JOKO ISWAHYUDI, S.Pd.I, M. Pd

Nama Joko Iswahyudi, S. PdI, M. Pd Saya lulus SDN Sebani tahun 1994 dan melanjutkan MTsN lulus 1997Tapaan 1 Kota yang dekat dengan dg Jalan Raya Lalu Melanjutk...

Selengkapnya
Navigasi Web
GAGASAN & UPAYA MENUMBUH KEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN GURU
TEACHER PRENEUR SHIP

GAGASAN & UPAYA MENUMBUH KEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN GURU

TEACHER PRENEUR SHIP

(GAGASAN & UPAYA MENUMBUH KEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN GURU )

( Joko Iswahyudi )

Program Pascasarjana

Institut Pesantren KH. ABD . Chalim Mojokerto

Gmail: [email protected]

Pengantar

Secara etimologis, istilah guru berasal dari bahas india yang artinya orang tua yang mengajarkan tentantang kelepasan dari sangsara.Jadi guru dituntun untuk mampu menjalankan tugasdan peranya di dalam sekolahan dengan sebaik – baiknya,guru tidak hanya mengajar saja tetapi mendidik dan melatih pada peserta didik.Berhasil tidaknya dalam tujuan dan fungsi pendidikan nasional dapat ditentukan oleh kualitas Guru.Proses Pembelajaran di kelas merupakan Cerminan dari seorang guruyang berkualitas. Didalam Undang – Undang Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 ada 4 kompetensi yang harus dapat di kuasai oleh seorangguruYang berkwaliatas yaitu Kompetensi pedagogi, kompetensi professional, Kompetensi bersosial, dan kompetensi kepribadian manusia.

Agar dapat meningkatkan kualitas guru, sebenarnya tidak cukup hanya dengan pemenuhan kualifikasi akademik, yang dapat di buktikan dengan sertifikat pendidik saja. Tetapi untuk menjadikan guru yang berkualitas, guru harus memiliki jiwa kewirausahaan. Gagasan guru yang berjiwa dalam kewirausahaan itulah yang dapat dinamakan “TEACHER PRENEUR SHIP “. Pada hakikatnya kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. TEACHER PRENEUR SHIP akan dapat memunculkan sikap mental dan jiwa seorang guru yang selalu aktif atau kreatif, berdaya, bercipta, bekarsa, dan bersahaja dalam berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan usahanya di sekolah. Jadi Menurut saya TEACHER PRENEUR SHIP itu tidak menjadikan seorang guru sebagai pengusaha (Wiraswasta),tetapi menjadikan seorang guru yang berjiwa kewirausahaan. urgensi TEACHER PRENEURSHIP adalah dapat menumbuh-kembangkan Produktivitas guru. Dan akan dapat menciptakan seorang guru–guru baru yang tidak sukam empersoalkan masalah, tetapi lebih suka memecahkan suatu masalah. Guru yang berjiwa besar dalam kewirausahaan mempunyai 3 cara untuk meningkatkan Prestasi dalam kerja Guru :

JIWA KARAKTER SEORANG WIRAUSAHA

Karier seorang berwirausaha dapat mendukung untuk kesejahteraan masyarakat dan akhirnya dapat menghasilkan imbalan financial yang sangat konkret. Dalam wirausaha di berbagai industri dapat membantu dalam perekonomian masyarakat, dengan cara menyiadakan lapangan pekerjaan dan memproduksi barang dan jasa.ada 6 dalam karakter seorang ber wirausaha:

A. percayadiri

B. Orisinalitas

C. Berorientasi manusia

D. Berorientasi hasil kerja

E. Berorientasi masa depan

F. Berani ambil risiko

Dalam 6 karakter seorang guruyang mempunyai karakter berwirausaha dapat meningkatkan jiwa Teacher Preneur ship.

Kunci keberhasilan seorang wirausaha

Keberhasilan adalah lawan kata dari kegagalan. Sebelum kita mempelajari dalam kunci keberhasilan dalam seorang berwirausaha dan dapat menyebabkan kegagalan dalam bisnis Faktor yang dapat menyebabkan kegagalan dalam berwirausaha sebagai berikut :

a. Tidak kompeten dalam bidang manajerial, artinya seseorang wirausahayang tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola usaha bisnis

b. kurang berpengalaman, baik dalam kemampuan mengoordinasikan keterampilan dalam mengelola SDM

c. kurang dapat mengendalikan keuangan, dll.

