Juni Damajanti

Juni Damajanti seorang Guru Teknik Bangunan di SMKN 3 Bondowoso, mengajar mata pelajaran Produktif Teknik Bangunan. Menulis adalah kegemaran sejak masih dibangk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Wisata Edupreneur di SMKN 3 Bondowoso
Wisata Edupreneur di SMKN 3 Bondowoso

Wisata Edupreneur di SMKN 3 Bondowoso

WISATA EDUPRENEUR DI SMKN 3 BONDOWOSO

Baru-baru ini di sekolahku kedatangan tamu dari siswa dan siswi tamak kanak-kanak, tepatnya dari TK KARTIKA Bondowoso. Kunjungan yang dikemas dengan nama Wisata Edupreneur ini sungguh mengasyikkan, selain bertujuan memberikan informasi dini kepada siswa dan siswi yang masih yunior ini, juga memberikan pengalaman berharga kepada siswa dan siswi kami di SMK Negeri 3 Bondowoso.

Sebagai sekolah vokasi yang salah satunya memiliki jurusan atau konsentrasi keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan/TKP, kami menampilkan edupreneur di bidang jasa pengukuran tanah, perhitungan anggaran biaya bangunan, dan pembuatan maket/diorama. Tiga bidang inilah yang kemarin menjadi perhatian siswa dan siswi dari TK Kartika.

Tak disangka mereka sungguh antusias mengikuti rangkaian acara dan memperhatikan penjelasan dari kakak-kakaknya. Tiga siswa TKP yang bertugas, sangat sabar dan telaten memberikan penjelasan kepada adik-adiknya. Lucu-lucu tingkah mereka, berbaris rapi menunggu giliran mencoba alat dan memakai helm proyek yang ada di bengkel TKP. Bahkan ada satu siswa TK yang bertanya dan membuat kami tergelak.

"Bu guru, rumah ini apakah ada hantunya?"

Pertanyaan lucu dan lugu dari seorang anak kecil saat melihat salah satu maket bangunan buatan siswa dan siswi TKP kami.

Usai mengamati, bertanya, dan men coba alat ukur tanah serta memperhatikan maket bangunan, mereka kami ajak masuk Lab. Komputer dan kami tunjukkan serta jelaskan untuk apa komputer ini, tentunya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa kanak-kanak. Bahkan, ada semacam hadiah berupa snack dan permen bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana.

Sebuah kegiatan sederhana namun menarik, meskipun kunjungan ini melibatkan siswa dan siswi dari taman kanak-kanak. Kami beranggapan bahwa kegiatan seperti sosialisasi, promosi, pengenalan dan sejenisnya, tidak harus kaku untuk siswa di SMP atau kalangan dewasa. Untuk kanak-kanak pun kami rasa perlu juga dikenalkan tentang sekolah vokasi dengan cara yang mudah dipahami. Contohnya ya wisata edupreneur ini salah satunya, dengan mengajak siswa dan siswi TK, SD/Madrasah, dan SMP/MTs mengunjungi dan mengenal sekolah kami lebih dekat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

21 Jan
Balas

Terma kasih Bunda .. salam literasi

21 Jan

Terma kasih Bunda .. salam literasi

21 Jan



search

New Post