Juhrowiyah,S.Pd,M.Pd

Guru Paud Terpadu Al Munawaroh Kepala RA Al Munawaroh ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hidup Lebih Bermanfaat dengan Membaca

Hidup Lebih Bermanfaat dengan Membaca

Hidup Lebih Bermanfaat dengan Membaca

Oleh : Juhrowiyah

Hidup adalah pilihan, dan buatlah hidup itu bermanfaat untuk dunia dan akhirat. Dalam kedipun sehari pasti tak kan luput dengan baca, baca, dan baca. Kenapa manusia harus membaca ? Karena kehidupan manusia di dunia ini penuh warna. Bahkan sejak jaman Prasejarah sudah membaca, Keberadaan kehidupan manusia di Indonesia pada masa prasejarah dapat diketahui berdasarkan peninggalan yang berupa fosil (sisa makhluk hidup yang telah membatu) dan artefak (sisa perakatan manusia yang telah membatu). Untuk memahami sejarah tersebut pastilah harus membaca.

Manfaat membaca tidak bisa disangsikan lagi. Dengan membaca, kita akan mengetahui dunia. Ada pepatah mengatakan, “Jika engkau ingin mengenal dunia, maka mulailah membaca. Dan jika engkau ingin dikenal dunia, maka mulailah menulis. ”Dengan membaca pula, kita akan mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa bertahan dalam menghadapi gejolak zaman. Dan tentu, dari manfaat yang telah disebutkan, itu hanyalah sebagian kecil dari manfaat membaca. Akan ada manfaat lain yang akan kita rasakan ketika kita telah memahami urgensi dari membaca.

Sebagai seorang Pendidik, salah satu yang selalu di terapkan yaitu Budaya membaca. Ciptakan Budaya baca sejak dini kepa anak anak. Budaya baca adalah kegiatan yang sudah menjadi bagian melekat atau juga belum dalam kehidupan sehari-hari pada diri seseorang. Kemampuan membaca yang membudaya dalam diri setiap anak, maka tingkat keberhasilan di sekolah maupun dalam kehidupan di masyarakat akan membuka peluang kesuksesan hidup yang lebih baik. Bukan hanya itu kebiasaan membaca juga dapat membentuk karakter seorang anak.

Memang tak mudah untuk mengajak budaya membaca sejak dini, karena sebelum mengajak bedaya membaca, harus disiapkan dahulu bahan bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak atau tersedianya bahan yang memadai dan dan bervariasi agar menumbuhkan keinginan untuk membaca. Menumbuhkan minat membaca sangatlah bermanfaat karena membaca memiliki beberapa manfaat .

Ada beberapa manfaat membaca bagi anak, seperti: a. Membaca membuat siswa memperdalam, menambah dan memperluas ilmu pengetahuan selain dari guru. b. Siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam mempertajam,meneliti dan membandingkan pelajaran yang diperoleh di dalam kelas. c. Meningkatkan kemampuan apresiasi siswa terhadap seni. d. Membuat siswa lebih mampu mengenali diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. e. Mengembangkan ketrampilan dan memperluas minat pada kegemaran dan aktivitas yang bermanfaat bagi dirinya. f. Membentuk watak dan pribadi yang positif g. Membuka pikiran dalam melihat beda baik dan buruk h. Membuat waktu yang luang menjadi lebih positif i. Membuat individu menjadi lebih mandiri j. Menambah kosa kata yang baru, dan masih banyak lagi.

Sebagai manusia dewasa manfaat membaca itu juga banyak manfaat nya, diantaranya yaitu : Menambah pengetahuan, menambah daya ingat, biar tidak stress, menambah kosa kata dan bagi penulis Dengan sering membaca, maka kita sudah tahu tata cara penulisan yang baik. Bagaimana menyusun kata – kata yang benar. Terutama kepada penulis, jika ingin menjadi handal maka perlu membaca banyak hal, terutama karya – karya orang lain yang sesuai dengan bidang tulisan si penulis.

Buatlah hidup lebih bermanfaat dengan membaca agar hidup ini terasa indah dan bahagia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Taqabbalallahu minna wa minkum "Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian"

21 Apr
Balas



search

New Post