Modul Salat Jumat
Salat Jumat
Disusun
Oleh
IZLANOFARIDA
2014
PERSETUJUAN
Modul Berjudul:
Salat Jumat
Oleh :
IZLANOFARIDA
NIM. 92212032627
Dapat disetujui dan disahkan sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar Master of Arts (MA) pada Program Studi Pendidikan Agama Islam
Program Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan
Medan, 14 Agustus 2014
Pembimbing I Pembimbing II
Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. Dr. Siti Halimah, M.Pd
PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SMP Negeri 2 Peusangan Selatan mengesahkan modul pembelajaran berjudul :
“ Salat Jumat ”
Dibuat oleh :
IZLANOFARIDA, S.Pd.I.
Bireuen, 14 September 2014
Yang Mengesahkan
Kepala SMPN 2 Peusangan Selatan
YUSRI, S.Pd.
Nip. 19660312 198903 1009
PRAKATA
Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan modul pembelajaran dengan materi ”Salat Jumat”.
Modul ini berisi materi-materi SMP kelas VII tentang salat jumat yang sesuai standar isi dan standar kompetensi berdasarkan kurikulum terbaru. Modul pembelajaran ini dilengkapi dengan ringkasan materi, contoh soal beserta pembahasan, latihan soal dan soal aplikasi. Soal-soal disajikan oleh penulis didalam modul pembelajaran ini merupakan kumpulan soal-soal yang diambil dari berbagai sumber seperti internet dan buku-buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mendukung.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada para dosen dan teman-teman yang telah memberi saran dan sumbangan pikiran sehingga dapat membantu dalam pengerjaan modul pembelajaran ini.
KATA-KATA MOTIVASI
“Kejarlah ilmu sampai ke ujung dunia.”
”Pisau jika diasah akan tajam, namun akan berkarat jika tidak pernah digunakan begitu pula dengan ilmu, banyak digunakan akan bermanfaat.”
“Be your self.”
“Belajarlah dari kelebihan orang lain namun tetap menjadi diri sendiri.”
”Pengalaman adalah guru yang sangat berharga.”
“Raihlah dan kejarlah impianmu.”
“Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.”
“Talk less do more.”
Salat Jumat
Pendahuluan
Hukum melaksanakan salat jumat adalah fardu ‘ain bagi setiap laki-laki muslim yang sudah baligh dan tidak sedang berhalangan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Jumuah ayat 9. Ketika seruan untuk mengerjakan salat jumat datang, setiap muslim diperintahkan untuk segera meninggalkan setiap aktivitas yang sedang dikerjakannya, termasuk diantaranya jual beli. Ketika melaksanakan salat jumat, setiap jamaah harus memenuhi syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan agar tidak sia-sia amalan salat jumatnya. Bagaimanakah tata cara salat jumat? Simak uraian berikut ini!
A. Kompetensi
1. Standar Kompetensi
12. Memahami tata cara salat jumat
2. Kompetensi Dasar
12.1 menjelaskan ketentuan salat jumat
12.2 mempraktekkan salat jumat
3. Indikator
1. Menjelaskan kewajiban salat jumat
2. Mengidentifikasi syarat dan ketentuan salat jumat
3. mempraktikkan tata cara salat jumat
4. Menjelaskan hikmah salat jumat
B. Peta Konsep
Salat jumat
Apa itu salat Jumat?
Apa saja syarat dan ketentuan salat jumat?
Bagaimana pelaksanaan salat jumat?
· Pengertian salat jumat
· Kewajiban dan Hukum salat jumat
· Waktu salat jumat
· Ketentuan salat jumat
· Syarat salat jumat
· Syarat dan ketentuan salat jumat
· Rukun khutbah jumat
· Syarat sah khutbah jumat
· Sunah-sunah khutbah jumat
· Hikmahnya salat jumat
· Amalan sunah sebelum salat jumat
· Amalan sunah selama salat jumat
· Amalan sunah sesudah salat jumat
Kata kunci: salat jumat, khutbah jumat, hikmah salat jumat
C. Kegiatan Belajar 1
Bagaimanakah tata cara salat jumat? Simak uraian berikut ini!
Metode:
· Ceramah
· Diskusi kelompok
· Demonstrasi
· Simulasi
Media:
· Buku Teks PAI VII
· Referensi lain
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat:
1) Mendeskripsikan pengertian salat jumat
2) Menjelaskan hukum salat jumat
3) Mengidentifikasi kewajiban dan ketentuan salat jumat
4) Mengidentifikasikan waktu salat jumat
5) Menjelaskan syarat salat jumat
Pre-Test
1) Apa yang dimaksud dengan salat jumat?
2) Apa hukumnya melaksanakan salat jumat?
3) Kapan waktu yang tepat melaksanakan salat jumat
Petunjuk Belajar
Dalam mempelajari modul ini dapat dilakukan beberapa cara antara lain:
1) Belajar sendiri (mandiri) dengan ketentuan sedikit bantuan dari guru.
2) Belajar kelompok dengan bantuan guru.
Untuk lebih memudahkan cara belajar, maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1) Bacalah modul ini secara cermat, teliti, dan seksama dari halaman 1 ke halaman berikutnya.
2) Tidak berpindah ke halaman berikutnya sekiranya pada halaman yang dibaca masih ada yang belum dimengerti.
3) Kerjakan semua latihan yang ada pada setiap kegiatan untuk melihat sejauh mana kemampuan yang dimiliki kerjakan semua latihan dengan sungguh-sungguh, cermat, dan teliti.
4) Cocokkan jawaban anda dengan jawaban yang tersedia.
5) Kalau ada jawaban yang salah, betulkan terlebih dahulu, kemudian ulangi sekali lagi tanpa melihat kunci jawaban, baru kemudian lanjutkan ke pelajaran berikutnya.
6) Bila mendapat atau menumui kesulitan, tanyalah kepada guru atau teman sejawat.
7) Belajarlah dengan rasa gembira dan penuh semangat.
Penggukuran Kemampuan Belajar
Untuk mengukur kemampuan belajar maka lakukan hal-hal berikut:
1) Jawab dan praktekkanlah pertanyaan latihan pada setiap akhir kegiatan belajar!
2) Cocokkan jawaban anda dengan kunci jawaban pada akhir modul.
3) Hitunglah jawaban anda yang sudah benar, kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat kepuasan anda dalam setiap kegiatan belajar.
Rumus :
Tingkat Penguasaan = x 100%
Arti tingkat penguasaan yang dicapai :
85%.... - 100% = Baik sekali
75% - 84% = Baik
65% - 74% = Cukup
0 % - 64% = Kurang
Jika anda mencapai tingkat kepuasan 75% atau lebih maka anda dapat melanjutkan dengan kegiatan berikutnya, tetapi jika nilai anda di bawah 75% maka sebaiknya anda harus mengulangi kegiatan belajar tersebut terutama pada bagian yang belum anda kuasai.
4) Setelah anda mempelajari seluruh kegiatan belajar pada modul ini, cobalah anda sekali lagi mengerjakan latihan pada setiap kegiatan belajar dan hitunglah jawaban dengan menggunakan rumus di atas.
5) Jika secara keseluruhan kamu telah mencapai tingkat penguasaan 75% atau lebih maka hasil belajar anda sudah mencapai KKM.
Pengorganisasian kelas
Sebelum kegiatan pembelajaran 1 dimulai, guru melakukan hal-hal berikut:
1) Mengkondisikan kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
2) Menyiapkan media pembelajaran yang relevan
3) Memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi kelas dan peserta didik
4) Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, misalnya apa itu salat jumat
5) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 1
Nilai karakter yang terintegrasi
Religius, disiplin, dan cerdas
Paparan Materi
Mari Renungkan﴿A﴾
Tahukah kalian bahwa hari Jumat begitu mulia. Hari itu disebut sebagai sayyidul ayyâm yang artinya penghulu segala hari. Untuk mengetahui apa istimewanya, renungkan kisah yang dikutip dari kitab Tarikh karya Ibnu ‘Asâkir berikut ini.Ada seorang bernama Yunus bin Maisarah melewati pemakaman. Seperti biasa, dia mengamalkan adab seorang muslim yang melewati pekuburan seraya dia berdoa, “Semoga keselamatan bagimu wahai penghuni kubur. Kalian telah mendahului kami. Kelak kami juga akan menyusul. Semoga Allah swt. mengasihi kita semua. Memberi ampunan kepada kita semua. Kami laksana sudah mengalami apa yang kalian alami.”Setelah doa itu diucapkan, ruh di dalam kuburan itu berkata kepada Yunus, “Sungguh beruntung kamu wahai penghuni dunia. Kamu mendapat pahala layaknya ibadah haji dalam sebulan 4 kali.” Yunus terheran lalu bertanya,”Benarkah, kapan itu? Semoga Allah mengasihi kamu wahai ruh yang tenang.”Ruh itu menjawab, "Pada hari Jumat, apakah kamu tidak tahu bahwa salat Jumat adalah haji mabrur yang diterima?"
