Juni Damajanti

Juni Damajanti seorang Guru Teknik Bangunan di SMKN 3 Bondowoso, mengajar mata pelajaran Produktif Teknik Bangunan. Menulis adalah kegemaran sejak masih dibangk...

Selengkapnya
Navigasi Web
THE IDJEN KOPI LUWAK BONDOWOSO
The Idjen Kopi Luwak Production's Kluncing, Sumberwringin, Bondowoso, Jawa Timur

THE IDJEN KOPI LUWAK BONDOWOSO

THE IDJEN KOPI LUWAK BONDOWOSO

Dra. Juni Damajanti

SMKN 3 Bondowoso

Tanpa direncana, pada Hari Sabtu, 6 Januari 2024, aku bersama rombongan menuju destinasi wisata di Bondowoso yang belum pernah kukunjungi sebelumnya. Wisataku kali ini mengunjungi perkebunan kopi sekaligus menikmati rasa kopi luwak langsung dari pembuatnya. Terletak di Desa Kluncing, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, ada sebuah rumah produksi kopi luwak yang dinamai dengan The Idjen Kopi Luwak oleh Fery pemiliknya, yang saya panggil Mas Fery.

Di tempat produksi ini, banyak terdapat hewan luwak yang sengaja dipelihara untuk menghasilkan kopi luwak arabica yang sangat disukai itu. Ada banyak kandang luwak di sana, berikut para pekerja dan tentunya tempat untuk memproduksi hasil kopi. Usai kami berkeliling kebun kopi, sambil mengamati pohon kopi dan biji kopi muda dan tua yang siap dipanen, kami diajak menuju rumah produksi sekaligus mengamati banyak luwak di kandang.

Puas bertanya dan belajar akan eksistensi si luwak yang menjadi property utama usaha Mas Fery di bidang perkopian, aku dan teman-teman diajak melihat proses pembuatan kopi luwak di rumah produksi. Saat kami memasuki ke rumah produksi, harum kopi sungguh menggugah selera, dan berharap bisa menikmati kopi luwak yang terkenal itu. Benar saja, saat sedang asyik-asyiknya berkeliling dan mengamati, Mas Fery mempersilahkan kami untuk menikmati rasa kopi luwak.

Dibantu temannya yaitu Mas Fadli yang bertugas di bagian pemasaran, aku mendapat banyak informasi tentang kopi luwak yan mereka kelola bersama. Butuh kesabaran, kegigihan, dan optimisme dalam menjalani usaha tersebut, kekompakan dan kerjasama kunci utama dalam menjalankan usaha. Menarik dan bersyukur aku dapat berkunjung ke tempat ini, selain mendapatkan informasi berharga, aku bisa belajar dan melihat langsung seoerti apa proses pembuatan kopi luwak yang terkenal itu, dan yang lebih memuaskanku adalah bisa menikmati kopi luwak sepuasnya di sini.

Semangat terus Mas Fery dan Mas Fadli bersama tim, semoga di lain waktu aku dan teman-teman bisa berkunjung lagi ke tempat ini. Wisata minum kopi luwak sambil menikmati keindahan alam pegunungan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap ulasannya Mbak. Sukses selalu

07 Jan
Balas

Terima kasih

07 Jan

Mau Bunda kopinya.

07 Jan
Balas

Yuk ke Bondowoso

07 Jan

Mau Bunda kopinya.

07 Jan
Balas

Luwak adalah binatang yang sering dianggap mencuri. Tapi kali ini bisa kerjasama dengan kita untuk menjadikan kopi terasa lebih nikmat. Subhanallah. Ciptaan Tuhan yang luar biasa.

07 Jan
Balas

Betul! Teeima kasih sudah mampir tulisan saya Bu ...

07 Jan

Luar biasa berkelas

07 Jan
Balas

Terima kasih

07 Jan



search

New Post