Jumaroh mustiko

Guru SD Lereng Gunung Sumbing...

Selengkapnya
Navigasi Web

Di level berapakah kemampuan literasi kita?

DI LEVEL BERAPAKAH KEMAMPUAN LITERASI KITA ?

Tidak dapat dipungkiri, kemampuan literasi seseorang dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu seseorang, keluarga dan masyarakat. Bahkan menurut UNESCO pemahaman orang tentang makna literasi dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai budaya dan juga pengalaman.

Tapi tahuakah kita, apa itu literasi ?, ada berapa level tingkat literasi seseorang ?

Nah… sobat …mari kita cermati tulisan di bawah ini!

Menurut bahasa yang sederhana, literasi adalah keberaksaraan atau kemampuan menulis dan membaca ( the ability to read and write), tetapi pengertian itu mengalami perluasan makna, sehingga literasi dapat juga diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses mambaca dan menulis, bahkan menurut National Institute For Literacy ( NIFL ) mendefinisikan bahwa literasi adalah kemampuan individu untuk menulis, membaca, berbicara, berhitung dqn memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

Itu sabagian pengertian literasi yang dapat aku sampaikan sekarang ini sobat !

Nah.. kalau level atau tingkat kemampuan literasi seseorang menurut Wells (1987: 111), ada empat tingkatan, yaitu:

Performative yaitu tingkatan literasi yang paling rendah, meliputi kemampuan dasar membaca, menulis, berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan.

Functional, yaitu kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya membaca SMS, WA, membaca resep, membaca koran atau majalah, membaca aturan pakai dan sebangsanya itu sobat.

Informasional, yaitu kemampuan seseorang dalam mengakses pengetahuan dengan bahasa, misalnya mengisi formulir berbagai keperluan, berkomunikasi dengan lancar, dan mengakses informasi dari berbagai sumber secara proporsional.

Epistemik, yaitu kemampuan literasi seseorang yang telah mampu mentransformasikan pengetahuannya dalam bahasa, sehingga seseorang mampu mengubah rupa, bentuk, sifat, dan fungsi semua kompetensi yang yang ia kuasai dalam bahasa yang efektif.

Itulah sobat…

Sekarang…di manakah level literasi Kita ?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimaksih Bu, ilmunya... Salam literasi

16 Jul
Balas

Sama2.salam literasi jg

04 Jan



search

New Post