti Beng-beng, bolu kraft, permen kopiko. Disana orang-orang suka sedekah makanan, jadi seru aja kalau iseng-iseng duduk di pelataran Masjid sambil bagi-bagi snacks ke anak-anak. Browsing , baca, research di Youtube tentang kota Makkah, Madinah. Baca pengalaman orang-orang yang sudah bepergian ke sana. Cek tempat-tempat yang bisa dikunjungi disana. Seperti ke gua Hira, gak semua travel umrah menyempatkan untuk berkunjung ke Gua Hira. Nah, kira-kira kalau mau pergi bagaimana, jadi mesti tahu juga gimana kalau mau pake taxi sendiri, cukup aman apa tidak, misalkan begitu! Kalau kamu bisa bahasa Arab atau Bahasa Inggris ini bagus juga, karena kamu bisa ngobrol dengan banyak orang yang berbeda ras dan etnis. Yang penting juga persiapan mental. Niatkan kalau bepergian ini dalam rangka mencapai ridha Allah. Karena gak sedikit yang disana juga banyak yang hanya jalan-jalan saja. Doa-doa juga ditulis dibuku biar gak lupa, zikir, adab ke makam Rasulullah L, salat, zikir. Akan jauh lebih baik, kalau kita juga punya jadwal pribadi selama beribadah disana. Misalkan pagi hari mau beberapa jam di Masjid,ngaji berapa lembar jadwal ke Raudah mau berapa kali, mengunjungi Baqi berapa kali,sedekah Qur’an. Dan lain-lain.

Semoga bermanfaat ! :)

Isna

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab bu. Semoga umrohnya Mabrur ya bu Isna.

11 Jul
Balas

Aamiin semoga bisa mengikuti jejak ibu..

11 Jul
Balas

informatif bu. Bekal untuk kita yang akan kesana. ibadah suci.

11 Jul
Balas

Benar pak Wiyono, Salam kenal

11 Jul



search

New Post