Mari Mengamati﴿B﴾
1. Pengertian Salat Jumat
Salat jumat adalah salat dua rakaat dengan berjamaah yang dilaksanakan sesudah khutbah jumat pada waktu zuhur di hari jumat. Salat jumat pada prinsipnya sama dengan salat wajib yang dilaksankan secara berjamaah. Salat jumat adalah salat wajib atau fardhu ‘ain yang dilaksankan oleh setiap muslim laki-laki dalam setiap minggunya pada hari jumat.
2. Kewajiban dan Hukum Salat Jumat
Salat jumat hukumnya fardhu ‘ain yaitu suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap laki-laki muslim dewasa yang merdeka, berakal, mukim, sehat, dan tidak uzur. Dasar kewajiban dari hukum salat jumat ditegaskan dalam alquran surat al-Jumu’ah ayat 9:
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sÎ) ÏqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqt ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) Ìø.Ï «!$# (#râsur yìøt7ø9$# 4 öNä3Ï9ºs ×öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès? ÇÒÈ
Artinya: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Jumu’ah : 9)
1. Kosakata
: diseru : lebih baik
: hari Jumat : telah dilaksanakan : segeralah : bertebaranlah : mengingat Allah : carilah
: dan tinggalkanlah : karunia Allah
: jual beli
2.Penerapan ilmu Tajwid
Pada kedua ayat dalam Surah al-Jumu‘ah [62] ayat 9–10, terdapat beberapa hukum bacaan Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Hukum-hukum bacaan tersebut sebagai berikut.
1) Idga-m bigunnah, yaitu jika ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf , cara membacanya dengan memasukkan huruf tersebut dan berdengung. Dalam Surah al-Jumu‘ah [62]: 9–10 di atas, kata yang mengandung hukum bacaan idga-m bigunnah terdapat pada kata .
2) Idga-m bila-gunnah, yaitu jika ada nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf lam atau ra. Cara membacanya dengan memasukkan huruf tersebut, tetapi tidak berdengung. Dalam Surah al-Jumu‘ah [62]: 9–10 di depan, kata yang mengandung hukum bacaan idga-bila-gunnah terdapat pada kata dan .
3) Ikhfa-', yaitu jika nun mati atau tanwin bertemu salah satu huruf yang berjumlah lima belas, dibaca samar-samar. Dalam Surah al-Jumu‘ah [62]: 9–10 di depan, kata yang mengandung hukum bacaan ikhfa-' terdapat pada kata , dan .
4) Mad t.abi‘i, yaitu mad (bacaan panjang) yang dibaca 1 alif atau 2 harakat. Dalam Surah al-Jumu‘ah [62]: 9–10 di depan, banyak kata yang mengandung hukum bacaan mad t.abi‘i di antaranya terdapat pada kata dan .
5) Mad ja-'iz munfas.il, yaitu mad (bacaan panjang) bertemu huruf hamzah berharakat pada suatu kata lain. Cara membacanya boleh dibaca 1 alif, 2 alif, atau 2½ alif (2, 4, atau 5 ketukan). Dalam Surah al-Jumu‘ah [62]: 9–10 di depan, kata yang mengandung hukum bacaan mad ja-'iz munfas.il terdapat pada kata dan . (As‘ad Humam. 1995. Halaman 10, 13, 40, dan 42)
3. Kandungan Surah Al-Jumu‘ah [62] Ayat 9–10
Para fukaha (ahli fikih) menjadikan ayat dalam Surah al-Jumuah ini sebagai dalil tentang hukum melaksanakan salat Jumat. Salat Jumat hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim sehingga ketika seseorang sedang berjual beli, dianjurkan untuk meninggalkan sejenak dan segera menunaikan salat Jumat. Jika Surah al-Jumu’ah [62] ayat 9–10 dikaitkan dengan tema etos kerja, penjelasannya sebagai berikut.
a. Perlunya Keseimbangan antara Urusan Dunia dan Akhirat
Pada saat kita menyelesaikan pekerjaan jenis apa pun yang menyangkut urusan duniawi, tetap diharuskan meninggalkannya jika mendengar panggilan azan. Perintah ini menunjukkan pentingnya menyeimbangkan urusan duniawi dan ukhrawi. Kita dibolehkan mengejar kehidupan duniawi, tetapi tidak boleh terlena sehingga lupa pada kehidupan akhirat. Hal ini karena kerja kita telah diniatkan untuk mencari rida Allah sehingga jika ada panggil- an untuk ibadah kepada-Nya, tidak boleh enggan mengerja- kan. Jika salat telah dikerja- kan, kita pun diperbolehkan untuk kembali melanjutkan aktivitas. Ada juga pesan yang sangat populer dari Abdullah bin Umar r.a. berbunyi:
Artinya: ”Bekerjalah untuk kepentingan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya dan bekerjalah untuk kepentingan akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok.” (H.R. Baihaqi)
Bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional dalam ajaran Islam sangat diutamakan. Demikian juga khusyuk dalam ibadah sangat penting agar dapat membekas pada amaliah sehari-hari, termasuk dalam bekerja.
b. Bekerja Harus Selalu Ingat Allah
Dalam bekerja kita, harus mengingat Allah sehingga tidak akan terperosok untuk melakukan perbuatan yang tidak diridai oleh-Nya. Kita dibolehkan mencari karunia Allah sebanyak mungkin, asal dilakukan dengan cara benar.
c. Meningkatkan Produktivitas Kerja
Setelah mengerjakan salat Jumat, kita diperbolehkan untuk melanjutkan aktivitas kerja lainnya. Melakukan ibadah tidak berarti menghambat produktivitas kerja. Guna mendukung produktivitas kerja, ada hal-hal tertentu yang penting untuk diperhatikan.
a. Bersikap rajin, ulet, dan tidak mudah putus asa.
b. Meningkatkan inovasi dan kreativitas.
c. Mau belajar dari pengalaman sehingga mencapai hasil yang lebih baik
d. Memaksimalkan kemampuan diri yang ada dan selalu optimis.
e. Berdoa dan bertawakal kepada Allah.
Perintah Wajibnya salat jumat juga didasarkan pada hadis Nabi: Dari Thariq bin Syihab dari Rasulullah saw, bersabda: “Salat jumat itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjamaah terkecuali empat golongan, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil, dan orang yang sakit.” (HR. Abu Daud dan Al-Hakim)
Selain itu Hadis dari abu Hurairah dari ibnu Umar menjelaskan bahwa nabi bersabda: hendaknya para kaum benar-benar menghentikan kebiasaan mereka meninggalkan salat jumat, maka Allah benar-benar akan mengunci mata hati mereka, kemudian mereka benar-benar termasuk orang-orang yang lalai. (H.RMuslim)
Hukum melaksanakan salat jumat adalah fardhu ‘ain, dan bagi yang melaksanakan salat jumat tersebut tidak berkewajiban melaksanakan salat zuhur. Salat jumat dilaksanakan secara berjamaah dan tidak boleh dilakukan secara sendiri-sendiri. Pada dasarnya kedudukan salat jumat adalah pengganti salat zuhur, sehingga orang Islam yang ketinggalan salat jumat memiliki kewajiban menqadha dengan salat zuhur (empat rakaat). Apabila hal tersebut disebabkan karena adanya uzur (halangan) maka ia tidak berdosa.
3. Waktu Salat Jumat
Salat jumat dilakukan pada waktu zuhur, yaitu mulai matahari tergelincir ke sebelah Barat dan berakhir apabila baying-bayang sesuatu telah sama panjangnya dengan badannya.
4. Ketentuan Salat Jumat
Salat jumat mempunyai beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi agar menjadi sah. Ketentuan tersebut meliputi syarat wajib, dan syarat sah salat jumat. Semua ketentuan tersebut harus dipenuhi, namun apabila tidak ada halangan atau karena mengabaikannya maka ia berdosa, sesuai dengan sabda Nabi saw dalam hadis berikut: Dari Abi al-Ja’adt berkata: Rasulullah saw bersabda:”Barang siapa yang meninggalkan tiga kali salat jumat karena mengabaikannya, maka Allah menutup hatinya.”(HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
Adapun hal-hal yang menghalangi salat jumat antara lain:
1) Sakit yang menyebabkan tidak mampu mendatangi salat jumat
2) Mendapat musibah seperti banjir, kebakaran, badai, hujan lebat yang menyulitkan untuk mendatangi salat jumat.
