Jauhari,S.Pd.I

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Problem MI Swasta Dalam Menghadapi UM

Problem MI Swasta Dalam Menghadapi UM

Oleh: Jauhari,S.Pd.I

#Hari Ke 16

Memasuki semester genap di tahun ajaran 2020-2021, beredar surat pemberitahuan dari SK Dirjen Pendis Nomor 247 Th 2020 perihal pelaksanaan Ujian Madrasah atau yang lebih populer UM,akan di serahkan ke satuan pendidikan masing-masing,mulai dari pembuatan kisi-kisi soal, begitu pula soalnya.

Di satu sisi kebijakan tersebut memang baik bagi sekolah yang memiliki SDM mumpuni,yang sudah terbiasa membuat administrasi sekolah yang didalamnya termasuk membuat kisi-kisi soal,Prota, Promes,RPP, Silabus dan soal ujian.

Namun teramat berat bagi sebuah madrasah yang ada di pelosok, ditambah lagi tak mempunyai SDM secara merata kemampuannya, jangankan membuat administrasi sekolah,kelas tidak kosong itu sudah luar biasa.

Teramat berat bagi guru yang sudah di beritugas mengajar, mendidik,serta kegiatan non pendidikan lainnya,ketika ada tambahan kewajiban membuat kisi-kisi ujian Sekolah atau Ujian Madrasah.

Memang ada solusi lain yang bisa dilakukan bagi sekolah madrasah yang terkendala keterbatasan SDM, dengan sharing kemadrasah lainnya,atau sharing pada forum KKG/MGMP.

Akan tetapi menurut saya pribadi seharusnya dilakukan sosialisasi kepada seluruh satuan pendidikan madrasah se- Nusantara, khususnya bagi madrasah yang berada di pelosok, untuk mendengar kendala apa yang dihadapi jika peraturan pemerintah ini diberlakukan.

Alangkah baiknya apabila ada sebuah keputusan, sebelum keputusan itu final, disosialisasikan terlebih dahulu kepada pihak terkait, supaya keputusan tersebut dapat dipahami dan diterima dengan senang hati. Salam semangat untuk guru se-nusantara.

Salam Literasi Pemula

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sebuah perbedaan antara sekolah di kota dan desa ya pak, kendala di kota dn desa tentu berbeda pula. Nice

03 Feb
Balas

Ya betul sekali, tetap semangat memberikan energi positif ke penjuru negri khususnya di dunia pendidikan

03 Feb

Perjuangan yang tidak mudah ya pak. Semoga akan terbayar oleh kualitas alumni madrasah yang hebat

03 Feb
Balas

Aamiin ya rabba

03 Feb

Ada banyak kendala yah Pak. Mungkin dengan sosialisasi yang lebih intens terlebih lembaga di bawah Kemenag yang terbiasa soal semester saja beli dari KKM. Apalagi yang swasta Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik

03 Feb
Balas

Ya Bu Siti, terimakasih sudah selalu mampir

03 Feb



search

New Post