Isnawati Miladiyah, S.Ag., M.Pd

Hj. Isnawati Miladiyah, S.Ag., M.Pd adalah seorang Pengajar di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul, prinsipnya adalah long life education atau belajar terus sepan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Iseng Ikut TOAFL

Iseng Ikut TOAFL

Tulisan ke-1 (Cerpen)

Ahad tanggal 30 Juli 2022, aku sedang bercengkerama di dapur dengan suami dan anak-anakku, ternyata aku lihat ada link untuk mengikuti TOAFL. Link itu aku dapatkan karena aku sedang mendampingi atau sebagai pelatih/pembimbing siswi-siswiku yang sedang mengikuti OBA (Olimpiade Bahasa Arab) Nasional yang ke-5 tahun 2022.

Tahun lalu, kami dari MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul mengikuti KOMBANAS (Kompetisi Bahasa Arab Nasional) yang ke-4 tahun 2021, memperoleh juara 2 dan 3 tingkat kabupaten dan kota.

Juara 2 diraih oleh Nurlita Dwi Khasanah dan juara 3 diraih oleh Ayesha Nadia Ziazelda. Nurlita adalah keponakan suami saya, dan Ayesha adalah keponakan saya.

Proses itu sudah saya seleksi dengan pengamatan saya sebagai guru Bahasa Arab di kelas 6, Nurlita paling mudeng Bahasa Arab di kelas, disusul Ayesha. Kemudian baru yang lainnya.

Mengapa saya mengirimkan 2 anak, karena syarat perlombaan waktu itu adalah 2 anak. Kalau satu madrasah/ sekolah boleh ikut, mungkin akan saya kirimkan semua. Untuk akunnya dulu menggunakan etmodo, yang saya mendengarnya.

Bahasa Arab ternyata masih dianggap sebagai bahasa yang sulit dan harus dicari bagaimana strategi yang baik agar anak-anak mencintai Bahasa Arab,karena Bahasa Arab adalah bahasa untuk memahami Al Qur'an.

Pada kesempatan OBA kali ini, tahun 2022 saya memilih 3 anak yang saya pandang pinter Bahasa Arab, yaitu: Nada Shafiyah Maajid (siswi kelas 6), Jasmine Afifa Hafidzah (siswi kelas 6) dan Maulida Ainurrahma (siswi kelas 6).

Dalam persiapan OBA yang penuh dag-dig-dug karena memakai akun baru edubox, yang juga baru saya dengar dan rasakan. Saya sebagai guru juga ikut mencoba, berapa kemampuan sebenarnya. Akhirnya saya jawab pelan-pelan soal itu, dan ternyata mendapat nilai 510. Sebelumnya saat saya mengenyam Strata 2 MPI IAIN Purwokerto saya hanya mendapat point 460 masuk kategori jayyid (baik). Dan alhamdulillah sekarang mendapat point masuk kategori jayyid jiddan (baik sekali). Berarti ada peningkatan. Terus mencoba pokoknya...dan terus mencoba. Trial and error menjadi trial and succes. Bismillah.

Karanglewas, 11 Agustus 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post