3) Musafir atau sedang dalam perjalanan
4) Ditawan oleh musuh
5. Syarat Salat Jumat
1. Syarat Wajib salat jumat
a) Islam
b) Baligh (dewasa), tidak wajib salat jumat bagi anak-anak
c) Berakal (orang gila tidak ada kewajiban salat jumat)
d) Laki-laki (perempuan tidak wajib salat jumat)
e) Sehat (orang sakit atau berhalangan tidak wajib salat jumat)
f) Menetap (bermukim), orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) tidak wajib salat jumat.
2. Syarat sah salat jumat
a) Diadakan di satu tempat yang tetap
b) Dilakukan pada waktu zuhur , hal ini sesuai dengan hadis Nabi: Dari Anas,” Sesungguhnya Rasulullah saw. ¡alat Jumat ketika matahari telah tergelincir.”(H.R. Bukhari)
c) Dikerjakan dengan berjamaah dan tidak sah apabila dikerjakan sendiri-sendiri, Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah orang untuk dapat mendirikan salat Jumat. Sebagian ulama mengatakan minimal 40 orang dan ada yang mengatakan minimal 2 orang
d) Didahului dengan dua khutbah, Hal ini sesuai dengan hadis Nabi sebagai berikut: ”Dari Nafi’ dari Ibnu Umar: ”Rasulullah saw. berkhotbah pada hari Jumat dengan berdiri, kemudian beliau duduk kemudian berdiri lagi seperti yang kalian lakukan sekarang” (H.R. Bukhari dan Muslim).
6. Halangan Salat Jumat
Hal-hal yang dapat dijadikan alasan untuk boleh tidak salat Jumat adalah sebagai berikut.
a) Sakit, Orang yang sakit diperbolehkan tidak melaksanakan salat Jumat, tetapi harus melaksanakan salat Zuhur.
b) Hujan lebat, angin kencang, dan bencana alam yang menyulitkan untuk melaksanakan salat Jumat.
c) Musafir, yaitu seseorang yang sedang melaksanakan perjalanan jauh.
d) Perjalanan menuju tempat melaksanakan salat Jumat tidak aman.
Lembar Kerja Siswa
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1) Tuliskanlah ayat alquran lengkap dengan harakatnya yang menjelaskan tentang dasar dari salat jumat!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2) Apa manfaat yang diperoleh dari kandungan surat al jum’ah ayat 9 di atas!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3) Jelaskan hukum bagi anak laki-laki yang meninggalkan salat jumat tanpa alasan!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4) Sebutkan hal-hal yang menghalangi salat jumat!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
5) Billy sakit dan harus di opname di trumah sakit sehingga tidak bisa mengikuti salat Jumat. Apa yang harus dilakukan Billy?
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Rangkuman
1) Salat jumat adalah salat dua rakaat dengan berjamaah yang dilaksanakan sesudah khutbah jumat pada waktu zuhur di hari jumat.
2) Dasar hukum pelaksanaan salat jumat dalam alquran surat jumah ayat 9.
3) Syarat wajib salat jumat adalah Islam, baligh, berakal, laki-laki, sehat, dan menetap.
4) Syarat sah salat jumat adalah diadakan di satu tempat yang tetap, dilakukan pada waktu zuhur, secara berjamaah, dan didahului dengan dua khutbah.
5) Halangan yang dijadikan alasan untuk boleh tidak salat Jumat adalah sakit, bencana alam, musafir, dan keamanan.
Uji Kognitif Kegiatan Belajar 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakan sendiri dan yakin dengan kemampuan anda!
1) Hukum salat jumat adalah wajib. Salah satu dalil dasarnya adalah …
a. QS. Ar Rahman ayat 29 c. QS. Al Jumuah ayat 9
b. QS. Al Baqarah ayat 119 d. QS. Al Jumuah ayat 19
2) Penyebab diperbolehkan untuk meninggalkan salat jumat dan menggantinya dengan salat zuhur bagi laki-laki, kecuali …
a. Dalam perjalanan/ musafir c. sedang sibuk ujian
b.Dalam keadaan sakit d. terhalang hujan badai
3) Pernyataan berikut tentang salat Jumat benar, kecuali …
a. Jumlah rakaatnya dua rakaat c. dilaksanakan pada waktu zuhur
b.Dilaksanakan sebelum khutbah d. hukumnya fardhu ‘ain bagi lelaki muslim
4) Syarat wajib salat jumat adalah, kecuali …
a. berakal sehat c. diadakan di daerah permukiman
b. laki-laki d. penduduk tetap
5) Faizal tidak dapat pergi ke mesjid untuk salat jumat maka ia wajib melaksanakan salat zuhur sebanyak …
a. dua rakaat c. empat rakaat
b. tiga rakaat d. delapan rakaat
6) Perhatikan hal-hal berikut ini:
1. Islam
2. balig (dewasa)
3. mendengarkan khotbah
4. laki-laki
Syarat sah untuk melaksanakan salat Jumat adalah …
a. 1, 2, dan 3. c. 2, 3, dan 4.
b. 1, 2, dan 4. d.1, 3, dan 4.
7) Q.S al- Jumu’ah ayat 9 menerangkan tentang …
a. Hukum jual beli c. larangan berjual beli di hari jumat
b. Hukum salat jumat bagi perempuan d. perintah melaksanakan salat jumat
8) Melaksanakan salat jumat secara berjamaah hukumnya …
a. wajib b. sunah c. mubah d. makhruh
9) Berikut ini salat yang dikerjakan secara munfarid, kecuali …
a. salat sunah rawatib ba’diyah c. salat sunah jumat
b. salat sunah rawatib qabliyah d. salat jumat
10) Ketentuan yang menyebabkan sahnya salat jumat merupakan pengertian dari …
a. syarat wajib salat jumat c. syarat sah khutbah jumat
b. syarat wajib khutbah jumat d. syarat sah salat jumat
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakan sendiri dan yakin dengan kemampuan anda!
1) Apa yang dimaksud dengan salat jumat
2) Sebutkan hukum mengerjakan salat jumat!
3) Sebutkan syarat wajib salat jumat!
4) Sebutkan orang-orang yang tidak wajib melaksanakan salat jumat!
5) Apa yang harus dilakukan apabila tidak melaksanakan salat Jumat karena berhalangan!
KUNCI JAWABAN KEGIATAN BELAJAR I
Lembar Kerja Siswa (LKS)
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sÎ) ÏqçR Ío4qn=¢Á=Ï9 `ÏB ÏQöqt ÏpyèßJàfø9$# (#öqyèó$$sù 4n<Î) Ìø.Ï «!$# (#râsur yìøt7ø9$# 4 öNä3Ï9ºs ×öyz öNä3©9 bÎ) óOçGYä. tbqßJn=÷ès?
2. Setiap orang diperintahkan untuk mengingat Allah dan mendengarkan khutbah yang berisikan pelajaran sehingga ketaqwaan kita bertambah, oleh karena itu Allah memerintshkn kepda kitan untuk meninggalkan pekerjaan (jual beli) guna memenuhi seruan salat secara berjamaah sehingga ikatan ukhuwah islamiyah antara sessama muslim semakin kuat.
3. Berdosa karena salat jumat itu wajib bagi setiap muslim yang memnuhi syarat, oleh karena itu, hendaknya para kaum benar-benar menghentikan kebiasaan mereka meninggalkan salat jumat, maka Allah benar-benar akan mengunci mata hati mereka, kemudian mereka benar-benar termasuk orang-orang yang lalai.
4. sakit, mendapat musibah (banjir, kebakaran, hujan lebat), musafir, ddan ditawan oleh musuh.
5. menggantikan salat jumat dengan cara melaksanakan salat zuhur sebanyak empat rakat.
A. Pilihan ganda
1. Jawaban C
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Jumu’ah : 9)
2. Jawbaan C
Sibuk ujian bukan merupakan salah satu halangan untuk meninggalkan salat jumat
3. jawaban B
Dilaksanakan setelah dua khutbah bukan sebelum khutbah
4. Jawaban C
Salah satu syarat wajib salat jumat adalah bermukim atau menetap di suatu negeri bukan diadakan di daerah permukiman.
5. Jawaban C
Salat zuhur dilakukan seperti salat zuhur biasanya yaitu sebanyak 4 rakaat.
6. Jawaban B
Syarat sah untuk melakuakan salat jumat adalah islam, laki-laki, baligh, berakal, sehat, dan bermukim. Sedangkan mendengarkan khutbah merupakan syarat sah salat jumat.
7. Jawaban D
Perintah melaksanakan salat jumat dan merupakan dasar hukum dalam pelaksanaan salat jumat.
