Pembelajaran Daring (Bagian 1)
Pembelajaran daring adalah konten instruksional atau pengalaman belajar yang disampaikan atau diaktifkan oleh teknologi elektronik. Pembelajaran daring dapat dirumuskan sebagai koleksi besar komputer dalam jaringan yang saling terkait sehingga banyak pengguna dapat berbagi sumber daya mereka secara luas.
Saat ini, pembelajaran daring bukan lagi sebatas pilihan. Sebagian dari kita dipaksa untuk melakukan pembelajaran daring karena pandemi COVID-19 menuntut kita untuk tinggal di rumah. Kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk sementara dihentikan. Dari pembelajaran tradisional di kelas, kita dipaksa untuk melompati fase adjunct learning, blended/hybrid learning, dan tidak sedikit yang dituntut untuk langsung melakukan pembelajaran daring secara penuh.
Satu hal yang perlu dipahami, pembelajaran daring lebih menekankan pada ketelitian dan kejelian siswa dalam menerima dan mengolah informasi yang disajikan secara daring. Oleh karena itu, pembelajaran yang sepenuhnya daring membutuhkan beberapa persyaratan utuk siswa, antara lain:
ICT literacy: siswa harus memiliki kemampuan awal berupa penguasaan ICT yang dasar sebagai alat untuk belajar. Indevedency: pembelajaran daring membutuhkan kondisi siswa yang sudah terbiasa untuk belajar mandiri. Creativity and critical thinking: fasilitas pembelajaran daring sangat beragam, siswa dapat mempelajari berbagai perangkat yang tersedia seperti browsing, chatting, groups discussion, video conferencing, online quiz, drill online, dan lainnya. Hal ini menuntut adanya kreativitas siswa untuk memanfaatkan semua dengan optimal.Dengan berbagai cara, kita dipaksa untuk merancang pembelajaran daring dalam hitungan hari. Sayangnya, tidak sedikit yang salah kaprah. Pembelajaran daring dianggapnya sebatas memindahkan buku teks ke layar komputer.
Secara umum, ketika merancang pembelajaran daring bagi siswa, sebaiknya kita menyediakan sumber pembelajaran yang memadai. Kita bisa memadukan ragam pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, atau prosedur) dengan ragam media (teks, audio, visual, video, animasi, atau simulasi). Dari sini mungkin kita bisa menyediakan buku elektronik, video tutorial, rekaman lisan, bahan kuis, membuka forum diskusi dan sesi tanya jawab langsung, atau melakukan wawancara.
Masih ingin tahu lebih banyak tentang pembelajaran daring? Simak postingan selanjutnya. Jangan lupa, tetap di rumah ya? []
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantul pak...ternyata cukup kompleks juga persiapannya ya
Terima kasih sangat bermanfaat...