Dua sisi pembelajaran daring
Hampir seluruh kegiatan pembelajaran diseluruh dunia menggunakan pembelajaran daring atau yang lebih dikenal pembelajaran dengan sistem online. Hal ini diakibat dari dampak pandemi covid-19. Salah satunya adalah negara Indonesia yang telah memasuki 3 bulan pembelajaran daring dari bulan maret lalu. Tentu pembelajaran daring dimasa pandemi covid - 19 ini memiliki dua sisi dampak positif dan negatifnya. Akibat dari pembelajaran daring ini juga dirasakan oleh pihak siswa maupun guru. Disini saya akan memaparkan dari dua sisi pandangan menurut guru dan siswa yang mereka rasakan selama pembelajaran daring baik itu dampak positif dan negatif.
Yuk kita simak!
1. Sudut pandang guru
Menurut saya sendiri pembelajaran daring pasti mempunyai sisi baik dan buruknya. Sebagai tenaga pengajar saya sangat setuju dengan adanya pembelajaran daring ini ditengah pandemi covid-19. Saya yakin bahwa ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang sangat efektif untuk memutus rantai penularan covid-19. Terlepas dari itu, tentu pembelajaran daring ini memberikan sisi negatif dan positifnya yaitu:
a. Dampak positif
Salah satu dampak positif nya adalah ketika pembelajaran daring kita bisa memilih tempat yang fleksibel untuk melakukan pembelajaran daring. Selain itu pembelajaran daring mengharuskan guru agar mahir menggunakan teknologi seperti, mahir menggunakan berbagai media pembelajaran yaitu zoom, google meet dan yang lainnya. Ini membuat teknologi pendidikan di Indonesia terus maju sesuai dengan era revolusi industri 4.0.
b. Dampak negatif
Terlepas dari sisi positif tentu ada sisi negatifnya. Adapun sisi negatifnya adalah banyak nya siswa yang tidak disiplin dan tertib selama pembelajaran daring dilaksanakan. Contohnya siswa yang sering tidak mengumpulkan tugas yang telah diberikan. Selain itu terbatasnya konsultasi pelajaran dengan guru bagi mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman lebih seperti matematika. Hal itu membuat pembelajaran daring kurang efektif dilaksanakan.
2. Sudut pandang siswa
Pembelajaran daring tentu juga memberikan dampak pada siswa. Saya sebagai tenaga pengajar selalu meminta pendapat mereka agar belajar daring ini berjalan efektif. Terdapat beberapa sisi negatif dan juga positif dari pembelajaran daring ini.
a. Dampak positif
Bagi siswa pembelajaran daring ini memudahkan mereka mengakses pembelajaran dan mendapatkan materi dengan mudah. Mereka bisa menggunakan teknologi yang ada untuk mencari materi pembelajaran. Serta tempat yang fleksibel yang mendukung kegiatan pembelajaran.
b. Dampak negatif
Adapun dampak negatifnya adalah ketika pembelajaran daring terkadang siswa hanya melakukan absen saja, tetapi tidak menyimak dan memahami materi yang disampaikan. Selain itu sinyal dan keterbatasan kouta Internet juga menjadi kekurangan dalam pembelajaran daring ini. Karena pembelajaran daring memerlukan sinyal yang kuat dan kouta yang banyak.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Informatif dan berguna. Moga kita bisa menjaga semangat kita deh. Salam literasi. Sukses selalu
informatif