Isna Indriati

Isna Indriati, ingin terus belajar menulis agar bisa tinggalkan sedikit kenangan bagi yang tak mengenalnya....

Selengkapnya
Navigasi Web
TBM; Bukan Pengembang Kue

TBM; Bukan Pengembang Kue

Kok melamun? Anak anak sudah pulang semua mbak?

Iya, pakdhe. Anak anak sudah lari ke masjid. Saya ga melamun, Pakdhe Ini lai mikir TBM.

Mau bikin kue lagi? Sana minta TBM sama budhe di rumah.

Bukan, Pakdhe. Ini bukan tentang kue. Ini tentang kegiatan anak anak di sini.

Owhhh...anak anak mau diajari bikin kue gitu?

Bukan, Pakdhe. Ini TBM, Taman Bacaan Masyarakat, ya prinsipnya sama. TBM untuk pengembang masyarakat agar berdaya, sama saat kita bikin kue, pakai TBM biar yakin kue pasti jadi. Tapi, TBM yang saya maksud di sini tentang kegiatan belajar di rumah ini. Saya mau adakan banyak kegiatan bukan hanya untuk anak anak, tapi juga para remaja dan orang tua, Pakdhe.

Bagus itu. Tapi aku ga tlaten baca lo Mbak. Kalau sudah selesai nyimak anak anak ngaji paling setengah jam aja bisa bertahan.

Tak apa, Pakdhe. Kegiatan membaca di sini juga tak harus membaca buku saja. Pakdhe juga bisa bantu anak anak membaca perilaku masyarakat yang kurang baik, agar anak bisa belajar untuk bersikap yang baik, terutama terhadap orang yang lebih tua dan lingkungan. Banyak hal yang perlu dibahas oleh remaja dan orang tua, Pakdhe. Apalagi, kita juga barusaja kena musibah asap. semua harus belajar untuk tidak menciptakan bahaya yang mengganggu kehidupan orang banyak dan fungsi alam.

Iya, Mbak. Saya nanti bantu mengingatkan saat mereka mengaji. Nanti saya tunjukkan ayat ayat Al quran yang menyebutkan tentang kepedualian dan tanggung jawab manusia terhadap alam. Kalau perlu budhemu tak perlu sungkan, ngomong aja.

Siap, Pakdhe. Budhe nnti bisa bantu saya buat kue.

Lha bagus itu, pasti suka ibu ibu di sini.

Iya pakdhe. Biar kita sama sama belajar membaca peluang bisnis tentang makanan atau apa pun yang bisa membantu masyarakat. nanti saya carikan mitra untuk membantu belajar dan mengembangkan kemampuan berbisnis.

Setuju sekali. Kalau ada rembugan kegiatan, jangan lupa ajak saya ya mbak, semoga bisa bantu.

Siap, Pakdhe Dengan senang hati saya akan selalu kabari. Sebagai sesepuh di komplek ini, Pakdhe akan jadi penasehat dalam pengembangan TBM saya.

Wis pokoke saya dukung seratus persen. Wis ya saya ke masjid dulu. Itu si Rois sudah adzan.

Inggih, Pakdhe. Monggo.

#belajardariyangkecil

#belajarmencaridukungan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post