Cirri – cirri seorang wirausaha untuk meraih ke suksesesan dalam bisnis / usaha.

memiliki Rasa percaya diri dan mandiri yang tinggi untuk mencari penghasilan pada usha kita

mampu bisa menangkap peluang yang mengguntungkan dan banyak manfaatnyaM ampu bekerja keras dan tekun untuk menghasilkan barang dan jasa Menghadapi hidup dengan harus berusaha, berdo’a, hemat, disiplin.

Etika Bisnis dalam kewirausahaan Menurut kbbi bahwa etika berasal dari kata etik, dapat diartikan sebagai kumpulan nilai yang berkenaan dengan akhlak, nilai akhlak diri kita. akhlak dapat diartikan menjadi 4 yaitu:

TECHNICALSKILL

Merupakan kompetensi Teacher Preneurship yang pertama. Di dalam kompetensi Techinical skil dapat Meliputi:

Kemampuan dalam menerapkan keahlian

Kedudukan seorang guru arti penting dalamn pendidikan. Agar untuk bisa mencerdaskan anak didiknya. Kerangka berpikir seorang guru untuk dapat melengkapi keterampilan dalam mengajar. Keterampilan mengajar merupakan keterampilan yang wajib di punyai seorang guru.

Keahlian seorang guru dapat diamati dari latar belakang pendidikannya. Jik guru mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dapat dipastikan guru tersebut bukan ahlinya. Dalam halini, kualitas pendidikan tidak akan pernah merata jika masih ada guru yang mengajar sesuai bidangnya, tetapi tidak ahli dibidangnya. Oleh karena itu, guru harus dapat memiliki kemampuan dalam menerapkan keahliannya. Keahlian berasal dari kata ahli yang berarti orang yang mahir, paham sekali di suatu ilmu. Jadi yang dapat di maksud keahlian guru adalah kemahiran guru dalam suatui lmu. Kemahiran itu dapat diperoleh melalui proses pendidikan. Dengan demikiian ada 3 cara yang dapat dilakukan oleh guru agar guru memiiki kemampuan dalam menerapkan keahlian

Mengambil program Studi sesuai denggan bakatnya

Menjadikan aktivitas berpikir sebagai manhaj kehidupannya

Merangsang kemampuan berkreasi melalui berbagai ide Dari 3 cara diatas guru akan bisa dapat mengajar pada bidang keahliannya dan bisa menguasai sepenuhnya pada materi.

Kemampuan dalam penguasaan pendekatan, metode, dan strategi untuk melaksanakan pembelajaran Pada kegiatan Guru mengajar dengan secara menonton tidak mengetahui atau tidak menguasai dalam pendekatan, metode, dan strategi untuk melaksanakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Maka dalam kegiata pembelajaran siwa menjadi menonton maka sangat membosankan bagi siswanya karena tidak ada pada perubahan pada waktu pembelajaran. Keberhasilan seseoran gguru dalam pembelajaran sangat tergantung pada kecakapan dalam menerapkan pendekatan, metode, dan strategi untuk melaksanakan pembelajaran. Jadi tidk tergantung pada pendekatan, metode, dan strateeginya karena tidak ada pendekatan, metode, dan strategi yang paling baik dan buruk untuk dapat diterapkan dala pembelajaran sehingga dapat meningkatkan atau menurukan prestasi siswa. Oleh karena itu pendekatan, metode, dan strategi tidak sekedar dipakai dalam mengajar,tetapi harus di tumbuhi ide Kreatif dan Inovatif sehingga dapat memungkinkan terjadinya pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Kemampuan mendaya gunakan media pembelajaran Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan untuk menunjang efektifitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran. Secara umum media pembelajaran dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Media pembelajaran yang bersifat mekanis seperti LCD, OHP,dan Video.

2. Media pembelajaran yang bersifat natural seperti barang – barang bekas, pepohonan, binatang,dll.

Semua media pembeljaran tersebut dapat membantu guru dalam menjalankan kegiatan pembelajaran. Masih jarang ada guru yang mendaya gunakan media pembeljarn sebagai alat untuk membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran, ada beberapa alasan yang membuat guru tidak mendaya gunakan media pembelajaran.

Media pembejaran membuat lebih report Guru lebih suka berceramah

Sekolah tidak menyediakan media pembelajaran, dll.

