Jandris SKY

Lahir di Jakarta, 20 Januari 1973. Sarjana S1 Jurusan Teknik Mesin. Dengan motto : " bersyukur dalam segala hal " Buku antologi puisi yang telah terbit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kejujuran Merupakan Kunci Sukses Pendidikan di Sekolah

Kejujuran Merupakan Kunci Sukses Pendidikan di Sekolah

" KEJUJURAN MERUPAKAN KUNCI SUKSES DALAM PENDIDIKAN DISEKOLAH "

Oleh : Jandris Slamat Tambatua

Kata kejujuran berarti setia atau jujur, jujur adalah kebijakan terbaik dan kualitas terbaik yang harus dimiliki oleh setiap orang. Semua orang akrab dengan kata ini tetapi tidak begitu terbiasa untuk didengarkan. Tidak ada metode yang sempurna untuk menguji suatu nilai kejujuran akan tetapi semua itu dapat kita rasakan..

Kejujuran dalam diri seseorang menunjukkan refleksi kebaikan pikiran serta budi pekerti mereka. Hal ini dapat membantu stabilitas dalam hidup dan banyak kebahagiaan. Kejujuran memberi kepercayaan pada orang-orang dan mereka dapat dengan mudah memenangkan kepercayaan orang lain dimasyarakat.

A. Apa itu Kejujuran?

Kejujuran berarti setia dan jujur kepada siapa pun dalam segala kondisi. Ini adalah tindakan berbuat baik dengan mengetahui apa itu kebenaran universal dalam situasi apa pun tanpa kekuatan siapa pun. Ini adalah cara untuk melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain dengan perilaku tanpa pamrih. Orang-orang menunjukkan bahwa mereka jujur tetapi dalam kenyataannya, mereka tidak dan mereka menipu orang-orang dengan mengambil kepercayaan orang lain. Kejujuran adalah benar-benar suatu kebajikan yang menunjukkan kualitas terbaik dari seseorang.

B. Manfaat Kejujuran

Manfaat Kejujuran bagi seseorang adalah sebagai berikut :

Kejujuran membawa kesehatan dan kebahagiaan yang baik. Bersikap jujur kepada siapa pun membuat pikiran bebas dari kekhawatiran, ketegangan, dan stres karena terjebak dalam hal-hal yang salah dan karena berbohong. Jadi kejujuran menjauhkan diri dari kehidupan yang penuh stres dan beberapa penyakit seperti tekanan darah, sistem kekebalan tubuh yang lemah, diabetes, dll. Dengan bersikap jujur kita bisa mendapatkan niat baik dan energi positif dalam tubuh dan pikiran. Orang jujur benar-benar dicintai, dihormati, dipercaya dan dipedulikan oleh orang lain dalam keluarga dan masyarakat. Kejujuran membantu membuat tempat yang lebih baik di hati, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Ini membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang yang positif. Menghilangkan semua pikiran negatif dari pikiran dan meningkatkan kesehatan mental. Orang jujur dengan mudah menarik dan mempengaruhi orang lain terhadap. mereka.

Seberapa jujur kita tentang diri sendiri? Lihatlah. Apakah orang lain tahu apa yang anda pikirkan atau bagaimana perasaan anda? Apakah kamu tahu? Bisakah anda membeberkan dan membongkar kelemahan anda?, dasar emosional, reaksi anda?

Kapasitas untuk jujur secara jujur kepada diri sendiri adalah elemen yang konsisten pada orang-orang yang sangat sukses. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki kapasitas untuk berterus terang dengan cara ini. Bukannya mereka melakukan ini dengan sengaja. Mereka hanya tidak menyadari diri mereka sendiri sampai pada kedalaman yang mengungkapkan sumber pemikiran dan perilaku mereka. Sederhananya, mereka tidak sadar diri dan sedang lupa dengan keadaannya.

Orang yang tidak sadar akan dirinya sendiri tidak tahu bagaimana terlibat secara efektif dengan motivasi batinnya. Mereka tidaklah menyadari bahwa setiap apa yang dipikirkan memiliki emosi yang melekat. Mereka tidak tahu mengapa melakukan hal yang tak jujur. Mereka tidak tahu mengapa bahkan terkadang mengatakan hal-hal yang mereka katakan.

Mereka tidak sadar, bahkan tidak sadar ke area-area yang menyebabkan perilaku merusak dirinya sendiri. Tidak sadar penyebab mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Mereka tidak tahu mengapa mereka lakukan hal seperti itu.

Ketika orang tidak sadar siapa mereka, mereka tidak mengerti apa yang mendorong mereka melakukannya. Hal ini karena mereka tidak melakukan instropeksi diri, mengajukan pertanyaan seperti, "Siapakah saya? Mengapa saya melakukan hal-hal itu? Mengapa saya mengarang-ngarang ketika saya tahu itu tidak benar? Mengapa saya membesar-besarkan? Mengapa saya mencoba untuk mengesampingkan? Mengapa saya mengatakan hal-hal itu dalam hubungan saya ketika berpikir dan merasakan sesuatu yang sama sekali berbeda? Tanpa mengetahui mengapa mereka melakukan apa yang dilakukannya, tanpa introspeksi diri apa pun, mereka menjadi orang yang tidak berdaya untuk berhenti melakukan semua kecurangan yang dilakukannya.

Orang-orang sukses tahu diri akan diri mereka sendiri, dalam diam dan termenung cara yang mendalam ditengah instropeksinya sendiri. Mereka tentu tahu apa yang menyebabkannya. Mereka tahu apa yang mereka lakukan secara otomatis ketika mereka menemui masalah. Mereka dapat mengenalinya sebelum memegangnya dan mereka dapat memilih respons lain.

Kita dapat dengan cepat mengatakan siapa yang akan berhasil sebagai seorang pendidik hanya dalam percakapan awal. Jika orang yang saya ajak bicara adalah orang yang mengungkapkan dirinya, jika merasa kuat didalam diri mereka sendiri, jika mereka tidak mencoba untuk melakukan sesuatu hal yang negatif , maka kita akan tahu bahwa kita akan keluar sebagai pemenang. Ini adalah cermin dari watak orang-orang yang tidak berbohong kepada anda atau diri mereka sendiri, yang dapat membuat dan menjaga komitmen serta bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya . Untuk mencapai kesuksesan, anda harus jujur terutama dengan diri sendiri. " Prestasi itu penting, tapi Jujur yang Utama "

©jandrisslamattambatua

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju Pak, orang yang sukses adalah orang yang tahu keadaan dirinya sendiri yaitu orang yang selalu introspeksi untuk lebih mengenal siapa dirinya itu.

10 Apr
Balas

Terima kasih Pak arif febriadi..

10 Apr



search

New Post