Istiqomah

Saya Widyaiswara di PPPPTK PKn dan IPS Malang. Menulis dan mengedit adalah pekerjaan yang saya sukai. Dari hobi bisa jadi sumber penghasilan dan meningkatkan ko...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika si Ragil Turun ke Dapur

Ketika si Ragil Turun ke Dapur

Seperti saya tulis tadi siang, hari ini si ragil harus mengunggah kegiatannya memasak (ini berlaku untuk semua siswa kelas IX). Sore tadi, usai mengisi kelas Sagusabu Cianjur 3, saya mendampinginya untuk memarinasi daging sapi yang akan dibuat barbeque.

Pertama, tentu saja saya memintanya menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Dia sendiri yang harus memilih dan mengambilnya dari tempatnya.

Adapun bahan yang dibutuhkan adalah 2 bungkus beef slice (kurleb 500 gram). Daging iris tipis ini banyak tersedia di super market. Daging ini harus dicuci sebisa mungkin sampai tidak tersisa lagi darah pada air cuciannya.

Bumbu yang dibutuhkan adalah 4 butir bawang putih dihaluskan, 1 butir bawang bombay diiris kotak ukuran menyesuaikan; merica bubuk 1 sdt, kaldu sapi 1 sdt (bila suka, ini bisa diskip). Saos/ kecap yang dibutuhkan adalah: 2 sendok makan saos tiram; 1 sendok kecap asin; 1 sendok kecap asin; dan 1 sendok kecap manis, bila suka. (Saya dan keluarga biasanya tidak menggunakan kecap manis); minyak wijen 1 sendok makan; dan ini opsional juga. Saya suka menambahkannya karena memang rasa daging jadi lebih mantap. Oh iya, tidak perlu garam ya karena saos tiram dan kecap asin sudah asin.

Campurkan semua bumbu secara merata pada daging. Masukkan daging yang sudah dibumbui tadi dalam wadah tertutup. Simpan di kulkas setidaknya 2.5 jam agar bumbu benar-benar meresap. Semua langkah itu dilakukan sendiri oleh si ragil Saya membimbingnya.

Begitulah, habis Isya, saya harus mengisi vicon dengan Calon Guru Penggerak. Nah ... apakah berarti si ragil tidak akan bisa menyelesaikan tugasnya? Alhamdulillah, tidak. Bersama mbaknya, seperti hari-hari biasa saat saya berdinas luar, mereka berdua turun ke dapur. Bila siang tadi saya membimbing dan mendokumentasikan aktivitas si ragil, malam ini ganti mbaknya. Meski sambil bercanda, si ragil membakar daging yang sudah dimarinasi dengan semangat (hehehe); sedangkan kakaknya bagian memvideo dan memotretnya.

Taraaa! Selesailah praktik memasak beef barbeque ala Chief Raffi malam ini. Ujian praktik kali ini membuat si ragil paripurna membuat barbeque. Bila biasanya tinggal membakar daging sapi yang sudah saya marinasi, hari ini benar-benar mengeksekusi dari sejak mencuci daging hingga menghabiskan daging bakarnya. Alhamdulillah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pujian Ibu Bapak saya amnikan sebagai doa untuk anak saya. Amiin

02 Dec
Balas

Mantap Budhe... Anak hebat menurun dari ibuk yang hebat,,, Sukses selalu

22 Dec
Balas

Alhamdulillah, terimakasih resepnya ...

02 Dec
Balas

Luar biasa, model pendidikan karakter dengan pendekatan yang ngemong

04 Dec
Balas

Kereen, anak ganteng semoga sukses selalu. Copas resepnya ya Bunda.

03 Dec
Balas

Alhamdulillah....ragil hebat. Saya pengen juga bikin bakar bakaran kayak si ragil...

03 Dec
Balas

Mantab Bund.Ahli masak juga

02 Dec
Balas

Mantap Bu, semoga tugas si Ragil sukses

02 Dec
Balas

Keren si Ragil

02 Dec
Balas

Mantap Bun saya ijin copas resepnya ya

02 Dec
Balas

Anak yang keren dari seorang ibu yang super keren...

02 Dec
Balas

Anak hebat terlahir dari rahim ibu yg sholehah dan luar biasa hebat.

02 Dec
Balas



search

New Post