Mr Jun

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Yang Luput Dari Perhatian

Yang Luput Dari Perhatian

Sisi Positif Manusia Yang Jarang Di Ketahui

Al quran Menggambarkan Manusia sebagai mahluk yang lebih unggul dari pada langit, bumi, dan para malaikat dan sekaligus menyatakan bahwa manusia lebih rendah daripada setan dan binatang buas. Alquran berpendapat bahwa manusia adalah mahluk yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan dunia dan memperoleh jasa para malaikat, namun manusia juga seringkali terpuruk. Manusialah yang mengambil keputusan tentang dirinya sendiri dan menentukan sendiri nasibnya.

Melalui Firmannya, Allah menyampaikan bahwa manusia adalah ummat terbaik yang akan menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari yang mungkar. Di percaya untuk menyeru dan sebagai pencegah, berarti posisi manusia di mata Allah SWT sangat tinggi lagi mulia.

Di muliakan dan memiliki tempat spesial oleh-Nya, tak ubahnya seperti “kacang lupa kulitnya”, mengapa demikian ?. tak sedikit manusia tak tau berterimakasih dan memanfaatkan posisinya untuk berbuat dalam memaksimalkan potensinya. Tidak menjadikan dirinya sebagai ummat yang terbaik, malah menjadikan dirinya sebagai mahluk yang rendah.

Manusia adalah mahluk yang luar biasa yang memiliki sisi positif. Beberapa sisi positif manusia yang jarang diketahui adalah sebagai berikut :

Manusia adalah wakil (Khalifah) Allah SWT di muka bumi.

Landasan (Qs Al-An-am :165)

Manusia adalah wakil, pengganti dan penerus dalam menjalankan Amanah dari-Nya. Menjalankan untuk kebaikan, dan mencegah dari halyang buruk.

Manusia memiliki kemampuan yang paling tinggi untuk mendapatkan pengetahuan / ilmu.

Landasan (Qs Al-Baqarah :31-33)

Manusia memiliki martabat dan kemuliaan.

Allah SWT telah menjadikan manusia unggul atas banyak makhluk-Nya. Manusia dapat merasakan, bagaimana sesungguhnya dirinya, jika mewujudkan martabat dan kemuliaannya serta memandang dirinya tak pantas diperbudak dan tak layak berbuat buruk. (Landasan Qs Al-Isra :70)

Tentang sisi positif manusia, masih banyak lagi hal yang bisa di jadikan rujukan, akan tetapi tiga point tersebut cukup mewakili apa yang ada pada diri manusia. Karena itu, Manusia telah diberi hak untuk memamfaatkan secara halal anugerah alam ini.

Manusia adalah pilihan oleh-Nya, menjadi baik dan buruk adalah pilihan. karena Instrumen kebaikan telah di paparkan oleh Allah SWT.

(Rujukan Buku Manusia dan Alam Semesta, Murtadha Muthahhari)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaaafff

08 Jan
Balas

Siap

08 Jan



search

New Post