8. Jawaban A
Salah satu syarat sah salat jumat adalah dikerjakan dengan berjamaah dan tidak sah dikerjakan sendiri-sendiri.
9. Jawaban D
Salat sunat yang dikerjakan sendiri sangat banyak di antaranya rawatib ba’diyah, rawatib qabliyah, salat sunat jumat dan masih banyak lagi sedangkan salat jumat harus dilakukan secara berjamaah tidak boleh sendiri.
10. Jawaban A
Syarat wajib salat jumat adalah ketentuan yang menyebabkan sahnya salat jumat dan apabila ada ketentuan yang tidak terpenuhi maka syarat jumatnya tidak sah.
B. Uraian
1) Salat jumat adalah salat dua rakaat yang wajib dilaksanakan umat Islam pada waktu zuhur pada hari jumat dengan berjamaah dan dilaksanakan setelah dua khutbah.
2) Hukumnya wajib bagi laki-laki dewasa, berakal, sehat dan menetap.
3) Syarat wajib salat jumat yaitu beragama islam, laki-laki, sudah baligh, berakal, sehat, dan bermukim.
4) Orang-orang yang tidak wajib melaksanakan salat jumat adalah Hamba sahaya, orang sakit, perempuan, dan anak kecil.
5) Melaksanakan salat zuhur sebanyak empat rakaat
E. Kegiatan Belajar 2
Bagaimanakah ketentuan berkhutbah jumat? Simak uraian berikut ini!
Metode:
· Ceramah
· Diskusi kelompok
· Demonstrasi
· Simulasi
Media:
· Buku Teks PAI VII
· Referensi lain
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat:
1) Menjelaskan tentang rukun khutbah jumat
2) Mengidentifikasi syarat sah khutbah jumat
3) Mendeskripsikan sunah-sunah khutbah jumat
Pre-Test
1) Apa saja rukun khutbah jumat?
2) Apa saja syarat khutbah jumat?
3) Apa saja yang termasuk sunah-sunah dalam
khutbah jumat alat jumat
Petunjuk Belajar
Tiap-tiap kegiatan belajar terkait erat secara berurutan. Karena itu sebaiknya Anda mengikuti petunjuk belajar berikut ini:
1) Bacalah setiap penjelasan yang diberikan dengan cermat langkah demi langkah dan jangan tergesa-gesa.
2) Kemudian kerjakan soal-soal atau latihan yang Anda temui dan cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di halaman belakang modul ini,
3) Pelajari sekali lagi uraiannya, terutama bagian yang kurang Anda pahami,
4) Praktekkanlah kegiatan-kegiatan yang baru anda pelajari dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang terdapat dalam modul ini.
5) Tidak berpindah ke halaman berikutnya sekiranya pada halaman yang dibaca masih ada yang belum dimengerti.
6) Kerjakan semua latihan yang ada pada setiap kegiatan untuk melihat sejauh mana kemampuan yang dimiliki dan kerjakan semua latihan dengan sungguh-sungguh, cermat, dan teliti.
7) Cocokkan jawaban anda dengan jawaban yang tersedia.
8) Kalau ada jawaban yang salah, betulkan terlebih dahulu, kemudian ulangi sekali lagi tanpa melihat kunci jawaban, baru kemudian lanjutkan ke pelajaran berikutnya.
9) Bila mendapat atau menumui kesulitan, tanyalah kepada guru atau teman sejawat.
10) Belajarlah dengan rasa gembira dan penuh semangat.
Pengorganisasian kelas
Sebelum kegiatan pembelajaran 2 dimulai, guru melakukan hal-hal berikut:
1) Mengkondisikan kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
2) Menyiapkan media pembelajaran yang relevan
3) Memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi kelas dan peserta didik
4) Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, misalnya apa itu salat jumat
5) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 2
Nilai karakter yang terintegrasi
Religius, disiplin, dan cerdas
Paparan Materi
Mari Renungkan﴿A﴾
Ketika waktu salat jumat tiba, Roni tidak bersegera pergi ke mesjid, ia asyik tidur-tiduran di rumah dan menunda keberangkatannya ke mesjid karena tidak mau mendengarkan khutbah jumat. Setiap kali salat jumat Roni tidak suka dan tidak pernah mendengarkan khutbah jumat. Bagaimana sikap Roni menurut pendapatmu? Apa akibatnya jika Roni tidak mengikuti khutbah jumat?
Sedangkan Fahmi setiap salat jumat selalu sibuk dengan kegiatannya sendiri (ada saja hal yang dilakukan ketika khatib sedang memberikan khutbah jumat). Bagaimana sikap Fahmi menurut pendapatmu? Apa akibatnya jika Fahmi tidak mendengar khatib berkhutbah jumat?
Mari Mengamati﴿B﴾
Ketentuan Khutbah Jumat
Khutbah merupakan kegiatan yang bersifat mengajak dan menyeru manusia untuk berbuat baik dan mencegah berbuat kemungkaran.khutbah sebagai salah satu syarat sah salat jumat, oleh akrena itu harus dilaksanakan sebelum melaksanakan salat jumat.
a) Rukun Khutbah Jumat
1) Mengucapkan hamdallah
2) Membaca dua kalimah syahadat
3) Membaca selawat
4) Berwasiat (memberi nasihat)
5) Membaca ayat-ayat alquran pada masing-masing khutbah
6) Berdoa untuk semua umat Islam pada khutbah kedua
b) Syarat sah Khutbah Jumat
1) Dimulai ketika masuk waktu zuhur
2) Dilakukan dengan berdiri jika khatibnya mampu berdiri
3) Khatib hendaknya duduk sebentar diantara dua khutbah
4) Khutbah dilakukan dengan suara keras dan jelas
5) Rukun khutbah dilaksanakan secara berturut-turut
6) Khatib suci dari hadas dan najis
7) Khatib menutup aurat
c) Sunah yang berkaitan dengan Khutbah Jumat
1) Khutbah dilaksanakan di atas mimbar atau tempat yang tinggi
2) Khutbah disampaikan dengan kalimat yang fasih, terang, dan mudah dipahami
3) Khatib menghadap kepada jamaah salat jumat
4) Khatib membaca salawat diantara dua khutbah
5) Tertib dalam rukun khutbah
6) Jama’ah hendaknya diam, tenang dan memperhatikan khutbah jumat yang disampaikan oleh khatib
7) Khatib memberi salam pembuka kepada jamaah
8) Khatib hendaklah duduk di kursi mimbar sesudah memberi salam dan mendengar azan
d) Syarat seorang Khatib
1) Memahami ajaran Islam dengan sebaik-baiknya, terlebih masalah akidah, ibadah, dan akhlak
2) Mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan khutbah jumat (syarat, rukun, sunah dan makhruh khutbah)
3) Fasih melafalkan ayat-ayat alquran dan hadis nabi, serta bersuara keras dalam menyampaikan isi khutbah, jelas dan mudah dipahami.
4) Berpakaian rapi, sopan, dan suci dari hadas dan najis
5) Sudah baligh
6) Tidak dibenci oleh masyarakat (disayangi oleh masyarakat)
e) Adab Salat Jumat
1) Meluruskan saf (barisan salat). Saf di depan yang masih kosong segera diisi. Saf harus lurus dan rapi.
2) Ketika khatib sedang berkhutbah, tidak boleh berbicara satu katapun. Berkata-kata saat khatib berkhutbah akan menjadikan salat jumat sia-sia.
Lembar Kerja Siswa
1) Bagaimana hukumnya melaksanakan khutbah jumat sebeum masuk waktu zuhur?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2) Jelaskan menurut pendapatmu, apa saja syarat menjadi seorang khatib!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3) Bagaimana caranya agar salat jumat kita diterima oleh Allah swt, buatlah sebuah analisa berdasarkan alquran dan hadis!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4) Sebutkan rukun khutbah!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
5) Bagaimanakan adab yang benar dalam melaksanakan salat jumat?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Rangkuman
1) Rukun Khutbah Jumat adalah mengucapkan hamdallah; membaca dua kalimah syahadat; membaca selawat; berwasiat (memberi nasihat); membaca ayat-ayat alquran pada masing-masing khutbah; dan Berdoa untuk semua umat Islam pada khutbah kedua
2) Syarat sah Khutbah Jumat adalah masuk waktu zuhur; berdiri jika mampu; Khatib duduk sebentar diantara dua khutbah; suara keras dan jelas; berurutan; Khatib suci dari hadas dan najis; dan Khatib menutup aurat.
