Istiqomah

Saya Widyaiswara di PPPPTK PKn dan IPS Malang. Menulis dan mengedit adalah pekerjaan yang saya sukai. Dari hobi bisa jadi sumber penghasilan dan meningkatkan ko...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bakso Ayam Antigendut

Bakso Ayam Antigendut

Banyak gemukers (wkwkwk, apa ya istilah yang tepat bagi orang-orang endut seperti saya), yang parno makan bakso. Baik bakso ayam maupun bakso sapi. Padahal, menurut penganut paham keto dan defisit kalori, bukan daging ayam atau daging sapinya yang bikin endut, tetapi tepung campurannya. Ya, kalori yang terkandung dalam tepung tapioka atau terigu lumayan besar dan diduga (hehehe) dapat menambah berat badan dan menggagalkan program diet. Sebaliknya, protein hewani disebut-sebut dapat membantu pembakaran lemak dan mengubah cadangan lemak menjadi massa otot. Paham itulah yang membuat saya belajar dan kemudian mengeksekusi sendiri resep bakso antigendut. Saya sebut antigendut karena bakso buatan saya ini tidak menggunakan tepung tapioka, sagu, atau terigu, tetapi saya ganti dengan tepung agar-agar plan (putih). Selain itu, agar-agar ini mengandung serat yang tinggi. bagi orang-orang yang sedang diet, serat itu sangat penting. Satu bungkus agar-agar putih merk Swallow seberat 7 gram, hanya mengandung 25 kalori. Telurnya juga hanya menggunakan putih telur. Kuning telur selain mengandung kalori yang cukup besar juga dapat meningkatkan risiko kolesterol. Apalagi buat emak-emak yang sudah setengah abad seperti saya ini. Biar gak kepanjangan cerita, berikut adalah bahan-bahan bakso antigendut. 1. Setengah kilogram dada ayam. (Kita juga bis menggantinya dengan daging sapi). 2. Dua putih telur. 3. Satu bungkus agar-agar putih. 4. 3 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah, haluskan. Lalu tumis sampai halus. 5. Setengah sendok merica bubuk. 5. Satu sendok teh peres garam. 6. 5 kotak kecil es batu. Cara buat. 1. Potong kecil-kecil daging ayam. 2. Masukka semua bahan dalam tabung Chopper. 3. Giling dengan kecepatan 1 sekitar 3 menit, lalu pindah pada kecepatan 2 selama 3 menit, naikkan lagi dalam kecepatan 3 selama 4 menit. 4. Rebus air sampai panas, hampir mendidih. Matikan apinya. 5. Cetak adonan bakso bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera Langsung masukkan dalam air panas tadi. Jangan lupa, siapkan air di dekat Anda kalau terlalu lengket, basahi tangan dengan air tersebut. Cetak terus sampai adonan habis 6. Nyalakan api dan rebus hingga bola-bola bakso terapung semua. Tunggu minimal 5 menit. 7. Angkat baksonya dan tiriskan. Rasanya? Ya enaklaaah. Tampilannya juga keren. bakso kelihatan lebih putih dan bersih. Kenyal. Gak kalah dibanding bakso dengan campuran tepung tapioka, sagu, atau terigu. Coba saja!
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, keren bangt ilmunya Bund Isti. Mau coba ah ... biar tdk endut. Salam sehat dan sukses selalu Bund

06 Sep
Balas

Keren banget ulasannya bu Istoqomah salam kenal ijin follow dan follow back ya terima kasih

05 Oct
Balas



search

New Post