Jazuli

jazuli lahir di Kabupaten Demak Jawa Tengah, melanjutkan perjalanan ke Kota Batam setelah lulus MAN 01 Semarang tahun 1999, sejak 2014 aktif sebagai Anggota Kom...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kenapa Manusia Butuh Motivasi

Hari ke- 36

# Tantangan Gurusiana

Oleh: Jazuli

Manusia sebagai makluk sosial yang selalu akan membutuhkan orang lain sehingga tidak bisa hidup sendiri. Apalagi dalam kehidupan di lingkungan masyarakat yang nota bandnya selalu berinteraksi dengan yang lainya, baik tetangga kanan kiri, sesama jamaah di masjid maupu kegiatan – kegiatan yang lainya.

Motivasi berasal dari bahasa Latin "movere", yang berarti menggerakkan. Menurut Weiner (1990) motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris "motivation" yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan.

Dari serangkain pengertian para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut. https://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi

Sembari dengan adanya tantangan guru siana ( Tagur ) media guru menulis setiap hari tanpa henti, ini juga merupakan Motivasi untuk kita, karena apa ?,. karena menulis selain bisa merubah perasaan kita menjadi goresan pena yang nantinya bisa bermanfaat untuk orang lain, selain itu juga bisa menyampaikan unek – unek yang tersembunyi dalam sanubari kita. Walaupun sekarang sudah tidak pakai goresan pena ( tulisan tangan pakai pena ) karena sudah ada teknologi yang canggih yaitu Komputer, tetapi bahasa goresan pena selalu melekat di sanubari kita semua.

Mengikuti tantangan guru siana di media guru memang menyenangkan, selain kita berekspresi dalam tulisan, kita juga akan mendapatkan sertifikat setiap tahapannya, yang mana ada beberapa tahapan yaitu tantangan menulis selama 30 hari tanpa putus, 60 hari dan 90 hari dan bahkan mungkin sekarang ada yang lebih lagi. Sertifikat memang mempunyai daya tarik yang sangat luar biasa, selain sebagai sebuah penghargaan dalam diri manusia, juga bisa memotivasi dalam diri kita untuk selalu berkarya.

Motivasi merupakan sumber kekuatan bagi diri kita, diibaratkan bahan bakar yang bisa di gunakan untuk memacu semangat kita dalam proses mencapai cita – cita dan harapan. Walaupun dalam perjalanan ada batu – batu kecil yang menghalangi, namun kalau kita masih punya motivasi insa Allah akan tetap sampai tujuan. Yakin Usaha Sampai.

Batam, 23 Maret 2021

# Salam Literasi

# Tetap Semangat

# Selalu Tersenyum

# Tetap Istiqomah dan Ikhlas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post