3) Sunah yang berkaitan dengan Khutbah Jumat adalah Khutbah dilaksanakan di atas mimbar atau tempat yang tinggi; dengan kalimat yang fasih, terang, dan mudah dipahami; Khatib menghadap kepada jamaah; membaca salawat diantara dua khutbah; Tertib; Jama’ah hendaknya diam, tenang dan memperhatikan khutbah jumat yang disampaikan oleh khatib; Khatib memberi salam pembuka kepada jamaah; dan Khatib hendaklah duduk di kursi mimbar sesudah memberi salam dan mendengar azan.
Uji Kognitif Kegiatan Belajar 2
1. Pilihan Ganda
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat!Kerjakan sendiri dan yakin dengan kemampuan anda!
1) Pelaksanaan salat jumat yang benar adalah …
a. sebelum khutbah pertama c. setelah khutbah kedua
b. sebelum azan d. setelah azan
2) Berikut ini rukun khutbah jumat …
a. Khatib menutup aurat c. Khatib suci dari hadas dan najis
b.Mengucapkan dua kalimah syahadat d. Disampaikan dengan suara yang jelas
3) Berikut ini syarat dua khutbah, kecuali…
a. khatib berkhutbah sambil berdiri
b. khatib duduk di antara dua khutbah
c. berdoa untuk kaum mukminin pada khutbah kedua
d. kedua khutbah dimulai saat sudah tergelincir matahari
4) Rukun khutbah jumat, kecuali …
a. Mengucapkan selawat atas Nabi Muhammad saw
b.Khatib hendaknya duduk di antara dua khutbah
c. Berwasiat untuk meningkatkan iman
d. Mengucapkan dua kalimat syahadat
5) Berikut ini yang tidak termasuk syarat khutbah jumat adalah …
a. membaca selawat c. berdiri
b. suci dari hadas d. menutup aurat
6) Berikut ini yang tidak termasuk rukun khutbah jumat adalah …
a. membaca pujian kepada Allah c. membaca selawat
b. berdiri jika mampu d. wasiat takwa
7) Agar salat jumat menjadi sah, khatib harus memenuhi syarat khutbah jumat. Berikut ini yang termasuk syarat khutbah jumat yaitu ….
a. khatib harus suci c. membaca selawat
b. dilaksanakan waktu zuhur d. menghadap kiblat
8) Saatnya khatib berkhutbah, jamaah hendaknya …
a. mendiskusikan isi khutbah c. mendengarkan dengan tenang
b. menegur teman yang berisik d. menyuruh teman mendengarkan
9) Menurut jumhur ulama, hukum berbicara ketika khatib berkhutbah adalah …
a. sah b. mubah c. makhruh d. haram
10) Khatib mengakhiri khutbah jumat dengan doa yang ditujukan kepada …
a. dirinya sendiri c. orang yang tidak hadir
b. orang yang hadir di masjid d. kaum muslimin dan muslimat
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakan sendiri dan yakin dengan kemampuan anda!
1) Sebutkan rukun khutbah jumat!
2) Siapakah yang boleh jadi khatib?
3) Sebutkan syarat khutbah jumat!
4) Sebutkan larangan saat khatib sedang berkhotbah!
5) Sebutkan sunah-sunah khutbah jumat!
KUNCI JAWABAN KEGIATAN BELAJAR II
Pilihan Ganda
1) Jawaban C
Salah satu syarat sah salat jumat adalah sesudah dua khutbah
2) Jawaban B
Rukun khutbah jumat adalah membaca tahmid, membaca syahadat, membaca selawat, berwasiat untuk taqwa, membaca ayat alquran, dan mendoakan semua umat muslim
3) Jawaban D
Syarat sah Khutbah Jumat adalah masuk waktu zuhur; berdiri jika mampu; Khatib duduk sebentar diantara dua khutbah; suara keras dan jelas; berurutan; Khatib suci dari hadas dan najis; dan Khatib menutup aurat.
4) Jawaban B
Duduk antara dua khutbah merupakan syarat sah khutbah bukan rukun.
5) Jawaban A
Membaca selawat termasuk rukun khutbah jumat
6) Jawaban B
Rukun khutbah mengucapkan hamdalah; mengucapkan dua kalimat syahadat; membaca selawat; berwasiat; membaca ayat alquraan; berdoa untuk kaum muslimin. Berdiri jika mampu merupakan syarat sah khutbah jumat
7) Jawaban A
Salah satu syarat khutbah jumat adalah khatib harus suci dari hadas dan najis
8) Jawaban C
Mendengarkan dengan tenang agar apa yang disampaikan dapat diambil pelajaran dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari
9) Jawaban C
Hukumnya haram
10) Jawaban D
Kaum muslimin dan muslimat bukan untuk dirinya sendiri, orang yang hadir di mesjid, dan orang yang tidak hadir saja melainkan untuk semua muslim.
Jawaban tes uraian
1) Rukun khutbah jumat adalah membaca tahmid, membaca syahadat, membaca selawat, berwasiat untuk taqwa, membaca ayat alquran, dan mendoakan semua umat muslim.
2) Yang boleh menjadi khatib adalah orang laki-laki yang sudah memenuhi syarat dan mempunyai wawasan agama yang luas.
3) Syarat khutbah jumat yaitu sebagai berikut: Khatib harus suci dari hadas dan najis; Khatib harus menutup aurat; Dimulai setelah waktu zuhur; Khatib harus berdiri (bagi yang mampu); Duduk di antara dua khutbah; dan Kedua khutbah dilakukan secara berturut-turut
4) Tidak boleh bicara meskipun hanya satu kata.
5) Sunah-sunah khutbah jumat yaitu sebagai berikut:
a) Khutbah dilaksanakan di atas mimbar atau tempat yang tinggi
b) Khutbah disampaikan dengan kalimat yang fasih, terang, dan mudah dipahami
c) Khatib menghadap kepada jamaah salat jumat
d) Khatib membaca selawat diantara dua khutbah
e) Tertib dalam rukun khutbah
f) Jamah hendaknya diam, tenang dan memperhatikan khutbah jumat yang disampaikan oleh khatib
g) Khatib memberi salam pembuka kepada jamaah
h) Khatib hendaklah duduk di kursi mimbar sesudah memberi salam dan mendengar azan
Jawaban LKS
1) Islam; Baligh (dewasa); Berakal ; Laki-laki; Sehat ; Menetap (bermukim)
2) Memahami ajaran Islam dengan sebaik-baiknya; Mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan khutbah jumat ; Fasih melafalkan ayat-ayat alquran dan hadis nabi, bersuara keras, bahasa jelas dan mudah dipahami; Berpakaian rapi, sopan, dan suci dari hadas dan najis; Sudah baligh; dan Tidak dibenci oleh masyarakat.
3) Memenuhi syarat dan rukun sah salat jumat, ayarat dan rukun khutbah dan diam tidak berbicara serta memperhatikan saat khatib berkhutbah.
4) Memuji Allah; membaca selwat; mengucapkan syahadat; berwasiat dengan takwa; membaca ayat alquran pada salah satu khutbah; dan berdoa untuk kaum mukmin dan mukminat.membaca ayat alquran pada salah satu khutbah; dan berdoa untuk kaum mukmin dan mukminat.
5) Meluruskan saf dan ketika khatib sedang berkhutbah tidak berbicara.
Kegiatan Anak Islam
Carilah referensi teks khutbah jumat. Lakukan latihan membaca tekskhutbah jumat di rumah dengan bantuan orang tuamu. Kemudia majulah ke depan kelas satu persatu untuk mempraktekkan membaca teks khutbah jumat!
Format penilain membaca teks khutbah jumat
No
Indikator
Deskriptor
Skor
1
isi khutbah jumat
1) Sangat Baik-sempurna: menguasai topik khutbah; substantif; pengembangan teks khutbah lengkap; relevan dengan topik yang dibahas
2) Cukup-Baik: cukup menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan teks khutbah terbatas; relevan dengan topik tetapi kurang terperinci
3) Sedang-Cukup: penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai
4) Sangat-Kurang: tidak menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; atau tidak layak dinilai
27-30
22-26
17-21
13-16
2
organisasi
1) Sangat Baik-Sempurna: ekspresi lancar; gagasan diungkapkan dengan jelas; padat; tertata dengan baik; urutan logis; kohesif
2) Cukup-Baik: kurang lancar; kurang terorganisasi tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis tetapi tidak lengkap
3) Sedang-Cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
4) Sangat-Kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; atau tidak layak dinilai
18-20
14-17
10-13
7-9
3
kosa kata
1) Sangat Baik-Sempurna: penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata; penggunaan register tepat
2) Cukup-Baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu
3) Sedang-Cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata; makna membingungkan atau tidak jelas
4) Sangat-Kurang: pengetahuan tentang kosakata, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai
18-20
14-17
10-13
7-9
4
Penggunaan bahasa
1) Sangat Baik-Sempurna: konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/rukun, artikel, pronomina, preposisi)
2) Cukup-Baik: konstruksi sederhana tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (fungsi/rukun, artikel, pronomina, preposisi), tetapi makna cukup jelas
3) Sedang-Cukup: terjadi banyak kesalahan dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ rukun, artikel, pronomina, preposisi) makna membingungkan atau kabur
4) Sangat-Kurang: tidak menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai
18-20
14-17
10-13
7-9
5
mekanik
1) Sangat Baik-Sempurna: menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf
2) Cukup-Baik: kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
3) Sedang-Cukup: sering terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
4) Sangat-Kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak
7-10
5-6
3-4
1-2
Jumlah skor maksimal
100
Skor akhir = skor perolehan x 100
Skor maksimal (100)
Aspek pskomotor = skor akhir x 40%
Nilai akhir = aspek konitif (a x 30%) + asfek afekti (b x 30%) +
aspek psikomotor (c x 40%)
.
