Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melaksanakan Pembinaan Masyarakat tentang Teknis Kesehatan Hewan

Melaksanakan Pembinaan Masyarakat tentang Teknis Kesehatan Hewan

Sebagai dokter hewan berwenang di pemerintah daerah, peranan dokter hewan khususnya untuk melaksanakan pembinaan tentang teknis kesehatan hewan merupakan peranan yang sangat penting. Hal ini mengingat, pembinaan kepada masyarakat merupakan salahsatu Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang harus diemban dan melekat pada diri seorang dokter hewan.

Adapun pembinaan yang biasanya dilaksanakan adalah melakukan pembinaan teknis tentang pengobatan hewan (pertolongan pertama jika ditemukan kasus penyakit pada hewan), teknis pencegahan penyakit pada hewan ternak dan teknis kesehatan hewan lainnya.

Selain itu, pembinaan teknis kepada masyarakat juga sering dikolaborasikan dengan Penyuluh Pertanian. Meskipun secara umum, Tupoksi penyuluhan pertanian adalah melakukan pembinaan teknis tentang sektor pertanian namun biasanya, dokter hewan juga memiliki tugas melakukan pembinaan (edukasi), khususnya kepada klien (pemilik pasien) ketika pelaksanaan pengobatan hewan.

Selanjutnya, pembinaan masyarakat juga tidak sebatas pada upaya penanggulangan penyakit hewan semata, tetapi juga aspek lainnya seperti pembinaan tentang pelaksanaan vaksinasi hewan, pengenalan tentang bahaya penyakit hewan, sosialisasi tentang Zoonosis (penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya) dan lain sebagainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pembinaan yang mantap, sukses Pak

17 Jan
Balas



search

New Post