JOKO ISWAHYUDI, S.Pd.I, M. Pd

Nama Joko Iswahyudi, S. PdI, M. Pd Saya lulus SDN Sebani tahun 1994 dan melanjutkan MTsN lulus 1997Tapaan 1 Kota yang dekat dengan dg Jalan Raya Lalu Melanjutk...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS 2 SD
Media Interaktif

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS 2 SD

Perkembangan teknologi telah berkembang dengan pesat, teknologi yang dapat diartikan sebagai suatu alat yang berfungsi untuk membantu manusia dalam melakukan aktifitasnya seperti salah satunya teknologi yang dapat membantu proses pendidikan, yang tujuannya memudahkan proses belajar atau mendukung efektifitas metode pembelajaran sebuah sekolah yang menghasilkan siswa yang cerdas dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), saat ini lebih dikenal dengan Media Pembelajaran Interaktif sedikit demi sedikit menjadi alat bantu yang dapat menjadi tolak ukur untuk dapat menghasilkan metode pembelajaran yang lebih efektif terutama untuk anak Sekolah Dasar (SD).

Selama ini sistem pembelajaran yang diajarkan kepada siswa menggunakan cara manual atau menerangkan langsung kepada siswa dan kurang menarik, sehingga siswa sendiri akan lebih cepat bosan dalam belajar pendidikan agama islam. Permainan merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam tumbuh kembang anak. Pemanfaatan dan penggunaan aplikasi ini dapat menunjang proses pembelajaran terhadap anak. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran interaktif ini diharapkan semangat anak untuk belajar akan lebih terpacu dan siswa akan belajar sambil bermain sehingga mereka akan lebih merasa senang dan bersemangat dalam belajar karena materi pelajaran disajikan dalam tampilan yang menyenangkan dan dapat mempermudah proses belajar siswa dengan konsep belajar sambil bermain dan diharapkan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Game ini dibuat sebagai sarana untuk belajar Pendidikan Agama Islam anak kelas 2 SDN Karanganyar II Kec Kraton. Game tersebut dilengkapi dengan multimedia yang bertujuan agar anak lebih tertarik untuk belajar. Pembuatan game sendiri tidak bisa dikatakan mudah, karena harus mampu menguasai setidaknya bahasa pemrograman maupun instruksi yang yang digunakan dalam software tersebut.

Dalam penulisan Penelitian ini digunakan beberapa metode penelitian sebagai sarana untuk memahami objek masalah. Metode yang digunakan adalah studi literature yang merupakan studi yang mempelajari semuanya dari internet dan observasi yang merupakan suatu pengamatan langsung suatu objek yang akan diteliti dalam waktu singkat.

Penyusunan laporan ini membahas tentang perancangan pembuatan sebuah aplikasi game yang memanfaatkan software Macromedia Flash 8.0. Dengan menggunakan sarana-sarana yang ada dalam software ini, dalam pembuatan game ini harus lebih menarik dan pengguna dapat merasa terhibur dalam memainkan game selain itu game ini dapat mengasah otak anak.

“Game Edukasi adalah permainan yang dirancang atau dibuat untuk merangsang daya pikir termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan masalah” (Handriyantini, 2009). Game Edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan untuk memberikan pengajaran, menambah pengetahuan penggunannya melalui suatau media unik dan menarik, jenis ini biasanya ditujukan untuk anak-anak, maka permainan warna sangat diperkukan disini bukan tingkat kesulitan yang dipentingkan, berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan Game Edukasi adalah salah satu bentuk Game yang dapat berguna untuk menunjanh proses belajar-mengajar secara lebih menyenangkan dan lebih kreatif, dan digunakan untuk memberikan pengajaran atau menambah pengetahuan penggunaannya melalui suatu media yang menarik.

Animasi berasal dari kata “Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang- binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding. Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose. Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola.

Dari zaman ke zaman perkembangan animasi yang dahulu menggunakan media dinding berkembang menjadi kertas dan sekarang menggunakan media komputer

Berdasarkan perancangan sistem sebagaimana dipaparkan dalam bab 4 dan pembahasan implementasi game edukasi dalam bab 5 maka ada beberapa hal yang dapat disimpulkan yaitu :

a. Game edukasi ini merupakan sebuah game yang di samping bermain juga dapat digunakan untuk belajar anak.

b. Aplikasi Media Pembelajaran ini menggunakan musik, gambar dan animasi sehingga lebih menarik anak untuk belajar.

Salam Literasi

#646_Joko Iswahyudi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post