JOKO ISWAHYUDI, S.Pd.I, M. Pd

Nama Joko Iswahyudi, S. PdI, M. Pd Saya lulus SDN Sebani tahun 1994 dan melanjutkan MTsN lulus 1997Tapaan 1 Kota yang dekat dengan dg Jalan Raya Lalu Melanjutk...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN BERBASIS IT DILEVEL DI SD PADA GURU PAI
KKGPAI Kabupaten Pasuruan

PEMBELAJARAN BERBASIS IT DILEVEL DI SD PADA GURU PAI

KKPAI Kec Kraton Kab Pasuruan- Loncatan pola pembelajaran di era revolusi industri 4.0, telah beberapa tahun lalu di persiapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan di Motori Oleh KKG PAI Kab Pasuruan.

Persiapan menghadapi perubahan dalam proses belajar mengajar di berbagai lembaga pendidikan akibat gelombang teknologi informasi yang begitu masif, juga telah mulai diterapkan dan disebarluaskan.

Tidak hanya kepada para pelajar, tapi juga kepada para pendidik.

Dimana, berbagai pendidik di satuan pendidikan didorong untuk lebih mengenal berbagai model pembelajaran berbasis teknologi digital.

Tak terkecuali pada guru yang mengampu pendidikan agama Islam (PAI).

Hal ini terlihat dari kegiatan workshop yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan terkait pengayaan model-model pembelajaran berbasis teknologi digital.

Ratusan guru PAI pun diajari untuk mengenal berbagai model dengan basis digital.

Misalnya, penggunaan aplikasi Quizziz yang merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif dan digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Di aplikasi yang diperkenalkan kepada ratusan guru PAI itu, diharapkan bisa mendorong para pendidik untuk terus berkreasi dan memberikan pembelajaran kepada siswanya walaupun tanpa bertatap muka.

Dimana guru tinggal membuat soal dalam kuis di aplikasi, setelahnya bisa dipergunakan oleh para siswa untuk belajar dengan cara mengisi soal dalam kuis tersebut.

Guru hanya membuat soal dan membagikan kode ke siswa untuk login.

"Itu salah satu aplikasi yang kita berikan dalam workshop. Selain ada juga yang kita perkenalkan yaitu Schoology. Sebuah aplikasi yang bisa menampilkan materi yang bisa dipelajari dan CBT atau tes berbasis komputer," kata Bu Nyai ilmiah Ketua KKG PAI Kabupaten Pasuruan.

Ali melanjutkan, workshop pengayaan model-model pembelajaran berbasis teknologi digital tidak bisa lagi diabaikan oleh para pendidik.

Zaman terus berubah dan pola pembelajaran pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

"Guru PAI juga harus menguasai sarana mengajar berbasis IT. Pembelajaran tidak hanya teks, tapi juga bisa memanfaatkan audiovisual dan media digital. Kalau tidak kita akan ketinggalan jauh," ujarnya.

Berbagai upaya meningkatkan kemampuan para pendidik di Kabupaten Pasuruan terkait penguasaan teknologi informasi berbasis digital itu diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Dr H.Iswahyudi, M.Pd

Dr.H.Iswahyudi, M.Pd menyatakan, peran teknologi informasi memang tidak bisa dibendung lagi dewasa ini.

"Karena itulah, teknologi ini harus kita kuasai untuk kepentingan yang baik. Sebagai pendidik tentunya teknologi kita jadikan alat untuk proses pengajaran kepada siswa," ucapnya.

Terkait perubahan pola-pola pembelajaran itulah, dirinya sangat mendukung setiap kegiatan yang bertujuan untuk semakin menguatkan dan meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam teknologi informasi saat ini.

"Dinas Pendidikan telah memulainya cukup lama. Sehingga, kegiatan yang dilakukan KKG PAI sebagai wujud untuk menyebarkan dan menguatkan pemahaman agar merata di seluruh guru," ujarnya yang mengatakan kegiatan tersebut dilakukan secara Serempak, yaitu tanggal 09 - 10 Maret 2020 dilaksanakan di Aula DInas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, dilanjutkan tgl 11 Maret 2020 dilaksanakan di SDN Tambakrejo Kec Kraton Kab Pasuruan.

Workshop model pembelajaran berbasis teknologi digital kepada para guru sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Pasuruan dengan jumlah sekitar 63 rang. Ternyata, juga tidak membuat para guru PAI mengalami kesulitan.

Bahkan, rata-rata peserta memahaminya cukup cepat dan ebilang familiar.

"Media digital yang diperkenalkan ini memang sudah banyak dijalankan di berbagai lembaga sekolahan. Sehingga peserta tidak terlalu mengalami kendala," ujar Chomar Hadi Saputro, M.Ag Sekretaris KKG PAI.

Dirinya juga mengatakan, workshop ini juga ternyata dari berbagai sekolahan yang telah mempraktekkannya mampu membuat siswa lebih antusias belajar.

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/portal-kkg-pai-kraton/home?authuser=0

"Selain tentunya media ini juga bisa jadi sarana belajar mandiri. Anak-anak bisa diminta kerjakan soal secara online. Tugasnya cukup dikirim memanfaatkan aplikasi messanger melalui grup whatsapp kelas," pungkas Joko Iswahyudi

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/portal-kkg-pai-kraton/kata-pengantar/sambutan-ketua-kkg-pai-kab-pasuruan?authuser=0

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post