juwita rihasnita

Menulis adalah salah satu cara untuk memperpanjang usia dan mengalihkan mood....

Selengkapnya
Navigasi Web
Terima Kasih Telah Mengerti Kami Bu

Terima Kasih Telah Mengerti Kami Bu

Tantangan Menulis Hari ke 21

Sekolahku berkisah

Di sekolah kami SDN 18 Lalang, Kec.Medang Deras. Sempat dibuat kebijakan oleh kepala sekolah mengklasifikan siswa dengan kriteria daya serap. Saat itu karena setiap kelas paralel di buat A dan B. A untuk anak yang memiliki daya serap baik, sedangkan B untuk daya serap anak yang sedikit lamban.

Nah, waktu itu Bu Hikmah Suryani namanya.Bu guru ini diamanahkan mengampu siswa di kelas IV-B.

Menantang tentunya iya. Sebab di kelas ini ketika diajak memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelajaran, terutama matematika dan Bahasa Indonesia. Sudahlah, dari pagi sampai pulang mereka akan bertahan dengan tidak menyelesaikan pekerjaannya.

Namun, ada cerita menarik waktu itu.

Tahun pertama ketika kepala sekolah berganti dengan ibu Hj. Normila. Beliau menargetkan kepada kami para guru untuk melakukan inovasi pendidikan berupa pembiasaan baik di kalangan peserta didik. Dan caranya adalah dengan menggali potensi di luar kemampuan akademik apalagi untuk siswa di kategori B.

Hm, mulailah semua guru berfikir keras untuk menyahuti apa yang disampaikan oleh ibu kepala sekolah. Dan harus terlihat hasil kerja kami semua para guru di Pentas Seni dalam rangka peringatan Hari Guru 2019 yang lalu.

Mulailah merancang apa yang akan ditampilkan murid-muridnya yang luar biasa. Bertanyalah pada mesin pencari data " mbah google" yang baik hati. Lhat lagi di You tube untuk mendpatkan inspirasi agar anak didiknya tak ketinggalan tampil

Dan Tara...., muncul idenya. Tari massal seluruh siswanya. Tidak ada yang tidak terlibat. Semua dilibatkan.

Saya sempat mengintip waktu itu proses latihan mereka. Bu Hikmah menayangkan di papan tulis gerakan tari mereka. Dan fantastis, anak-anak itu sangat serius mengikuti dan berupaya agar tampilan mereka nanti menjadi terbaik.

Berjalan waktu sekitar dua bulan. Akhirnya terseleksilah grup tari mereka sebanyak 9 orang dari 26 siswa. Tekun. Ya, itu yang saya salut dengan beliau ini plus murid-muridnya juga.

Sampailah pada puncaknya , peringatan hari guru. Tema besarnya adalah "Aku pasti bisa".

Seluruh kelas menampilkan kreasi mereka masing-masing di hadapan tamu yang diundang. Hadir saat itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten, Anggota DPRD Kabupaten Batubara, kolega guru dari beberapa sekolah dan wali murid tentunya. Tepuk tangan yang meriah melihat tampilan mereka. Dan ternyata, tampilan dari kelas bu Hikmah mendapat apresiasi luar biasa dari penonton.

Selepas mereka tampil sempat saya mendengar obrolan mereka dengan Bu Hikmah.

" Bu, terima kasih ya sudah melatih kami. Kami senang loh bu. Ternyata kami bisa juga tampil. " Ujar seorang siswa kelas IV ini.

Terselip rasa haru dalam hati, ternyata anak-anak didik hanya perlu diberi panggung agar mereka dapat menampilkan karya terbaik mereka. Dan itu telah dilakukan oleh seorang guru muda ini. Hikmah Suryani.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren cerpennya bu. Salam sukses

16 Dec
Balas



search

New Post