Mr Jun

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bingung Gimana cara Menemukan Ide Dalam Menulis ? Ini Tipsnya.

Bingung Gimana cara Menemukan Ide Dalam Menulis ? Ini Tipsnya.

TIPS MENEMUKAN IDE

“Dibutuhkan Satu Buku Untuk Membuatmu Jatuh Cinta” (Najwa Sihab)

Menurut kang abik (nama pena Habiburrahman El Shirazy) penulis Novel-novel Best Seller (Ayat-Ayat Cinta, Pudarnya Pesona Cleopatra, Ketika Cinta Bertasbih. berdasarkan tingkat keuletan penulisnya, terbagi atas dua macam. Pertama Penulis yang sibuk dan berusaha mencari ide. Jenis ini merupakan profil dimana seorang penulis dengan aktif mencari ide, bisa dengan membaca majalah, koran, ngobrol dengan tetangga, teman, menyimak curhatan dll. Sehingga kondisi itu dia “potret” dan dirangkai menjadi cerita/tulisan, layaknya puzzle yang siap untuk disusun dengan rapi sehingga menjadi gambar yang menarik. Model ini menurut kang abik, hampir sama dengan nelayan yang mencari ikan, menjaring jala kemana-mana, menyiapkan pancing dan kailnya untuk siap-siap menyongsong ikan yang didapatkan. Kedua. Penulis yang menunggu ide jatuh dari langit.Model kedua ini adalah jenis penulis yang saban hari menunggu ide, namun tidak berusaha mencarinya. Setiap hari merenung, melamun dan menyesali diri kenapa ide tidak juga muncul-muncul dihadapannya. Analoginya menurut kang abik, sama seperti nelayan inginnya ikan yang besar namun kerjaannya hanya menunggu di pinggir lautan menanti ikan paus yang terdampar. Apakah tidak mungkin ikan paus terdampar ?. Mungkin saja, tapi jumlahnya sangat kecil sekali, karena kejadian ikan paus kesasar ke pesisir pantai (entah karena keracunan atau salah makan ?) jumlahnya sangat sedikit di dunia ini.

Dari dua gambaran tersebut, termasuk yang manakah kita ?. intinya menemukan ide bagi tiap individu itu berbeda-beda. Sebagaimana di jelaskan di awal bahwasanya ide bias di dapat kapan dan dimana saja yang penting niat untuk menulis itu ada. Saya pribadi termasuk orang yang sulit untuk menemukan ide, akan tetapi terkadang ide itu muncul tiba-tiba. Lalu ? apa yang harus kita lakukan ?. Iya, Tuliskan idemu di buku kecil supaya ide itu tetap ada dan bisa kita tuliskan nantinya.

Ide atau gagasan untuk membuat tulisan bisa muncul dari mana saja. Namun, bagi seorang pemula yang ingin menulis, mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan ide agar hasil tulisannya kreatif dan berbeda. Adapun hal – hal yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan ide untuk menulis kreatif yaitu :

1. Sesuatu yang Dikuasai atau Dipahami

Pengetahuan seseorang mengenai sesuatu yang dikuasai atau dipahami dengan baik akan menciptakan suatu ide yang terus mengalir tanpa henti. Anda akan lebih baik menuliskan sesuatu yang benar – benar anda pahami, dengan begitu anda dapat menguraikan nya dengan bebas menjadi sebuah tulisan yang kreatif dan mampu memberikan informasi dengan benar.

2. Pengalaman Hidup

Banyak penulis yang memulai keterampilan menulisnyanya melalui pengalaman hidup. Pengalaman yang pernah dilalui dan pernah anda rasakan dapat dituangkan kedalam sebuah tulisan. Jadikanlah pengalaman anda yang menarik sebagai sebuah gagasan untuk menulis dan buat sekreatif mungkin agar orang lain tertarik untuk mengetahui tentang pengalaman berharga yang pernah anda lalui.

Pengalaman hidup yang tak sekedar pengalaman. Tuliskan pengalamanmu yang paling menderita dan perjalanmu menemukan sesuatu misalnya perjalananmu hingga menjadi penulis. Tulislah sehingga bias menginspirasi orang banyak.

Jangan mengambil ide yang anda sukai namun belum anda kuasai, hal ini nantinya akan membuat anda kesulitan untuk mengembangkan gagasan anda. Jika basic anda di sastra, maka fokuslah di sastra jika anda penikmat buku motivasi maka tuliskanlah.

3. Pergaulan yang Luas

Pergaulan yang luas akan memberikan ide yang luas pula. Sebagai contoh jika anda memiliki seribu teman maka ada seribu kemungkinan ide yang anda ambil sebagai gagasan untuk menulis sebuah tulisan kreatif. Anda juga bisa menggunakan sifat atau kebiasaan teman anda untuk dijadikan ide untuk menulis. Tapi tidak untuk menuliskan hal-hal yang buruknya. Saran saya perbanyak teman penulis, karena lewat pengalaman-pengalamannya kita akan temukan ide.

4. Hobi atau Hal yang Disukai

Semua orang pasti memiliki hobi masing – masing. Anda dapat mengambil ide atau gagasan dari hal yang anda sukai. Dengan sesuatu yang anda gemari akan mudah untuk menemukan ide kreatif untuk membangun tulisan anda.

Misalnya anda mempunyai hobi bermain musik, maka anda akan lebih mudah untuk mengembangkan ide misalnya “tips memilih gitar yang baik”, “Belajar bermain gitar untuk pemula” dan lain – lain yang dapat anda kembangkan sendiri.

5. Tontonan dan Bacaan Buku

Dengan menonton sesuatu juga dapat menghasilkan ide ide baru yang kreatif. Menonton sesuatu yang kita sukai kadang membuat kita terpikir tentang sesuatu ide kreatif yang nantinya bisa dituangkan ke dalam sebuah tulisan.

Hanya saja, pada zaman yang serba rusak saat ini, kita harus jeli memilih tontonan. Mengapa? karena saat ini banyak tontonan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pilihlah tontonan yang positif dan bisa melahirkan segudang inspirasi buat Anda jadikan sebagai bahan tulisan. Selain itu, membaca buku juga dapat membuat kita menemukan berbagai inspirasi dan ide unik untuk bahan tulisan. Sekali lagi saya tekankan, jika anda memang serius untuk bisa menulis, maka mau tidak mau, anda harus memulai, memulai, dan memulai. Menulislah dan kembangkan idemu.

6. Berdayakan Media

Media FB, WA, dan IG saat ini menjadi jejaring yang sangat di gandrungi kaulah muda juga orang dewasa. Media social memudahkanmu menemukan ide-ide baru. Status ataupun histori di media social boleh jadi asbab di temukannya ide-ide kreatif.

“Menulislah Hal-hal yang baik untuk Menginspirasi Orang-orang agar Berbuat Baik” (Kang Abi )dan “Tulislah buku seakan-akan kamu mau bilang sesuatu sama orang-orang, tetapi sesuatu itu tak pernah sanggup diungkapkan langsung di depan muka mereka” (Emile M. Cioran)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bro, semangat

12 Jan
Balas

Siap Pak Ali. Smngat

12 Jan



search

New Post