Mr Jun

Lahir di Kota Bulukumba,(1992) Sulawesi Selatan. Akrab di panggil dengan sebutan Mr Jun. Bergabung di Media guru lewat pelatihan sagusabu Ang Ke-2 di Makassar S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pikiran Memengaruhi Fisik (Hari14)

Pikiran Memengaruhi Fisik (Hari14)

“Akal dan tubuh saling memengaruhi”

kata Herbert Spencer memulai kuliahnya di fakultas kedokteran Universitas Harvard, Amerika Serikat. Untuk menguatkan pernyataannya, herbert meminta seorang mahasiswa maju ke depan kelas. Mahasiswa itu diminta menarik napas dalam-dalam dan memejamkan mata. Mahasiswa tersebut melakukan semua yang diperintahkan.

.

Dengan suara lirih Dr. Herbert Spencer berbicara pada mahasiswa itu, “bayangkan tangan kiri anda memegang sebuah jeruk, sedangkan tangan kanan anda memegang sebilah pisau tajam. Dr. Herbert memintanya berkhayal membela jeruk itu, dan mahasiswa itu kemudian menganggukkan kepala tanda bahwa ia melakukuannya.

.

Dr. herbert lalu memintanya untuk mendekatkan jeruk yang sudah di kupas itu ke mulut, “sekarang dekatkan jeruk itu ke mulut anda, hirup dalam dalam-dalam aromanya lewat hidung, lalu masukkan ke mulut anda, dan kunyah dengan gigi anda.

.

Rasakan rasa jeruk itu kecut, kecut sekali, getir di mulut anda. Sebagian sarinya menetes dari mulut anda dan membasahi bibir anda, Sebagian sari yang lain masuk ke dalam tenggorokan hingga membuat anda mau muntah...” Dr. Herbert terus memberikan arahan hingga tubuh mahasiswa itu gemetar dengan mimik wajah yang kaku dan merasa jijik.

.

Apa yang terjadi kemudian, Mahasiswa itu benar-benar muntah. Pada saat itu Dr. Herbert memintanya membuka mata dan mengambil napas dalam-dalam agar dapat keluar dari kondisi tersebut. Setelah itu ia menanya mahasiswa tentang apa yang terjadi. “Setiap kata yang Anda ucapkan aku pikirkan. Dengan begitu, aku merasakan sesuatu yang buruk di tubuhku. Apa yang aku pikirkan seperti benar-benar terjadi,” kata mahasiswa itu menjelaskan.

.

Dr. Herbert tak kuasa menahan tawa dan diikuti seluruh mahasiswa yang ada. Setelah mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa itu, Dr. Herbert memandang seluruh muridnya dan mengulang kalimat yang diucapkan di awal kuliah : “akal/pikiran dan tubuh saling memengaruhi”..

.

Apa yang dilakukan oleh Dr. Herbert ini juga sering saya praktikkan di kelas training saya, seperti pada video ini ; tubuh gemetar, wajah kaku, mimik berubah karena memikirkan rasa yang sangat kecut di dalam mulut. Ini berarti bahwa “apa yang kita pikirkan dan katakan pada diri akan mempengaruhi tubuh dan ekspresi wajah. So hati-hati dengan pikiran, karena pikiran akan memengaruhi fisik/tubuh kita, baik negatif maupun positif. Keep positive thinking !!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren mas

27 Apr
Balas



search

New Post