Joni Setiyawan

Saya adalah seorang guru biasa yang berasal dari sebuah desa kecil di kabupaten Kebumen. Tepatnya di Desa Semondo kecamatan Gombong. Saya terlahir dari seorang ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Wisata literasi di Edu training

Malam yang sangat luar biasa di Sragen. Setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam lebih sedikit, ku injakan kakiku di stasiun Solo balapan. Berangkat dari Gombong pukul 12.00 dan kereta berhenti di pemberhentian terakhir pada pukul 15.00 WIB. Perjalanan 3 jam yang sangat nyaman menaiki kereta joglo kerto. Alat transportasi yang sangat jauh berbeda keadaannya sekarang, ketika dulu tahun 90an aku merantau naik kereta. Pedagang asongan masih hilir mudik di atas kereta, penumpang yang masih berslekaran di lantai kereta, suasana yang panas, gerah dan aroma yang menyengat dari toilet kereta. Semua keadaan dulu itu, sekarang sudah tidak ada sama sekali. Sebuah reformasi yang sangat berhasil di alat transportasi ini.

Setelah menikmati makan siang di warung tenda depan stasiun, aku beranikan tanya ke ojek konvensional untuk mengantarkanku ke gedung Edu, tempel Donoyudan kalijambe. Dan setelah sepakat dengan tarif antar, selanjutnya ku menyusuri jalanan kota solo untuk menuju ke arah Sragen. Menjelang adzan Magrib, akhirnya aku bisa masuk ke gedung Edu, tempat untuk menimba ilmu menulis bersama master Johan Wahyudi. Belum banyak teman yang datang di gedung ini. Baru ada 4 orang yang lebih dulu dariku memasuki gedung Edu ini.

Setelah menunaikan ibadah sholat magrib inilah, datang rombongan lagi. Dan dari sini aku dapatkan sedikit pencerahan untuk membuka pikiran ku agar bisa beranjak dari zona nyaman.

Sungguh sangat tidak terbayangkan sebelumnya, jika aku bisa bercengkrama dengan seorang master penulis seperti mereka. Malam yang sangat berharga sekali malam ini.

Ternyata aku hanyalah seorang bagaikan katak yang dalam tempurung. Ternyata diluar sana sungguh sangat luar biasa luasnya ilmu dan pengalaman yang belum aku jelajahi.

Alhamdulillah... Ya Alloh, engkau memberi ku kesempatan untuk bisa bertemu dengan beliau - beliau. Semoga engkau selalu memberi ku jalan untuk bisa bermanfaat bagi kemaslahatan untuk diriku dan keluarga ku pada khususnya, dan juga untuk masyarakat pada umumnya. Aamiin..

Donoyudan

25 Desember 2017

20.24

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Samapi jumpa disana ya.. Salam literasi

26 Dec
Balas

Siap Bu Tuti, kami sudah menunggu sharing ilmunya.

26 Dec

Penanda jejak pencarian ilmu..

28 Dec
Balas

Dan berjumpa saudara baru yang kereeen kereeen, karena semangat menulis nya

28 Dec



search

New Post