kacep muslim

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kebahagiaanku

Kebahagiaaku di minggu ini :

Juara Lomba Guru Berprestasi

Lomba Guru berprestasi adalah sebuah ajang pembuktian diri bagi guru di Indoneia, suatu kegiatan yang menuntut seorang guru untuk dapat menguasai semua asfek yang dibutuhkan bagi seorang guru. Guru harus menjadi guru yang profesioanal yang emiliki 4 kompetensi, yaitu kompetensi profesinal, kompetensi pedagogic kompetensi soail dan juga kompetensi kepribadian. 4 kemampuan kompetensi grur ini yang kemudian di aplilaksikan dalam sebuah lomba bagi guru Indonesia yang di kenal dengan sebuatan guru berprestasi.

Aku termasuk orang yang sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan tersebut, dengan support dan dukungan keluarga, sahabat, teman sejawat, aku mencoba mengikuti kegiatan itu. Kegiatan ini menjadi kegiatan ku yang kedua setelah tahun lalu aku juga ikut kegiatan tersebut.

Tahun 2018 aku hanya sampai di tingkat kota, karena kurang pengalaman dan baru pertama mengikuti lomba guru berprestasi maka hasilnya kurang maksimal, aku dan semua utusan dari kecamatanku tidak ada yang berhasil masuk 10 besar. Dengan berbekal pengalaman tahun lalu aku melangkah kembali ke tingkat kota lomba guru berprestasi tahun 2019.

Semua hal dalam kompetensi yang ada dalam 4 kompetensi guru tersebut di pertanyakan dan di mintai bukti fisik pelaksanaan di lapangan. Lomba di awali dengan seleksi tertulis, seluruh peserta harus mengerjakan 80 soal test yang bermaterikan 4 hal kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran, disini kempetensi pedagogic guru di ujikan melalui kemampuan nya menjawab soal . setelah soal mampu di selesaikan dalam waktu yang ditentukan, seluruh peserta harus mengikuti ujian berikutnya yaitu penilaian Administrasi pembelajaran, himpunan administrasi pembelajaran yang di nilai adalah administrasi selama 3 tahun terakhir.

Alhmadulillah karena ini adalah pengalaman ke-2 ku, aku dapat menyiapkan administrasi pembelaranku selama 3 tahun dengan cukup baik, dan memenuhi semua kriteria yang diujikan. Tahap berikutnya semua peserta harus mengumpulkan semua fortopolio guru yang di kumpulkan dari 2 tahun terakhir. Alhamdulilah fortopolio yang berhasil aku kumpulkan cukup bernilai tinggi, berbagai kegiatan yang telah aku ikuti dalam 2 tahun terakhir aku kumpulkan dalam sebuah laporan potofolio, yang berisikan sertifikat kegiatan pelatihan dan diklat, sertifikat seminar, sarasehan atau diskusi, kumpulan karya tulis ilmiah, PTK yang aku buat , media pembelajaran yang sudah aku buat di masukan dalam sofecopy atau CD, pengalamanku dalam bermasyarakat dan kegiatan social, kegiatan pembelajaran dan pembimbingan yang menghasilkan prestasi baik pada guru atau pada siswa, beeerta foto kegiatannya juga aku masukan dalam fortopolio ku, akhirnya aku berhasil mengumpulkan potofolio yang lumayan tebal yang aku kemas dalam sebuah map snlehekter berwarna biru yang aku beri cover foto dan identitasku .

Pada proses penilaian ini nilai tes tulis , Administrasi pembelajaran, dan fortopolio di gabungkan untuk diambil 10 orang terbaik yang akan mengikuti seleksi berikutnya yaitu paparan penuliasn KTI atau best practice, alhamdulilah aku mendapat peringkat pertama dari 10 peserta dan mengikuti uji paparan pada hari kedua lomba Guru Berprestasi tingkat kota.

Hari kedua lomba Guru berprestasi, aku mendapat nomor undian 7 dari 10 peserta, aku mencoba untuk memaparkan Best Practice yang ku beri judul : “”Peningkatan Kompetensi Guru melalui Kegiatan Virtual Coordinator Menyonsong Era 4.0” alhamdulilah paparan dan sesi Tanya jawab dapat kulalui dengan baik dan lancer.

Pengumuman hasil lomba belum di sampaikan secara resmi oleh Sudin Kota Jakarta Timur, tapi berdasarkan hasil TIM Penilai tingkat kota, aku dinyatakan sebagai Juara 1 Lomba Guru SD Berprestasi tingkat Kota Jakarta Timur. Bahagianya , semua kerja kerasku berbuah hasil.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post