Juliati

Terlahir dari seorang ibu yang bernama Nurma tepatnya di Bukit Batabuh, 10 Juli 1964. Pada usia 6 tahun mulai masuk sekolah di SD Muhammadyah lirik tepatnya Jan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Geliat Literasi

Geliat Literasi

Istilah literasi tak asing lagi bagi kita, apalagi buat para guru Indonesia. Setiap guru wajib melaksanakan kegiatan literasi di sekolah bersama peserta didiknya.

Literasi bukan hanya sekedar istilah atau membaca, menurut pemahaman segelintir orang. Literasi mengajak kita untuk memahami apa yang kita jadikan bahan literasi itu. Literasi juga kegiatan yang mengajak kita semua untuk menulis apa-apa yang kita rasakan, baik itu masalah maupun ide-ide yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.

Kegiatan menulis ini menjadi momok bagi sebagian guru, khususnya guru yang ada di wilayah kerja penulis. Sehingga ketidak piawaian guru menulis mengakibatkan tertundanya kenaikan pangkatnya.

Sekarang penulis bangga karena di daerah tempat penulis bertugas telah lahir srikandi-srikandi pegiat literasi. Mereka bersatu untuk menularkan virus-virus literasi yang melahirkan guru-guru penulis buku di daerah Indragiri Hulu.

Salah satu kegiatan yang baru saja ditaja oleh PC PGRI kecamatan Seberida bekerjasama dengan Media Guru Indonesia yang juga di sana turut andil srikandi-srikandi pegiat literasi. Meskipun kegiatan itu murni swadaya peserta,

sungguh diluar dugaan. Jumlah peserta melebihi target yang ditentukan panitia. Awalnya panitia hanya punya target untuk 100 peserta saja namun ternyata 221 guru ikut andil menjadi peserta dengan penuh semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hulu, Bapak H. Ujang Sudrajat, S.P, M.Si. Pada pidatonya beliau menyampaikan kebanggaannya memiliki guru-guru hebat zaman now yang menjamur di Kabupaten Indragiri Hulu. Beliau juga dengan lantang menyampaikan bahwa dengan bangga beliau akan memasarkan buku-buku hasil karya guru. Beliau juga sudah meminta kepada Kepala perpustakaan Kabupaten Indragiri Hulu untuk menjadikan buku-buku hasil karya guru sebagai sumber bacaan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu. Luar biasa perhatian dan motivasi beliau. Tak cukup dua jempol untuk mengucapkan rasa terimakasih. Manjada wa jadda itu yang selalu beliau ucapkan.

Kegiatan ini mendatangkan narasumber handal dari Media Guru Indonesia yaitu Ibu Istiqomah dan Bapak Muh Ihsan. Kedua nara sumber ini luar biasa memberikan motivasi dan menjadi insfiratif bagi semua peserta.

Ibu istiqomah dengan gayanya yang sangat motorik, tak ada peserta yang luput dari perhatian beliau dan bahkan beliau selalu berusaha untuk mnekatinya, sehingga semua peserta mendapat perhatian yang sama. Beliau sosok wanita yang sangat energik, kocak, sedikit lantang dan kadang-kadang marah. Marah beliau jangan pembaca artikan marah dalam makna negatif. Marah beliau adalah marah penuh kasih dan sayang untuk mengajak peserta diklat yang masih ragu dan bimbang akan kemampuannya untuk menulis sebuah buku. Bapak Muh Ihsan dengan kharismatik seorang ayah yang penyayang memberikan trik-trik menulis buku hingga terbit dan bisa dipasarkan. luaaaaar biasa.

Pegiat literasi terimakasih telah membangkitkan semangat dan kompetensi menulis yang selama ini terkubur. Semoga kami peserta 221 ini mampu menulis buku yang bermanfaat bagi kami penulis dan bagi pembacanya. aamiiin

v
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu Pengawas...

11 Feb
Balas

Bu alus semua jempol utk bu alus...dorong ibu ya.....

11 Feb

Padat berisi kereeennn Sybjg mengawali dg gurusiana Tinggal tampilan per paragraf aja bu...

11 Feb
Balas

thank say....sarannya

11 Feb

Naahhh kan makin cantikkkk Secantik orangnya kaannn Tetap semangat buuuu

12 Feb

Aamiin, terkontaminasi virus menulis positif, salam dari sesama pengidap virus literasi

11 Feb
Balas

salam...virus yg harus ditularkan....

11 Feb

Maaf judulnya tertulis dua kali.

11 Feb
Balas

terimakasih rekan2 semua...mudah2an ke depan lebih baik.

11 Feb
Balas

Tulisannya nendang. Lanjutkan ....

11 Feb
Balas

he he..nendangnya blm di arena finalty.....sehingga belum mencetak go

11 Feb

Alhamdulillah berhasil... Selamat bu dan sukses selalu.

11 Feb
Balas

memulai walau tertatih....dan perlu banyak belajar lagi.

11 Feb

Mama..luar biasa....ajari anak mama ya..biar jadi penulis juga...love u mama

12 Feb
Balas

Terus berjuang...kita bisa

12 Feb
Balas

semangat nco..mari kita mulai dengan bismillah....SAGUSABU...YESS!!!

15 Feb
Balas



search

New Post