Kegiatan Pembelajaran 3
Bagaimanakah tata cara melaksanakan salat jumat? Simak uraian berikut ini!
Metode:
· Ceramah
· Diskusi kelompok
· Demonstrasi
· Simulasi
Media:
· Buku Teks PAI VII
· Referensi lain
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat:
1) menunjukkan tata cara salat jumat.
2) menjelaskan amalan sunat sebelum,
selama dan sesudah salat jumat
3) menjelaskan hikmah salat jumat
4) menunjukkan contoh pelaksanaan salat jumat
5) mempraktekkan salat jumat berjamaah
Pre-Test
1) Bagaimanakah tata cara kita salat jumat?
2) Apa saja amalan sunat sebelum,
selama dan sesudah salat jumat?
3) Apa hikmah dari pelaksanaan salat jumat?
Petunjuk Belajar
Tiap-tiap kegiatan belajar terkait erat secara berurutan. Karena itu sebaiknya Anda mengikuti petunjuk belajar berikut ini:
1) Bacalah setiap penjelasan yang diberikan dengan cermat langkah demi langkah dan jangan tergesa-gesa,
2) Kemudian kerjakan soal-soal atau latihan yang Anda temui dan cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang ada,
3) Pelajari sekali lagi uraiannya, terutama bagian yang kurang Anda pahami,
4) Praktekkanlah kegiatan-kegiatan yang baru anda pelajari dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang terdapat dalam modul ini,
5) Tidak berpindah ke halaman berikutnya sekiranya pada halaman yang dibaca masih ada yang belum dimengerti,
6) Kerjakan semua latihan yang ada pada setiap kegiatan untuk melihat sejauh mana kemampuan yang dimiliki dan kerjakan semua latihan dengan sungguh-sungguh, cermat, dan teliti,
7) Cocokkan jawaban anda dengan jawaban yang tersedia,
8) Kalau ada jawaban yang salah, betulkan terlebih dahulu, kemudian ulangi sekali lagi tanpa melihat kunci jawaban, baru kemudian lanjutkan ke pelajaran berikutnya,
9) Bila mendapat atau menumui kesulitan, tanyalah kepada guru atau teman sejawat,
10) Belajarlah dengan rasa gembira dan penuh semangat.
Pengorganisasian kelas
Sebelum kegiatan pembelajaran 3 dimulai, guru melakukan hal-hal berikut:
1) Mengkondisikan kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
2) Menyiapkan media pembelajaran yang relevan
3) Memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi kelas dan peserta didik
4) Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, misalnya apa itu salat jumat
5) Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai peserta didik setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 3
Nilai karakter yang terintegrasi
Religius, disiplin, dan cerdas
Paparan Materi
Mari Renungkan﴿A﴾
Ketika melaksanakan salat jumat seluruh umat Islam berkumpul baik itu si kaya, si miskin, si tampan dan si buruk rupa untuk mencari berkah Allah Swt dan memuliakan hari jumat. Tidak ada perbedaan, yang ada jalinan ukhuwah islamiyah antara sesama umat semakin erat, dengan sering berjamaah di masjid, bisa menambah semangat bekerja kita karena terbiasa melihat orang-orang yang semangat beribadah di dalam masjid. Melipatgandakan pahala kebaikan. Berkumpulnya umat Islam pada waktu-waktu tertentu akan membiasakan diri untuk disiplin terhadap waktu. Dengan mendengarkan khutbah jumat menambah wawasan ilmu pengetahuan sehingga termotivasi untuk selalu ingat dan beribadah kepada Allah Swt. Sungguh indah tali persaudaraan yang terbina atas kedisiplinan dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt.
Mari Mengamati﴿B﴾
A. Amalan Sunat Sebelum, Selama dan Sesudah Salat Jumat
1) Hal-hal yang disunahkan sebelum salat jumat
1) Mandi sebelum berangkat salat jumat
2) Berhias dengan memakai wangi-wangian dan memakai kain yang berwarna putih
3) Memotong kuku, menggunting kumis dan menyisir rambut
4) Menyegerakan pergi salat jumat dengan jalan kaki
5) Sebelum khutbah hendaknya memperbanyak zikir atau membaca alquran
6) Hendaknya memperbanyak berdoa dan selawat atas Nabi Muhammad saw
7) Melaksanakan salat tahiyatul mesjid.
2) Hal-hal yang disunahkan selama salat jumat
1) Mendengarkan khatib membawakan khutbah jumat
2) Meluruskan saf (barisan ¡alat). saf di depan yang masih kosong segera diisi. Salah satu kesempurnaan salat berjamaah adalah saf-nya lurus dan rapat.
3) Hal-hal yang disunahkan sesudah salat jumat
1) Jamaah disunahkan untuk berzikir dan berdoa setelah selesai salat Jumat.
2) Sebelum meninggalkan masjid jamaah disunahkan untuk melaksanakan salat ba’diyah terlebih dahulu
B. Hikmah Salat Jumat
Hikmah melakukan salat jumat, diantarannya:
a) Dapat meningkatkan iman kepada Allah swt
b) Memupuk rasa persatuan dan kesatuan
c) Dapat menambah syiarnya agama Islam
d) Dapat menambah ilmu pengetahuan dan ketauhidan, karena mendengarkan khutbah
e) Menambah pahala, karena banyak sekali amalan sunah
f) Memupuk rasa disiplin, karena banyak sekali amalan sunah
g) Memupuk rasa disiplin, karena salat jumat waktunya telah ditentukan dan ada beberapa syaratnya
Sebagai sarana silaturahmi bagi semua muslim, sehingga terjalin tali persaudaraan
C. Tata Cara Salat Jumat
Ada empat unsur penting dalam ritual salat Jumat yaitu (a) jamaah tidak boleh kurang dari 40 orang; (b) khatib dan imam; (c) bilal; (d) masjid.
Dalam melaksanakan salat jumat, gerakan dan bacaannya sama dengan salat fardhu lainnya yang membedakan hanya pada niatnya, dan pada salat jumat didahului dengan dua khutbah.
Kegiatan kelompok
Buatlah kelompok untuk mempraktekkan salat jumat lengkap dengan khutbah jumat di depan kelas di bawah bimbingan bapak/ibu guru.
Lakukan persiapan bersama kelompokmu sebelum mempraktekkan di depan kelas dengan menunjuk salah satu teman menjadi imam dan seorang lagi menjadi khatib, dan sisanya menjadi makmum
Tata cara pelaksanaan shalat Jum’at, yaitu :
1) Khatib naik ke atas mimbar setelah tergelincirnya matahari (waktu dzuhur), kemudian memberi salam dan duduk.
2) Muadzin mengumandangkan adzan sebagaimana halnya adzan dzuhur.
3) Khutbah pertama: Khatib berdiri untuk melaksanakan khutbah yang dimulai dengan hamdalah dan pujian
kepada Allah SWT serta membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. Kemudian memberikan nasehat kepada para jama’ah, mengingatkan mereka dengan suara yang lantang, menyampaikan perintah dan larangan Allah SWT dan RasulNya, mendorong mereka untuk berbuat kebajikan serta menakut-nakuti mereka dari berbuat keburukan, dan mengingatkan mereka dengan janji-janji kebaikan serta ancaman-ancaman Allah Subhannahu wa Ta’ala. Kemudian duduk sebentar.
4) Khutbah kedua: Khatib memulai khutbahnya yang kedua dengan hamdalah dan pujian kepadaNya. Kemudian melanjutkan khutbahnya dengan pelaksanaan yang sama dengan khutbah pertama sampai selesai.
