JUFRIYADI, M.Pd

Seorang anak petani dari sebuah desa kecil di Kota Payakumbuh yang mengabdi sebagai pendidik di Kab. Pesisir Selatan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Kalau Suasananya Lebih Nyaman
Ilustrasi

Kalau Suasananya Lebih Nyaman

#TantanganGurusiana ke 259

#Kolom

Setiap Jumat, seperti biasanya pagi itu diadakan kegiatan tausiyah bersama dilapangan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan tahfidz di kelas masing-masing. Pada semester sebelumnya kegiatan tahfidz diadakan langsung di lapangan sesudah tausiyah. Namun sejak awal semester ini kegiatan tahfidz beralih ke dalam kelas. Semua guru tetap menjadi mentor untuk sekitar 10 siswa. Sehingga tiap kelas di bimbing oleh 2 atau 3 mentor.

Saya bersama 2 orang guru lainnya adalah mentor dikelas IX.1. Kali ini saya minta izin pada kawan guru untuk beralih keluar. Alasannya hanya sekedar tukar tempat sekalian untuk menikmati suasana yang lebih nyaman. Kebetulan saja inisiatif ini hanya untuk kelompok siswa yang saya sebagai mentornya. Sehingga kami bisa memilih tempat di pekarangan sekolah yang kami inginkan. Kamipun memilih tempat di taman depan yang ada kolom ikan kecil dan tempat-tempat duduknya.

Susana yang lebih nyaman ternyata membuat perasan lebih senang, fokus dan terasa lebih fresh. Siswa bisa lebih santai membaca Al-Qur’an dan sekalian menghafalnya. Tak hanya mereka, saya pun juga menikmatinya. Sementara mereka membaca Al-Qur’an dan menghafalnya, saya juga memanfaatkan waktu itu untuk tujuan yang sama. Untuk beberapa lama kami sama-sama membaca Al-Qur’an dan berusaha untuk menghafalnya.

Alhasil, siswa yang mau menyetor hafalannya lebih banyak dari sebelumnya. Biasanya hanya 1 atau 2 orang siswa saja, itupun belum untuk seluruh ayatnya. Namun kali ini ternyata meningkat menjadi 5 orang. Bahkan ada siswa yang menyetor hafalannya dua surat, dan hafal untuk seluruh ayatnya dengan bacaan yang lancar.

Barangkali ini hanya sebuah alternatif pada waktu-waktu tertentu. Mungkin juga tidak untuk banyak kelompok apalagi semuanya. Sehingga terasa lebih tenang dan menyenangkan.

#BerlatihTerusMenulis

16/09/22

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

16 Sep
Balas

Alhamdulillah, terimakasih bu Rismalasari. Salam bahagia.

16 Sep

Mantap ulasannya keren

16 Sep
Balas



search

New Post