Jazuli

jazuli lahir di Kabupaten Demak Jawa Tengah, melanjutkan perjalanan ke Kota Batam setelah lulus MAN 01 Semarang tahun 1999, sejak 2014 aktif sebagai Anggota Kom...

Selengkapnya
Navigasi Web
 Panen Cabe

Panen Cabe

Hari ke- 38

# Tantangan Gurusiana

Oleh: Jazuli

Siapa yang tek kenal dengan yang namanya Cabe atau lombok orang jawa menyebutnya ?, sebuah tanaman yang buahnya bisa di golongkan sebagai sayuran maupun bumbu dalam kebutuhan kita sehari – hari. Ada berbagai macam buah cabe, diantaranya cabe hijau, cabe merah, cabe rawit serta cabe hijau panjang. Dimana cabe mempunyai rasa pedas yang sangat popular di lidah warga bangsa Indonesia.

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung. https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai

Sebenarnya para petani di wilayah kami yaitu wilayah sungai beduk kota batam sudah agak lama tidak pada berkebun untuk bercocok tanan ataupun panen hasil perkebunan, dikarenakan musim kemarau yang hampir 3 bulan tidak hujan, sehingga mengalami kekeringan. Karena apa ?, wilayah pertanian kami hanya mengandalkan air hujan yang turun.

Terlebih lagi lokasinya yang berbukit – bukit dengan kemiringan tanah hampir 70 derajad, sehingga mengalami kesulitan dalam pengairan. Apalagi bagi para petani yang tidak mempunyai sumur atau tempat tadah air, sehingga tidak ada cadangan air ketika musim kemarau.

Tentunya setelah hampir sebulan tidak melihat kebun dikarenakan adanya kegiatan lain, hari ini kamis 25 maret 2021 menyempatkan diri untuk kembali beraktifitas di kebun dan menanam pohon cabe serta pohon buah nangka yang sudah beberapa bulan bibitnya siap untuk di tanan. Memang cuaca untuk beberapa hari ini hujan terus, sehingga bisa menyirami tanaman di kebun. Serta ada beberapa pohon cabe yang sudah di tanam sejak sebelum datangnya kemarau, sehingga pas di kebun tadi, ada beberapa pokok cabe yang sudah berbuah dan siap untuk di petik, dan akhirnya kami petik untuk kebutuhan bumbu atau sambal saat makan nanti.

Batam, 25 Maret 2021

# Salam Literasi

# Tetap Semangat

# Selalu Tersenyum

# Tetap Istiqomah dan Ikhlas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Senangnya bertanam cabe dan panen cabai di kebun sendiri

25 Mar
Balas



search

New Post