Jandris SKY

Lahir di Jakarta, 20 Januari 1973. Sarjana S1 Jurusan Teknik Mesin. Dengan motto : " bersyukur dalam segala hal " Buku antologi puisi yang telah terbit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Pemula 2018
Hotel Maharadja, 6-8 Juni 2018

Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Pemula 2018

" INOVASI PEMBELAJARAN (INOBEL) PEMULA 2018 "

Oleh: Jandris Slamat Tambatua

Lomba ini berawal dari Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran, pada tahun 2015 diganti menjadi LOMBA INOBEL. Lomba ini dibuka untuk guru dengan mendaftarkan proposal penelitiannya dengan cara online.

Tahapan kegiatannya proposal dinilai secara online oleh tim penilai selanjutnya akan menghasilkan daftar peserta yang sudah terangking secara otomatis dan diambil sesuai dengan anggaran, selanjutnya ditetapkan sebagai peserta Workshop Pendampingan, tujuan dari workshop ini adalah untuk menghasilkan karya inobel yang berkualitas atau sesuai dengan kaidah akademik.

Tahun 2018 ini berkesempatan dipanggil ke jakarta sebanyak 400 orang guru yang beruntung dan akan memperebutkan tempat grand final sebanyak 100 orang di Jakarta. Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran.

Suatu inovasi yang dapat membantu memcahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21.

Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran. Lomba Inobel Pemula adalah lomba yang diikuti oleh guru SMA, SMALB dan SMK dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif.

Karya inovatif tersebut diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik dan lomba ini ditujukan bagi guru yang belum pernah mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah.

Dalam proses belajar mengajar fungsi media pembelajaran tidak hanya sebagai alat bantu yang digunakan guru, akan tetapi juga sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pesan kepada anak didik.

Manfaat penggunaan dari media pembelajaran adalah membangkitkan motivasi siswa, dengan menggunakan media pembelajaran siswa dapat mengulangi apa yang telah mereka pelajari, media pembelajaran dapat merangsang siswa untuk belajar dengan penuh semangat, media pembelajaran dapat lebih mengaktifkan adanya respon dari siswa, dengan menggunakan media pembelajaran dapat diharapkan adanya umpan balik dengan segera.

Diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran tentunya dapat mempertinggi nilai proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya dapat mempertinggi hasi belajar yang dicapainya.

Guru diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.

Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran maka diperlukan berbagai upaya.

Salah satu upaya yang dapat meningkatkan motivasi guru untuk selalu mengembangkan diri adalah melalui Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Pemula Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Hotel Maharadja tanggal 6-8 Juni 2018.

@jandrisslamattambatua

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat menginspirasi

11 Jun
Balas

Siap Pak Hadiyanto Saputra, kmrn satu bimtek PP dan inobel pemula juga..

12 Jun

Mantap Pa...

11 Jun
Balas

Siap Pak Ahmad...

12 Jun



search

New Post