Iwan Berri Prima

Seorang dokter, yang berprofesi sebagai dokter hewan pemerintah (Dokter Hewan Berwenang). Kelahiran Bantul Yogyakarta, tapi saat ini menetap di Kota Tanjungpina...

Selengkapnya
Navigasi Web
Melakukan Pendampingan Usaha

Melakukan Pendampingan Usaha

Saat ini usaha yang berkaitan dengan dunia hewan sangat berkembang pesat. Sebut saja, unit usaha peternakan, perikanan, penjualan obat hewan, pengolahan pangan dan lain sebagainya.

Selanjutnya, guna mensukseskan usaha tersebut, dibutuhkan peranan berbagai pihak. Termasuk peranan dari dokter hewan pemerintah.

Oleh karena itu, sebagai dokter hewan pemerintah, ia sebaiknya memiliki data unit usaha apa saja yang ada di wilayahnya. Sebagai contoh adalah di suatu kecamatan A, memiliki jumlah unit usaha peternakan sapi berjumlah 50 unit. Ternak ayam sebanyak 35 unit. Kambing sebanyak 55 unit. Usaha penjualan kebutuhan hewan kesayangan (Pet Shop) sebanyak 5 unit dan lain sebagainya.

Setelah data diperoleh, upaya berikutnya adalah melakukan pendampingan usaha. Walaupun tidak harus menjadi bagian dari unit usaha tersebut, dokter hewan pemerintah sejatinya memiliki tanggungjawab moral atas keberhasilan usaha masyarakat tersebut. Sebagai pelayan masyarakat, keberhasilan mereka menjadi keberhasilan pemerintah juga.

Adapun contoh pendampingan yang dapat dilakukan adalah memberikan masukan teknis kesehatan hewan, menerbitkan surat keterangan kesehatan hewan atau surat keterangan kesehatan produk hewan, melakukan pelayanan pengobatan hewan dan lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post