5) Khatib kemudian turun dari mimbar. Selanjutnya muadzin melaksanakan iqamat untuk melaksanakan shalat. Kemudian memimpin shalat berjama’ah dua rakaat dengan mengeraskan bacaan
Berikut panduan tata cara ritual salat Jum'at dan bacaan khutbah dan dzikir/wirid-nya. Salat Jum'at diawali dengan khutbah Jum'at yang dapat dilakukan oleh imam salat atau oleh orang lain. Khutbah terbagi dua, khutbah pertama dan khutbah kedua yang biasanya dipisah dengan duduk sebentar. Yang prinsip, isi khutbah harus mengandung lima unsur berikut:
1. Membaca hamdalah (yaitu, alhamdulillah) disertai lafadz jalalah (lafadz Allah). Contoh:
إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
Innal hamda lillah nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruh. Wana'udzubillahi min syururi anfusina wamin sayyi'ati a'malina. Man yahdihillahu fala mudilla lah waman yudlil fala hadiya lah.
2. Membaca shalawat. Contoh:
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن
Allahumma shalli ala Muhammadad wa ala alihi wa ashabihi waman tabi'ahum bi ihsanin ila yaumiddin.
3. Berwasiat atau berpesan pada jamaah agar bertakwa.
Yang dimaksud dengan washiyat ini adalah perintah atau ajakan atau anjuran untuk bertakwa atau takut kepada Allah SWT. Dan menurut Az-Zayadi, washiyat ini adalah perintah untuk mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.
Sedangkan menurut Ibnu Hajar, cukup dengan ajakan untuk mengerjakan perintah Allah. Sedangkan menurut Ar-Ramli, washiyat itu harus berbentuk seruan kepada ketaatan kepada Allah Lafadznya sendiri bisa lebih bebas. Misalnya dalam bentuk kalimat: “takutlah kalian kepada Allah”. Atau kalimat: “marilah kita bertaqwa dan menjadi hamba yang taat”.
Contoh:
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
Ya ayyuhalladzina amanuttaqullaha hatta taqatihi wala tamutunna wa antum muslimun.
4. Membaca ayat Al Quran pada salah satu dari dua khutbah. Contoh,
فَاسْتبَقُِوا اْلخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونوُا يَأْتِ بِكُمُ اللهُ جَمِيعًا إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَئٍ قَدِيرٌ
Fastabigulkhoirot ainama takunu ya'ti bikumullahu jami'an innallaha ala kulli syai'in qodir.
Berdo'a dengan segala hal yang bersifat ukhrowi (keakhiratan) pada waktu khutbah kedua.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ. رَبّنَا لاَتُؤَاخِذْ نَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلََى اّلذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبّنَا وَلاَ تًحَمّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ. رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. والحمد لله رب العالمين
BACAAN BILAL JUM'AT
Sebelum khatib menaiki mimbar untuk khutbah, acara dimulai dengan majunya bilal dengan membaca bacaan berikut:
مَعَاشِرَ الُمسْلِمِين وَزُمْرَةَ المُؤْمِنِينَ رَحِمكُمُ اللَه رُوِيَ عَنُ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله ُعَنْه أَنَّهُ قَال قَالَ رَسُولُ اللِه صَلّيَ اللهَ عَلَيهِ وَسَلَم إذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الُجمعَةِ أَنْصِتْ وَالإمَامُ يَخطُبُ فَقَدْ لَغَوت (أَنْصِتُوْا وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا رَحِمَكُمُ الله (2x أَنْصِتُوا وَاسْمعُوا وَأطِيْعُوْا لَعَلَكُمْ تُرْحمَون
Setelah bilal selesai membaca kalimat di atas, khotib berjalan menuju mimbar. Setelah khatib sampai di mimbar, bilal kemudian menghadap qiblat dan melanjutkan dengan bacaan doa seperti di bawah ini (posisi khotib tetap berdiri menghadap jamaah) :
اَللَهُمّ صَلِّ عَلَي سَيّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحمّدٍ وَعَلَي أَلِ سَيّدِنَا مُحمَدٍ. اللَهُمَّ قَوِّ اِلاسلامَ وَالِايمَان, مِنَ المُسْلِمِينَ وَالُمسْلِمَات , والمُؤْمِنِين وَالُمؤْمِنَات , وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِدِالِدين , وَاخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالخَيْر , ويَا خَيْر النَاصِرينِ برَحْمَتِكَ يااَرْحَمَ الرَاِحِمين
· Setelah bilal selesai membaca doa di at`s, khotib mengucapkan salam dan kemudian duduk di mimbar. Bilal kemudian mengumandangkan adzan. Selesai adzannya bilal, kemudian khatib berdiri dan memulai khutbahnya.
· Khatib menyampaikan khotbahnya dengan dua kali khotbah diselingi dengan duduk di antara dua khotbah.
· Pada saat khotbah dibacakan, jamaah memperhatikan dengan khusuk, tidak bercakap-cakap, meskipun suara khotbah tidak terdengar.
· Setelah selesai khotbah, muazin mengumandangkan iq±mah, sebagai tanda di mulainya salat Jumat.
· Jamaah bersiap-siap untuk melaksanakan ¡alat Jumat.
· Sebelum salat dimulai, imam hendaknya mengingatkan makmum untuk merapatkan dan meluruskan saf serta mengisinya yang masih kosong.
· Imam memimpin salat Jumat berjamaah dua rakaat.
NIAT SALAT JUM'AT
Selesai khutbah, tiba waktunya salat Jum'at. Niatnya sebagai berikut:
a. Niat salat Jum'at bagi makmum:
أُصَلِّي فَرْضَ الُجْمَعةِ رَكْعَتَيْن أَدَاءً مُسْتَقْبِلَ الِقبْلَةِ مَأمُومًا ِللهِ تَعاليَ
Ushalli fardal jum'ati ada'an mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta'ala.
b. Niat sholat Jum'at bagi Imam:
أُصَلِّي فَرْضَ الُجْمَعةِ رَكْعَتَيْن أَدَاءً مُسْتَقْبِلَ الِقبْلَةِ إمَامًا ِللهِ تَعاليَ
Ushalli fardal jum'ati ada'an mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta'ala.
Pada dasarnya pelaksanaan salat jumat sama juga dengan pelaksanaan salat lainnya, yang membedakannya hanya pada niat dan jumlah rakaatnya saja.
BACAAN WIRID DZIKIR SETELAH SALAT JUM'AT
Setelah melaksanakan salat Jum'at, disunnahkan untuk membaca bacaan wirid sebagai berikut:
a. Membaca surat Al-Fatihah 7x
b. Membaca surat Al-Ikhlas 7x
c. Membaca surat Al-Falaq 7x
d. Membaca surat An-Nas 7x
BACAAN DAN DO'A SETELAH SALAT JUM'AT
Bacaan doa setelah Jum'at terserah imam salat. Namun, dianjurkan menambah dengan bacaan doa berikut sebanyak 3x:
اَللَهُمَّ يَا غَنِيُ يَا حَمِيدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيدُ يَا رَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ أَغْنِنِي ِبحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ
Setelah membaca do'a, akhiri ritual shalat Jum'at dengan dua bait di bawah ini:
إلَهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أهْلًا وَلَا أَقْوَي عَلَي النَارِ الجَحِيْمِ فَهَبْ ِلي تَوْبَةًوَاغْفِرْ ذُنُوْبِي فَإنَكَ غَافِرُ الذَنْبِ العَظِيمِ
Artinya: Ya Tuhanku, aku bukanlah ahli surga, tapi aku juga tidak kuat berada di neraka. Karena itu, ampuni dosa-dosaku sesungguhnya Engkau maha memaafkan dosa-dosa besar.
Rangkuman
1) Hal-hal yang membolehkan untuk tidak salat jumat adalah sakit, hujan lebat, musafir, dan gangguan keamanan.
2) Hikmah melaksanakan salat jumat adalah meningkatkan ketaqwaan, meningkatkan persatuan dan kesatuan, persamaan derajat, menambah syiar agama Islam, menambah pahala, dan memupuk rasa disiplin.
Uji Kompetensi
Pilihlah jawaban yang tepat!
