JON HENRI SIPAYUNG

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Meneroka Dapur Pentigraf

Webinar Meneroka Dapur Pentigraf

WEBINAR MENEROKA DAPUR PENTIGRAF

MediaGuru melaksanakan webinar pentigraf, yang diikuti guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia yang berjumlah lebih dari 600 orang. Pelaksanaan webinar ini tanggal 20 Juni 2020 jam 10.00 wib melalui zoom cloud meeting dan youtube mediaguru. Tepat jam 10.00 wib Ceo mediaguru Mohammad Ihsan yang bertindak sebagai moderator mulai membuka acara webinar dengan ramah menyapa narasumber Tengsoe Tjahjono yang lahir di Jember 3 Oktober 1958 yang berprofesi sebagai dosen di UNESA, dan juga menyapa para peserta webinar dari berbagai daerah.

Ceo mediaguru kemudian memberikan waktu kepada narasumber Tengsoe Tjahjono penemu pentigraf untuk memaparkan mengenai pentigraf (cerpen tiga paragraf) yang sudah dinanti-nantikan oleh para peserta webinar, dosen UNESA ini kemudian memperkenelkan diri secara singkat. Lalu kemudian memberikan topik yang akan dibicarakannya adalah formula pentigraf, paragraf dalam pentigraf, kalimat langsung dalam pentigraf, bukan memindahkan fakta, elemen pentigraf, manfaat pentigraf dalam pengajaran.Menurut Tengsoe dalam menulis pentigraf itu harus fokus pada persoalan yang dihadapi seseorang tokoh atau tema yang diangkat, dan elemen narasi yang berupa tokoh, alur dan latar dihadirkan. Menurut dosen yang pernah mengajar di Korea ini di dalam menulis pentigraf harus mengurangi dialog, dan kalaupun ada hanya satu saja dialog. Dalam menulis pentigraf ini harus ada kejutan dalam paragraf ketiga, dan di dalam menulis pentigraf maksimal 210 kata.

Dalam pemaparannya sastrawan ini memberikan contoh-contoh pentigraf yang sangat menarik, dan Tengsoe mengatakan bukan memindahkan fakta akan tetapi mengolah jadi realitas baru, elemen yang penting dalam pentigraf adalah tema, alur, tokoh dan latar. Penulisan pentigraf harus menghadirkan konflik, seperti konflik manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia lain, manusia dengan budayanya, manusia dengan Tuhan.

Kemudian setelah Tengsoe memaparkan materi pentigraf, sesi berikutnya diisi oleh Pemimpin redaksi mediaguru Eko Prasetyo dengan memberikan contoh pentigraf hasil karyanya, setelah itu Eko memberikan kuis lima soal yang dijawab lomba cepat melalui chat, dan kepada peserta yang menjawab denga n cepat dan tepat diberikan hadiah buku meneropa dapur pentigraf hasil karya Tengsoe Tjahjono yang lansung ditanda tangani. Tidak terasa waktu sudah lewat jam 12.00 wib, kemudian Eko memberikan waktu kepada Ceo Mediaguru Mohammad Ihsan untuk menutup acara webinar yang berlangsung dengan terib dan aman. Diateitupa (terimakasih). Horas.

Pematangsiantar, 22 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maantul bgt pak

22 Jun
Balas

Maantul bgt pak

22 Jun
Balas

terimakasih Bu

22 Jun

Mantap bapa uda. Sukses ya.

22 Jun
Balas

Mantap pak Jhons, lanjutkan....hehehehe

22 Jun
Balas

Mantap pak

22 Jun
Balas

Terimakasih Bu

22 Jun



search

New Post