KURIKULUM PENDIDIKAN
PENGERTIAN , MANFAAT DAN FUNGSI , KEDUDUKAN KURIKULUM, KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM ,
Menurut UU Sisdiknas nomer 20 tahun 2003 , pengertian kurikulum adalah seperangkat rencana atau pengaturan mengenai isi, tujuan dan bahan pembelajaran, serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu .
Atau bisa juga pengertian Kurikulum adalah suatu system rencana atau merupakan perangkat mata pelajaran yang terdapat pada suatu lembaga pendidikan untuk mengarahkan proses belajar mengajar agar berjalan dengan baik dan teratur.
Dalam pendidikan kurikulum memiliki beberapa fungsi yang sangat penting , yakni :
1. Fungsi penyesuaian : kemampuan dalam menyesuaikan diri di lingkungannya
2. Fungsi Integrasi : suatu alat pendidikan yang dalam menciptakan individu-individu yang utuh
3. Fungsi diferensiasi : suatu alat yang dapat memberikan pelayanan terhadap perbedaan siswa
4. Fungsi persiapan : sebagai alat pendidikan yang dapat mempersiapkan siswa kejenjang pendidiakn berikutnya
Adapun manfaat kurikulum adalah mengarahkan proses belajar mengajar sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan baik , manfaat kurikulum bagi guru adalah kurikulum dapat digunakan sebagai pedoman untuk rancangan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran,.
Adapun kedudukan kurikulum dalam pendidikan yaitu : Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulumbertujuan sebagai arah, pedoman, atau sebagai rambu-rambu dalam melaksanakan proses pembelajaran.
2. Kurikulum merupakan suatu rencana pendidikan, memberkan pedoman dan pegangan tentang ruang lingkup , jenis, urutan isi , serta proses pendidikan.
Kurikulum memiliki 4 unsur komponen pembentuk atau penyusun kurikulum sebagai berikut:
1. Komponen tujuan : merupakan suatu system pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan karena berhasil atau tidaknya system pembelajaran diukur dari banyaknya tujuan-tujuan yang tercapai.
2.Komponen isi : suatu yang memberikan kepada anak untuk bahan belajar mengajar guna mencapai tujuan
3. Komponen strategi : : merujuk pada metode dan pendekatan serta peralatan dalam proses kegiatan belajar mengajar
4. Komponen evaluasi : memeriksa sesuatu kurikulum apakah tujuan kurikulum tersebut tercapai dengan baik dalam proses maupun dalam hasil belajar siswa yang mempunyai peranan penting dalam menentukan keputusan dari hasil evaluasi untuk dapat digunakan dalam perkembangan model kurikulum sehingga nantinya mampu mengetahui tingkat keberhasilan suatu siswa dalam mencapai tujuannya
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap buk