1) Melaksanakan salat jumat secara berjamaah hukumnya …
a. sunah b. makhruh
c. wajib d. mubah
2) Berikut ini yang termasuk hal-hal yang menghalangi salat jumat adalah …
a. lupa b. sakit
c. sibuk d. ketiduran
3) Berikut ini salat yang dikerjakan secara munfarid, kecuali
a. salat sunah rawatib ba’diyah
b. salat sunah jumat
c. salat sunah rawatib qabliyah
d. salat jumat
4) Yang tidak termasuk syarat wajib salat jumat adalah …
a. balig c. dilakukan waktu zuhur
b. berakal sehat d. Islam
5) Membangun ukhuwah islamiah merupakan salah satu … salat jumat.
a. rukun b. sunah
c. syarat d. hikmah
6) Mandi sebelum salat jumat merupakan ….
a. sunah salat jumat c. kewajiban orang Islam
b. syarat sah salat jumat d. kebiasaan di hari jumat
7) Ketentuan yang menyebabkan sahnya salat jumat merupakan pengertian dari …
a. syarat wajib salat jumat
b. syarat sah khutbah jumat
c. syarat wajib khutbah jumat
d. syarat sah salat jumat
8) Sikap kita sewaktu khutbah jumat dibacakan adalah …
a. membaca alquran
b. meluruskan saf
c. salat tahiyatul masjid
d. memperhatikan uraian dari khatib
9) Khatib mengakhiri khutbah jumat dengan doa yang ditujukan kepada …
a. dirinya sendiri
b. orang yang tidak hadir
c. kaum muslimin dan muslimat
d. orang yang hadir di masjid
10) Hukum bagi perempuan mengerjakan salat jumat adalah..
a. wajib b. sunah
c. makhruh d. mubah
11) Amalan sunah sesudah khutbah jumat …
a. mendengar khutbah jumat c. berzikir
b. salat sunah bakdiah d. meluruskan saf agar rapi
12) Perintah mengerjakan salat jumat diterangkan dalam Q.S Al-Jumah ayat …
a. 8 b. 9 c. 10 d. 11
13) Jumlah rakaat salat jumat adalah …
a. lima b. empat c. tiga d. dua
14) Setiap salat jumat pasti didahului dua khutbah, hal ini termasuk … salat jumat.
a. rukun b. sunah c. syarat sah d. syarat wajib
15) Membaca dua kalimat syahadat termasuk … khutbah jumat.
a. syarat b. rukun c. sunah d. syarat wajib
16) Ketika berpergian salat jumat boleh digantikan dengan salat …
a. subuh b. zuhur c. asar d. magrib
17) Allah memerintahkan kita untuk melaksanakan salat Jumat dan meninggalkan …
a. jual beli c. pekerjaan
b. perbuatan keji dan munkar d. sekolah
18) Jika kita bicara ketika khatib sedang berkhutbah, salat Jumat yang dilakukan akan…
a. kurang sempurna c. sah
b. sia-sia d. mendapat susah
19) Perhatikan hal-hal berikut ini:
1) Islam
2) balig (dewasa)
3) mendengarkan khutbah
4) laki-laki
Syarat sah untuk melaksanakan salat Jumat adalah …
a. 1, 2, dan 3. c. 2, 3, dan 4.
b. 1, 2, dan 4. d.1, 3, dan 4.
20). Perhatikan peryataan berikut ini.
1. Mengucapkan puji-pujian kepada Allah
2. Mengucapkan dua kalimat syahadat
3. Membaca ayat al-Qur'an pada salah satu dua khutbah
4. Di waktu Zuhur dan setelah dua khutbah.
Yang merupakan rukun khutbah adalah …
a. 1, 2, dan 3. c. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 4. d. 1, 3 dan 4
Tes Unjuk Kerja
1) Kerjakanlah salat jumat secara berjamaah! (setiap kelompok menentukan muazin, khatib, imam salat)!
2) Kelompok lain memperhatikan dan mengoreksi hasil kerja dari kelompok lain dan memberi komentarnya!
KUNCI JAWABAN KEGIATAN BELAJAR 3
Pilihan Ganda
1. Jawaban C
Hukum melaksanakan salat jumat secara berjamaah adalah wajib
2. Jawaban B
Salah satu hal yang menghalangi salat jumat adalah sakit sehingga tidak bisa melaksanakan salat jumat secara berjamaah.
3. Jawaban D
Salat jumat dikerjakan secara berjamaah tidak boleh dilakukan secara munfarid
4. Jawaban C
Dilakukan waktu zuhur merupakan syarat sah mendirikan salat jumat
5. Jawaban D
Salah satu hikmah mengerjakan salat jumat adalah Membangun ukhuwah islamiah
6. Jawaban A
Salah satu sunah yang dilakukan sebelum salat jumat adalah mandi sehingga kelihatan bersih, memakai baju yang bersih dan memakai wangi-wangian
7. Jawaban D
Syarat sah salat jumat adalah ketentuan yang menyebabkan sahnya salat jumat
8. Jawaban D
Agar salat jumat tidak sia-sia maka sikap kita sewaktu khutbah jumat dibacakan harus diperhatikan uraian yang disampaikan oleh khatib jumat
9. Jawaban C
Doa yang dibacakan oleh khatib ditujukan kepada kaum muslimn dan muslimat
10. Jawaban D
Perempuan tidak diwajibkan melaksanakan salat jumat akan tetapi boleh melakukannya.
11. Jawaban D
Salah satu amalansunah sesudah mendengarkan khutbah jumat adalah meluruskan saf agar rapi
12. Jawaban B
Surat jumah ayat 9 merupakan perintah melaksanakan salat jumat
13. Jawaban D
Jumlah rakat salat jumat adalah 2 rakaat.
14. Jawaban C
Salah satu syarat sah mendirikan salat jumat adalah didahului dengan dua khutbah
15. Jawaban B
Salah satu rukun khutbah jumat adalah membaca dua kalimat syahadat
16. Jawaban B
Bila berpergian salat jumat bisa digantikan dengan melaksanakan salat zuhur sebanyak 4 rakaat.
17. Jawaban A
Dalam surat Jumah ayat 9 Allah memerintahkan salat jumat dan meninggalkan jual beli.
18. Jawaban B
Ketika khatib sedang berkhotbah, tidak boleh berbicara satu katapun. Berkata-kata saat khotbah berlangsung menjadikan ¡alat Jumat sia-sia.
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jumat, ‘diamlah, dan khatib sedang berkhotbah! ”Sungguh engkau telah berkata sia-sia.” (H.R. Bukhari Muslim)
19. Jawaban B
Syarat sah untuk melaksankan salat jumat adalah Islam; balig (dewasa) dan laki-laki. Sedangkan mendengarkan khutbah merupakan syarat sah mendirikan salat jumat
20. Jawaban A
Yang termasuk rukun khutbah yaitu mengucapkan puji-pujian kepada Allah; mengucapkan dua kalimat syahadat; dan membaca ayat al-Qur'an pada salah satu dua khutbah. Sedangkan di kerjakan pada waktu Zuhur dan setelah dua khotbah merupakan syarat sah mendirikan salat jumat.
Kriteri Penilaian tes unjuk kerja dalam melaksanakan salat jumat
No
Indikator
Deskriptor
Skor
1
Bacaan-bacaan, baik bacaan rukun maupun sunah
1) Sangat baik-sempurna; bacaan rukun maupun sunah lancar, fasih dan benar tanpa melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
2) Cukup baik; bacaan rukun maupun sunah lancar, kurang fasih dan benar dengan melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
3) Sedang-cukup; bacaan rukun maupun sunah kurang lancar, fasih dan benar dengan melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
4) Sangat-kurang; bacaan tidak lancar (tidak menguasai perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam), tidak layak dinilai
41-50
31-40
21-30
10-20
No
Indikator
Deskriptor
Skor
2
Gerakan-gerakan rukun
1) Sangat baik-sempurna; gerakan rukun lengkap dan tertib tanpa melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
2) Cukup baik; gerakan rukun kurang lengkap dan tertib dengan melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
3) Sedang-cukup; gerakan rukun kurang lengkap dan tertib dengan melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
4) Sangat-kurang tidak tertib (tidak menguasai perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam), tidak layak dinilai
27-30
22-26
17-21
10-16
3
Kekhusyukan/ tumakninah/ penghayatan
1) Sangat baik-sempurna; khusyuk dan menghayatinya tanpa melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
2) Cukup baik; khusyuk dan menghayatinya tetapi dengan melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
3) Sedang-cukup; khusyuk dan menghayatinya tetapi dengan melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam
4) Sangat-kurang tidak menghayati perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam, tidak layak dinilai
18-20
14-17
10-13
5-9
Skor akhir = skor perolehan x 100
Skor maksimal (100)
Aspek pskomotor = skor akhir x 40%
Nilai akhir = aspek konitif (a x 30%) + aspek afektif (b x 30%) +
aspek psikomotor (c x 40%)
DAFTAR PUSTAKA
Alquranulkarim
Chamdun dan Muallimi, Buku Pelajaran Fiqih 1b, Jakarta: Depag RI Direktoral Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2002.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
Mudarif, Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Jakarta: Yudhistira, 2010.
Suali dan Nasikhin, FIQIH 1a, Semarang: Aneka Ilmu, 2005.
http://belajar0k3.wordpress.com/2011/04/04/shalat jumat- smp-kelas-vii/
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar