kinasih

Jangan tinggalkan pekerjaan detik ini untuk nanti. Bersegeralah!...

Selengkapnya
Navigasi Web
PASIGALA

PASIGALA

Bismillah.....

APAKAH KAU INGIN TAHU KOTAKU ???

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kau tahu dengan nama kotaku???

Sejak kapan kau mengetahuinya?

Sejak lamakah?

Apa sejak Pasha "Ungu" menjadi wakil Walikotanya...

Tahukah kamu? kotaku dijuluki "Mutiara di Khatulistiwa" sangking indahnya teluk dan pegunungannya yg biru nan hijau...

Tempat melintasnya gerhana bulan dan matahari dengan sempurna...

Tempat melintasnya pula garis Khatulistiwa dengan indahnya...

Negeri 3 dimensi, karena dapat dinikmati keindahannya dari laut, gunung dan daratan...

Negeri penghasil kerajinan Kayu Hitam "eboni" terbaik dunia....

Jika kau tahu kotaku...

Dari mana kau mengetahuinya?

Dari prestasinya kah? ...

Dari temanmu kah? ...

Atau dari viralnya musibah gempa dan tsunami yg meluluhlantakkan rumah-rumah penduduk hingga menyeruduk ke dasar bumi, dengan meninggalkan korban jiwa yg tidak sedikit minggu kemarin???....

Kau tahu ???

Nama kotaku, Palu 🔨 ....

Nama yg bukan hanya sekedar istilah...

Mungkin kau sudah mengenalnya lama jika hanya sekadar istilah. Karna disamping keunikan namanya yg tak biasa, kau juga akan menyangkanya jika kotaku adalah penghasil kerajinan 'palu' sama seperti sangkaanku ketika masih kecil dahulu...

Tapi setelah dewasa, saya jadi tahu jika nama kotaku bukan sekedar istilah...

Di sinilah orang-orang kuat terbentuk...

Dan sekarang kami sedang dikuatkan, ditempa dari luar dan dalam lewat bencana gempa dengan kekuatan 7,4 skala richter...

Keimanan dan kesabaran kami tengah diuji oleh sang Maha Perkasa Allah swt.

Kakek nenek ayah ibu anak saudara dan teman dipisahkan dengan satu kataNya "Kun" maka "Kullu man 'alaihaa faan" semua yg bernyawa lenyap seketika...

Ada yg tenggelam di dasar bumi...

Ada yg tersapu di atas bumi...

Ada pula yg terseret di atas air bah...

Dilarung ke laut dengan percuma...

Sedih, haru, takut, trauma, haus, lapar, perih, sakit bukanlah menjadi pilihan kami...

Apakah kalian tahu???

Kami sudah akrab dengan gempa sejak lama.

Bahkan asal muasal nama kota Palu adalah "Topalu'e" yg berarti "Tanah yang Terangkat". Karena konon menurut tutur tetua kampung, daerah kami awalnya adalah lautan. Karena terjadi gempa dan pergeseran lempeng (Palu Koro) sehingga daerah yg tadinya lautan tersebut terangkat dan membentuk daratan lembah yg sekarang menjadi kota kami...

Bahkan menurut data statistik BNPB...

Daerah kami sudah mengalami beberapa kali bencana gempa dan tsunami.

Terhitung sejak:

1 Desember 1927

30 Januari 1930

14 Agustus 1938

1 Januari 1996

11 Oktober 1998

24 Jamuari 2005

17 November 2008

10 Agustus 2012

12 Januari 2015

28 September 2018

Kami tahu betul...

Bahwa kami hidup di atas cincin api yg sewaktu-waktu akan melenyapkan kami dalam hitungan detik...

Tapi hidup adalah pilihan..

Di sinilah tanah leluhur kami...

Di sinilah nasib menyeret kami untuk bertahan hidup dengan kearifan lokal masyarakatnya.

Disinilah Allah mentakdirkan hidup dan mati kami...

Memberikan contoh kepada dunia dari lembah dan teluk yg kecil ini, bahwa tak ada yg bisa melawan kehendakNya jika Ia Sang Maha Gagah Perkasa ingin menegur Negeri ini, bahkan Dunia ini, untuk kembali pada kehendakNya dan aturanNya lewat agama Samawi...

Jadi berhentilah kawanku...

Berhentilah membuat berita2 yg kau tidak ketahui sebab musababnya musibah yang menimpa kota kami..apalagi menghubung2kan dengan hal-hal yg tidak bermoral. Kami sudah terluka...air mata kami telah habis...bahkan keringat kami pun tak menghasilkan air kecuali uap yg terbang menguap ke udara, bercampur dengan bau amis bangkai saudara2 kami yg tertimbun dengan deritanya di perut bumi..

Sekarang kami memanggil....

Memanggil siapa saja yg terpanggil hatinya. Seperti seruan sahabatku...

Ini soal: KEMANUSIAAN

Kami tidak butuh identitas, agama, warna, dapil atau siapa pilihan Presidenmu!

Ini tentang apakah kau manusia atau bukan...

Kami masih sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan kalian.

Datanglah dengan ikhlas kepada kami...

Seperti kamu mendatangi saudara kandungmu sendiri...

Kami masih kedinginan di malam hari,

Kelaparan dan kehausan masih menjadi momok yg menakutkan bagi kami...

Bantulah aparat keamanan, medis, logistik sembako dan BBM yg sudah bekerja siang malam demi menyelamatkan kami...

Kami tahu...pemulihan ini mebutuhkan waktu yg tidak cepat. Masih terbuka kesempatan yg panjang untuk proses pemulihan..

Berhentilah saling menghujat...

Berhentilah saling menyalahkan...

Marilah bersatu untuk Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya.

Semoga Allah swt. membalas amal kebajikan kita semua...

"PRAY FOR PALU, DONGGALA dan SIGI"

Wassalam🙏

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semuanya adalah ujian semoga Palu, Sigi, dan donggala dapat segera diatasi oleh semua pihak dengan ketulusan dan keikhlasan tanpa pamrih atas kemanusiaan

13 Oct
Balas

13 Oct

Semoga Allah memudahkan semuanya, dan Palu, SIgi dan Donggala akan kembali pada keindahan dan kejayaannya, musibah adalah sunatullah, mari kita hadapi dengan sabar, ihlas dan tawakkal karena Allah, untuk ibu Kinasih dan warga Pasigala semuanya

13 Oct
Balas

13 Oct

Semoga Allah memberikan kesabaran dan ketabahan Bunda....kami di Bantul juga pernah merasakan gempa yang luar biasa, meluluhlantakkan semua. Dan tak mudah menghilangkan trauma yang ada..salam literasi..smoga Pasigala segera bangkit...masa depan menanti kita...semangat Bunda...

13 Oct
Balas

13 Oct

13 Oct

Semoga saudara-saudaraku diberi kekuatan dan kesabaran menghadapi ujian ini. Selalu ada berjuta hikmah yang Allah titipkan dari setiap ujian yang diberikan-Nya. Semoga kita tetap selalu dalam lindungan dan ridho-Nya. Doa dari kami, saudara-saudaramu di Medan. Untuk bunda, salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

13 Oct
Balas

Terimaksih, ☺️

13 Oct



search

New Post