Jazuli

jazuli lahir di Kabupaten Demak Jawa Tengah, melanjutkan perjalanan ke Kota Batam setelah lulus MAN 01 Semarang tahun 1999, sejak 2014 aktif sebagai Anggota Kom...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kekayaan Budaya Indonesai

Kekayaan Budaya Indonesai

Hari ke- 9

# Tantangan Gurusiana

Oleh: Jazuli

Bangsa Indonesai merupakan Negara yang di kenal dengan bebagai macam suku, adat, budaya, keagamaan, sehingga melahirkan berbagai macam tradisi kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat setempat. Peninggalan nenek moyang tersebut patut kita lestarikan yang mana dapat memberikan dampak sebuah kebaikan bagi kita semua.

Contohnya tradisi diwilayah kami yaitu Kabupaten Demak yang kita kenal dengan kota wali, yang mana kita kenal kota bersejarah yaitu kerajaan islam pertama di pulau jawa yang mempunyai maksud untuk penyebaran agama islam. Dimana sampai sekarang memiliki sebuah tradisi kalau kamis sore atau untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, masyarakat pada berbondong – bondong datang berziarah ke makam – makam leluhur atau keluarga yang telah duluan meninggal dunia, serta para waliyullah yang dianggap mempunyai jasa terhadap Bangsa, Negara dan Agama. Disitu masyarakat pada membaca yasin dan tahlil serta mendoakan kepada leluhur yang sudah wafat mendahului kita.

Selain itu tradisi yang tidak pernah dilupakan kepada masyarakat Indonesia dan sudah menjadi kepribadian masyarakat kita yaitu tradisi gotong royong. Dimana gotong royong mempunyai nilai – nilai tersendiri yaitu sebuah kerja sama untuk mencapai sesuatu yang menjadi tujuan serta dilakukan bersama – sama tanpa mengharapkan imbalan sesuatu dengan harapan cepat tercapai yang diinginkan.

Sebagai contoh kemaren selasa 23 Februari 2021, kami bersama – sama membantu bergotong royong mendirikan sebuah rumah milik sahabat kita siswanto. Rumah tadi terbuat dari rangkaian kayu yang sederhana serta masih berlantaikan tanah yang rencananya setelah jadi akan disewakan kepada orang lain serta akan dimanfaatkan untuk ternak ayam ataupun untuk pembibitan jamur merang.

Perilaku gotong royong harus selalu ditanamkan dalam diri kita dan anak cucu kita serta lapisan masyarakat, agar bisa selalu memupuk rasa persaudaraan makin erat dan saling mengenal satu dengan yang lainya, sehingga dapat menciptakan suasana yang damai, aman, tentram dan menyenangkan.

Batam, 24 Februari 2021

# Salam Literasi

# Tetap Semangat

# Selalu Tersenyum

# Tetap Istiqomah dan Ikhlas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post