JENIKA WIDIYA

JENIKA WIDIYA, S.Pd. Merupakan Guru Bahasa Inggris dan Anggota Komunitas Guru Penulis Bekasi Raya (KGPBR). Ia menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Ingg...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kegiatan Outing Class, Perlukah?

Kegiatan Outing Class, Perlukah?

Kita bisa lihat dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem PendidikanNasio al dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untyj memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut tentu diperlukan berbagai metode dan teknik pembelajaran yang bervariasi agar proses pembelajaran tidak membosankan bagi peserta didik. Proses pembelajaran dapat berlangsung di dalam kelas ataupun di luar kelas. Proses pembelajaran di luar kelas dimaksudkan agar proses peserta didik belajar dengan mengunjungi alam nyata dan dapat mengamati objek-objek secara maksimal. Objek pembelajaran yang dikunjungi teesebut tidak terbatas pada jarak, artinya ada yang jaraknya dekat sekolah atau jauh dari sekolah.

Dari uraian tersebut maka SMPIT AQIAH memiliki program Outing Class yang dilaksanakan dikelas VII setiap tahun, karena Outing Class merupakan salah satu diantara kegiatan dan proses pembelajaran yang inovatif. Melalui kegiatan ini peserta didik dapat mengunjungi objek-objek nyata yang relavan dengan materi pembelajaran. Dengan demikian peserta didik lebih mudah menyerap pengetahuan, mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan dan mengesankan pada dirinya. Sehingga hal teesebut sangat dimungkinkan berpengaruh pada pengembangan mental dan kepribadiannya.

So, bagaimana menurut anda. Perlukah didakan Outing Class?

*Ruang guru, 14 Oktober 2019*

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Outing kelas sangat diperlukan, untuk menciptakan dinamika di kelas supaya tidak monoton siswa selalu dikelas. Itu menjadi hal yang siswa nantikan. Tulisan sangat informatif dan menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

14 Oct
Balas

Kontekstual, Buk.Oke

14 Oct
Balas



search

New Post