Namun, bagi guru yang berwawasan kewirausahaan harus memperhatikan bahwa kepuasaan dan kepentingan siswa serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi altenatif penting untuk membuat anak siswa tidak bosan dengan mata pelajaran Menumbuhkan TEACHER PRENEUR SHIP Melalui kewirausahaan social di sekolah

MENUMBUHKAN TEACHER PRENEUR SHIP MELALUI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH

Kewirausahaan social melahirkan Edupreneurship menjadi

teacherpreneurship

Entreprenueurship memiliki pengertian yang sangat luas.dan ilmu kewirausahaan dipandang untuk mencakup eksploitasi peluang – peluang yang mucul di pasar– pasar.Kegiatan kewirausahaan social dapat meliputi 3 kegiatan yaitu :

$ Tidak bertujuan mencari laba

$. Melakukan bisnis untuk tujuan Sosial

$. Perpaduan dari ketujuhan, tidak untuk mencari laba tetapi untuk mencari tujuan dalam berwirausaha.

Guru sebagai ujung tombak dibidang pendidikan yang memiliki peran yang sangat urgen dan krusial dalam merespo arus globalisasi dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus bisa memahami dampak globalisasi yang ada pada zaman sekarang. Demikian guru harus mempunyai standar kualitas pada pembelajaran di kelas, maka akan bisa menghasil kan anak didik yang berkualitas.

Implementasi kewirausahaan sosial di sekolah.

Sekolah telah pendidikan sebagai media berbenah diri dan bisa membentuk nalar pikiran yang sangat kuat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat membentuk karakter siswa dengan nilai-nilai yang luhur.sekolah bertanggung jawab menanamkanpengetahuan yang reformatif dan Transformatif dalam mebanggun bangsa yang maju dan sangat berkualitas. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang dapat di kategorikan sebagai lembaga industry yang mulia karena dapat mengembangkan misi ganda yaitu Profitsocial. Sekolah sekolah sekarang di jalankan sebagai perusahaan berbasis kewirausahaan social yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan dijaman sekarang.

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/portal-kkg-pai-kraton/home

Penutup

kewirausahaan social yang sudah berbasis sekolah islam yang di identifikasi oleh Britsh Council.

@. Pesantren wirausaha agrobisnis

@. Koperasi sekolah Sehat SDN Karanganyar II , Pasuruan

@. Koperasi sekolah produk siswa mandiri.

@. Kewirausahaan Sosial dilingkungan Sekolah

Agar bisa untuk menjadi seorang guru yang berkualitas, guru harus memiliki jiwa kewirausahaan. TEACHER PRENEUR SHIP akan dapat memunculkan sikap mental dan jiwa seorang guru yang selalu aktif atau kreatif, berdaya, bercipta, bekarsa, dan bersahaja dalam berusaha untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan usahanya di sekolah. Sorang guru yang mempunyai sifat TEACHER PRENEUR SHIP akan dapat menciptakan seorangguru – guru baru yang tidak suka mempersoalkan masalah, tetapi lebih suka memecahkan suatu masalah. Seorang Guru yang mempunyai jiwa kewirausahaan mempunyai 3 kompetensiyang pertama Teachnical skill, Conceptual skill ,dan Human Skill.

References

HidayatullohdansuadHusnan.2011.ManajemenPersonalia.Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.

Hidayatulloh,Furqon.2009.Gurusejati:Membanggun Insan berkarakter kuat dan cerdas.surakarta: Yuma Pustaka.

Irianto,YoyonBahtiar.2012.Konsepkewirausahaan, modul kewirausahaan di sekolah. Mulyasa,E.2009.Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Qozarin, Azhar,dkk.Tt. Buku Panduan Guru: Kewirausahaan Sosial Berbasis Sekolah. Dipublikasikanoleh Britsh council.

Irianto,Yoyon Bahtiar.2012.Konsep kewirausahaan,Modul kewirausahaan di sekolah

Madhi,jamal.2009.KreatifBerpikir.surakarta:Aljaded.

Purnomo,A.(2017,December5).PengertianEdupreneur.

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/portal-kkg-pai-kraton/home

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya sangat bermanfaat

20 Sep
Balas

Mantap Pak Iswahyudi, Barakallaah, salam sukses

20 Sep
Balas

Terima kasih ibu ibu Hebat, Salam literasi..

20 Sep
Balas



search

New Post