Istiqomah

Saya Widyaiswara di PPPPTK PKn dan IPS Malang. Menulis dan mengedit adalah pekerjaan yang saya sukai. Dari hobi bisa jadi sumber penghasilan dan meningkatkan ko...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nasi Goreng Ummy

Nasi goreng selalu menjadi menu pilihan bagi keluarga kami. Si Ragil terutama. Bagaimana pun rasanya, siapa pun yang memasaknya, bahkan kapan pun waktu makannya, nasi goreng adalah menu pilihan.

Sewaktu kecil, saya hanya Nemu nasi goreng bila ada nasi sisa kemarin. Bila kondisinya masih layak dikonsumsi dan tidak lembek, nasi sisa Sego wadhang, begitu orang Jawa menyebutnya) akan mengolah nya jadi nadi goreng. Kalau tidak digoreng bisa dibuat jarak (dikeringkan), diolah jadi kerupuk, dan atau dijadikan pakan ternak. Kali ini saya akan berbagi resep nasi goreng yang saya sajikan pagi ini. Kelak, semoga saya sempat menuliskan bagaimana mengolahnya jadi kerupuk. Tentu bukan kerupuk puli yang identik dengan bahan tambahan utang bleng, konon adalah zat berbahaya. Tunggu di tulisan saya lainnya.

Sebelum memutuskan untuk menggoreng nasi, pastikan bahwa nasinya akas atau mtupul. Tidak lembek. Biasanya, bila hendak membuat nasi goreng saya selalu mengurangi takaran airnya.

Untuk 6 piring nasi goreng (sesuai anggota keluarga saya), bumbu yang harus disiapkan adalah

5 siung bawang merah,

4 siung bawang putih,

3 buah cabe merah keriting,

2 butir telur,

4 buah sosis sapi

sawi atau kol secukupnya bagi yang suka (kebetulan pagi ini saya tak punya stok sayur tersebut),

2 sendok makan saos tiram,

2 sendok makan minyak wijen,

1 sendok makan kecap manis, saya pakai merk Bango,

3 sendok saos cabe saya pakai merk ABC,

1 sendok makan saos tomat, saya pakai merk Indofood.

minyak goreng untuk menumis.

Cuka bawang dua sendok.

Cara membuat cuka bawang :

Bahan yang dibutuhkan 5 buah bawang putih, 3 butir kemiri. Cuci keringkan. Halusksn. Tetap harus dijaga kering. Letakkan dalam wadah ,masukkan 5 sendok minyak goreng. Tutup. Simpan dalam kulkas. Minimal 3 jam barulah cuka bawang bisa digunakan.

Memasak Nasi goreng

1. Goreng telur sebagai orak-arik. Sisihkan.

2. Panaskan wajan.

3. Tuang cuka bawang (hanya minyak hasil rendaman bawang dan kemiri). Panaskan. Lalu masukkan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, dan cabe merah keriting). Tumis sampai harum.

4. Masukkan nasi. Bolak-balikkan nasi sampai bumbu tercampur. Terus hingga nasi panas dan aroma nasi goreng tercium harum.

5. Masukkan telur goreng dan irisan sosis. Campurkan.

6. Masukkan saos tomat, saos cabe, saos tiram, minyak wijen, dan kecap manis. Tambahkan garam. Campur rata.

7. Tes rasa. Bila Anda suka, tambahkan perasa. Saya suka pakai Maggie.

Bolak balik lagi dengan api sedang. Jangan sampai gosong.

Nasi goreng sudah masak dan siap disajikan.

Biasanya saya suka menyajikan dengan toping irisan daging ayam, udang, dan bawang goreng. Gegara stok ayam dan udang tak ada, toping nasi goreng saya pagi ini cukup bawang merah dan bawang goreng.

Bismillah. Saya sarapan dulu agar bisa kuat menghadapi kenyataan. Hehehe. Bentar lagi live di Kelas Menulis Novel Angkatan 1, Pertemuan 3.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Silakan

04 Oct
Balas

Siiiip bunda....terima kasih. Pasti enak tenan perpaduan bumbunya yang lengkap ditambah lagi dengan telor.. Sosis.... Dan ayamnya. Pokoe maknyuzzz habiezzzz

04 Oct

Silakan

04 Oct
Balas

Ditunggu ya bunda resep lainnya hehehe

04 Oct

Silakan

04 Oct
Balas

Silakan

04 Oct
Balas

Mantap, jika ke Magetan, saya carikan nasi goreng yang luezat di puncak gunung he..he..

05 Oct
Balas

Nunggu undangan ke Magetan saat Covid sudah meninggalkan negeri ini

05 Oct

Nunggu undangan ke Magetan saat Covid sudah meninggalkan negeri ini

05 Oct

Wah enak bun

04 Oct
Balas

Keren bunda...bisa di coba resepnya. Terima kasih bun

04 Oct
Balas

Wahh ini harus praktek nih Bu .... Hehe

04 Oct
Balas

Mmm bisa di coba ini .terimakasih bunda

04 Oct
Balas

Nasi goreng ummy, pasti yummy.Keren.Saya ikut sarapan agar bisa mengikuti kelas novel 1 dengan lebih semangat.

04 Oct
Balas

Keren bunda.... Jadi kepengen juga nih makannya. .izin nyontek resepnya ya bunda. Terima kasih

04 Oct
Balas



search

New Post