juwita rihasnita

Menulis adalah salah satu cara untuk memperpanjang usia dan mengalihkan mood....

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa Tanda Orang Berilmu?

Apa Tanda Orang Berilmu?

Tantangan Menulis hari ke-12

Sungguhlah cantik si bunga ungu

dirangkai oleh si anak dara

kalau nak tahu tanda orang berilmu

sila lah baca tulisan saya

Setiap orang pasti menginginkan dirinya menjadi orang yang berilmu. Menjadi berilmu membuat sesorang terlihat lebih teratur dan berakhlak. Demikian juga sebaliknya, saat orang jauh dari ilmu biasanya akan menjadi kurang sopan dalam bergaul atau menjalani kehidupannya.

Berilmu bukanlah harus menempuh pendidikan sampai meraih gelar Profesor. Berilmu dalam KBBI disebutkan adalah berpengetahuan, mempunyai ilmu, pandai. Kalau dicermati makna tersebut didapati pesan bahwa setiap orang telah memiliki pengetahuan akan berubahlah cara pandang atau karakternya disebabkan kepandaiannya. Mengutip ungkapan Ustad Abdullah Gymnastiar ( AA Gym ),

" Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya. "

Lalu, apa tanda orang yang berilmu?

1. Orang yang berilmu adalah mereka yang menepati janji. Ada dua jenis janji yang mengikat setiap manusia, janji kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa dan janji kepada manusia.

Janji kepada Allah, tuhan Yang Maha Esa dilakukan pada saat ruh akan ditiupkan pada manusia. Di situlah berjanji kepadaNya bahwa Ia adalah Tuhan kita. Dan konsekwensinya tentulah segala apa yang Ia perintahkan dan Dia larang akan menjadi pegangan dan patuh denganNya. Orang yang berilmu akan mengingat perjanjian itu sehingga ia akan berupaya merealisasikannya.

Sedangkan janji kepada manusia tentulah takkan terlepas dari itu. Hidup di dunia, berinteraksi dan membuat perjanjian baik antar seorang dengan orang lain, atau antara seseorang dengan institusi. Perjanjian seorang guru dengan murid yang diampunya. Guru yang berilmu akan berupaya memenuhi janji dengan sebaik-baiknya saat ia melakukan pembelajaran di ruang-ruang kelasnya.

2. Orang yang berilmu adalah orang yang tidak mau menyembunyikan ilmu. Kesadaran yang baik bahwa ilmu pengetahuan pada hakikatnya adalah milikNya. Betapa ia takut saat ada keinginan untuk tidak menyampaikan ilmu dengan terang benderang. Orang berilmu akan menyampaikan pengetahuannya tanpa harus disembunyikan,diperjual belikan atau dikorupsikan. Corruption of knowledge. Ternyata ya, tidak hanya korupsi pada pendanaan, pengetahuan juga bisa dikorupsikan saat seseorang tidak memahami hakikat berilmu itu.

3. Orang yang berilmu adalah mereka yang memiliki sifat tawadhu'. Rendah hati.

Kesadaran diri tentang TuhanNya menyebabkan seseorang yang memiliki gelar akademisi tertinggi atau seorang ulama yang tersohor menyebabkan ia dapat mengalahkan kesombongan dalam diri. Lawan dari rendah hati adalah sombong. Apa itu sombong? Sombong adalah sifat yang merendahkan orang lain dan menolak kebenaran. Semakin tinggi ilmu seseorang maka akan semakin rendah hatilah ia memperlakukan orang-orang disekitarnya. Benarlah sebuah filosofi yang mengatakan, " tirulah ilmu padi semakin berisi semakin merunduk. "

Bersambung Esok.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bun ilmunya,salam

07 Dec
Balas

sama-sama ibu. salam kembali.

07 Dec



search

New Post