Juli Astati

Salam kenal, Saya pendatang baru di gurusiana. Saya seorang guru SD dari kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Motivasi ikut gurusiana karena dorongan seor...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ciuniang Ciajo
Photo bersama Ciuniang Ciajo 2019

Ciuniang Ciajo

#Tantangan Gurusiana

Tantangan hari ke 32

Ratu kecantikan tingkat dunia disebut Miss universe. Putri kecantikan di negara kita dipanggil Putri Indonesia. Namun tidak hanya sampai disitu, setiap daerah di Indonesia pun mengadakan pemilihan Putra dan Putri terbaik nya. Tentu dengan panggilan yang disesuaikan bahasa daerah masing-masing.

Di kota Padang sendiri pemudanya diberi gelar Uda dan Uni. Sedangkan daerah kita, Pariaman, sebutan untuk pemuda kita adalah Ciuniang dan Ciajo. Ciuniang merupakan panggilan untuk anak gadis perempuan, kemudian Ciajo untuk anak laki-laki nya.

Jadi, apabila rekan-rekan Gurusiana se-Indonesia pernah mendengar sebutan Uniang dan Ajo, itu sudah dipastikan kalau kampung halaman nya di Pariaman.

Penyelenggaraan pemilihan Ciuniang dan Ciajo hampir sama dengan daerah-daerah lain. Dilakukan sekali dalam satu tahun. Melalui proses pendaftaran dan serangkaian penilaian yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata. Bagi pemenangnya diberi hadiah dan dikukuhkan sebagai duta daerah Pariaman dalam tahun itu.

Nah, kalau dari daerah bapak/ibu apa sebutan untuk Putra dan Putri terbaik duta wisatanya?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post