JUFRIYADI, M.Pd

Seorang anak petani dari sebuah desa kecil di Kota Payakumbuh yang mengabdi sebagai pendidik di Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Besar Itu Berawal Dari Kecil Yang Dimulai Sejak Sekarang

Besar Itu Berawal Dari Kecil Yang Dimulai Sejak Sekarang

#TantanganGurusiana ke 252

#Kolom

Mulai siang tadi saya sudah berfikir mau menulis apa hari ini. Sampai jelang sorenya masih juga mikir-mikir. Saking buntunya otak ini untuk mencari ide, tapi masih juga mampet, kepala agak terasa nyut-nyut. Terpaksa saya bawa tidur dulu untuk diistirahatkan.

Ternyata tidur dapat membuat tubuh jadi fresh dan otak terasa jadi segar. Begitu bangun kebetulan saja, saya kepikiran dengan kesuksesan orang-orang dalam kehidupannya. Kenapa ya orang bisa berhasil dalam bisnisnya, sukses dalam usahanya dan sejahtera hidupnya. Untuk beberapa lama hal ini jadi buah pikiran.

Ketika saya duduk-duduk diakhir sore menjelang malam di bangku depan rumah, saya memandang ke persawahan yang luas. Muncul dalam pikiran kalau sukses itu adalah suatu hal yang besar. Semua orang pasti mau. Dalam pikiran saya, bagaimana itu bisa jadi kenyataan. Tentu saja ada yang harus diperbuat, bisa jadi banyak, berulang-berulang, dan harus juga berkesinambungan. Sampai akhirnya menuju pada yang diinginkan itu.

Hal besar itu jelas saja berawal dari yang kecil. Akumulasi dari hal-hal yang kecil itulah yang membuatnya jadi besar. Selama hal-hal yang kecil itu tidak dilakukan, mustahil akan menjadi besar. Katakanlah misalnya ingin jadi orang pintar, satu hal besar yang sudah ada dalam pikiran. Jadi orang pintar tidak akan jadi kenyataan kalau hanya ada dalam angan-angan saja. Harusnya ada banyak hal yang dilakukan untuk menuju itu, kemudian juga harus sudah di mulai, tapa menunggu lagi.

Artinya kita harus melakukan apa saja yang yang mungkin membuat kita jadi pintar, misalnya membaca, sering belajar, belajar dengan serius, berfikir dan bertanya. Mungkin banyak lagi yang lain, meskipun kelihatan semua itu hal yang kecil dan sepele. Selanjunya lagi yang terpenting adalah melakukannya mulai dari sekarang. Tidak menungu lagi nanti, besok apalagi tahun depan.

Saya jadi ingat dengan ungkapan yang dulu pernah saya dengar tentang semua ini. Kita harus berfikir besar, melakukan hal-hal yang kecil dan memulainya dari sekarang. “Think big, do small, start now”.

#BerlatihTerusMenulis

09/09/22

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang menarik Bapak

10 Sep
Balas

Terimakasih telah berkunjung bu Sutarti. Salam

11 Sep

Ulasan yang keren

10 Sep
Balas

Alhamdulillah, terimakasih bu Nanih. Salam sukses selalu.

11 Sep

Alhamdulillah, semoga saja begitu. Terimkasih bu telah mampir ke sini. Salam sehat kembali.

11 Sep
Balas

Ulasan yang sarat makna Pak. Sehat sll

10 Sep
Balas

Alhamdulillah, semoga saja begitu. Terimakasih bu telah mampir ke sini. Salam sehat kembali.

11 Sep



search

New Post