Mr Jun

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS DAN TRIK TAMPIL MENAWAN SAAT PRESENTASI
Ilustrasi

TIPS DAN TRIK TAMPIL MENAWAN SAAT PRESENTASI

TIPS DAN TRIK TANPIL MENAWAN SAAT PRESENTASI

Presentasi merupakan satu bagian tak terpisahkan dari kegiatan kita sebagai Mahasiswa atau sebagai peneliti. Dengan presentasi, kita berusaha mengkomunikasikan ide kita secara langsung kepada pendengar atau audience.

Mendengar kata presentasi atau berbicara di depan umum adalah momok menakutkan bagi sebagian orang. Sehingga presentasi yang tadinya dapat di tampilkan dengan baik, malah hancur tak beraturan di karenakan blank, semua materi yang sudah di tata rapi di kepala seketika hilang.

Kekuatan itu, ada pada diri manusia sendiri, bukan pada orang lain. Jika individunya saja tidak percaya diri dengan kekuatan yang dimilikinya, lalu ? bagaimana dengan orang lain ?. seringkali pikiran-pikiran negatif selalu muncul manakala diperhadapkan dengan situasi persentasi. Takut gagal, takut banyak pertanyaan, takut tidak bisa menjawab, dan pikiran-pikiran negatif lainnya yang terus menggorogoti kepala hingga sampai kehati. Lalu apa yang terjadi ?,. Pikiran Negatif tersebut sering menghantui bahkan membuat seseorang tersebut tidak bisa nyenyak tidur, dan tidak tenang beristrahat.

Sebaliknya,pikiran positif akan mengantarkan dan menghadirkan kekuatan dalam diri yang berujung percaya diri hingga berbuah hasil yang maksimal dalam memaparkan hasil temuan atau ide yang ingin di diskusikan.

Tampilan slide yang menarik akan menambah kepercayaan diri ditambah tampilan presentasi yang mendukung akan lebih wow,. Sebaliknya semenarik apapun slide yang di tampilkan jika rasa nervous menghantui dan biasa-biasa saja dalam menyampaikannya (Presentasi) maka tampilan tersebut seolah kurang meyakinkan.

Berikut adalah tips dan trik presentasi sehingga tanpil menawan di depan audience atau di depan penguji jika presentasi Proposal.

Minta do’a restu orangtua

Mintalah kepada kedua orangtua untuk di doakan agar presentasi/ujiannya di lancarkan dan dimudahkan. Do’a orangtua sangat manjur dan bisa tembus kelangit sehingga doa-doa yang di panjatkannya mudah di kabulkan.

Shalat Lail / tahajjud

Shalat duha’

Berdoa di sepertiga malam dan di pagi hari adalah salah satu waktu mustajab dikabulkannya do’a. Maka gunakan waktu tersebut untuk mengadukan segala persoalan yang anda hadapi termasuk meminta agar presentasi / ujian dilancarkan dan dimudahkan.

Poin 1,2, dan 3 adalah hal yang dilakukan oleh orang-orang untuk mendulang kesuksesan lagi berkah. Selanjutnya adalah, fokus pada materi yang ingin kita presentasikan. Karena do’a tanpa usaha hasilnya Nol, sebaliknya usaha tanpa do’a juga akan menghasilkan kegagalan juga tak berkah. Karena pertolongan Allah SWT akan datang tanpa kita duga, dan campur tangannya pun tak pernah kita tau sehingga masalah yang kita hadapi mudah saja kita lalui dan kita selesaikan.

Bertanyalah kepada yang berpengalaman presentasi.

Poin ini adalah hal yang sangat jarang di lakukan oleh sebagian besar orang. Lebih disibukkan dengan pikiran negatif ketimbang mencari kepada teman yang telah selesai presentasi. Ada banyak hal yang akan di dapat muncul, dan karakteristik audience dan penguji. Hal tersebut sangat penting untuk anda ketahui, karena dengan begitu anda akan mempersiapkan segalanya sebelum tempur.

Kuasai Materi

Menguasai materi bukan dengan menghafal tetapi pahami poin-poin intinya kemudian kaitkan dengan realitas yang terjadi di lapangan. Jika hal ini di lakukan, maka yakin dan percaya kebuntuan tak akan kita temui dalam memaparkan materi.

Desain Pptnya semenarik mungkin, ingat salah satu daya tarik PPt adalah poin-poin yang di tampilkan lalu di jelaskan, bukan catatan panjang yg di pindahkan dari buku di jadikan PPt yang biasa di bahasakan oleh sebagian kalangan adalah koran. Tanpilan slide yang menarik akan meminimalisir pertanyaan-pertanyaan yang muncul, karena yang bebas berbicara dan presentasi dengan poin-point tersebut adalah anda sendiri.

Ketika presentasi, perhatikan intonasi, mimik, dan bahasa tubuh.

Salah satu tampilan yang sering mengundang audience atau penguji untuk bertanya adalah tanpilan kita yang kurang meyakinkan. Misalnya : anda hanya duduk manis menjelaskan materi dengan melihat slide yang ada., audience atau penguji akan yakin dengan tanpilan anda dengan bebas bergerak dan memanfatkan anggota tubuh dalam presentasi.

Diamnya anda di tempat duduk, akan mengundang banyak tanya dan membuat audience dan penguji berandai-andai dengan presentasi anda.

Maka dari itu, berekspresilah dan manfaatkan panggung (ruangan) yang telah di sediakan oleh panitia.

Demikianlah tips dan trik tampil menawan saat presentasi, semoga bermamfaat dan bisa di aplikasikan. Akhir kata penulis ingin menyampaikan bahwa 7 point tersebut adalah pengalaman pribadi penulis dalam presentasi yang sering penulis aplikasikan saat ikut kegiatan-kegiatan pelatihan.

Mari belajar dan bergerak bersama sehingga bisa menginspirasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren sangat informatif, terima kasih atas tips dan triknya. Salam literasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

09 Jan
Balas

Salam Pak

09 Jan

paparan luar biasa Mr. Jun.. salam suksea

09 Jan
Balas

Luar biasa sukses selalu Mr Jun

09 Jan
Balas

Terimakasih Mas.. Salam Sukses berkah.

09 Jan
Balas



search

New Post