Syaiful Rahman

Syaiful Rahman dapat dihubungi melalui [email protected] atau 081915522463....

Selengkapnya
Navigasi Web
(156) SENI MERESPONS

(156) SENI MERESPONS

Tiba-tiba saja saya ingin menulis ini. Tidak terlalu penting, tapi sangat efektif bagi kehidupan saya. Yaitu, cara merespons setiap hal yang menghampiri saya. Baik hal yang saya anggap baik maupun hal yang saya anggap buruk.

Saya mengatakan "yang saya anggap" yang artinya sesuai sudut pandang. Seringkali, sesuatu yang saya anggap baik justru berdampak buruk. Sebaliknya, sesuatu yang saya anggap buruk malah berdampak baik.

Oleh karena itu, saya selalu mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang pernah berlaku kurang baik terhadap saya. Baik tindakan berupa ucapan maupun perilaku lainnya.

Sebab, berkat tindakan-tindakan itulah saya bisa semakin teguh dan bangkit lebih maju. Meminjam istilah Tan Malaka, "Terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk."

Ucapan yang berupa cacian, makian, hinaan, dan cemoohan seringkali lebih efektif untuk mendorong saya lebih baik. Malah pujian dan sanjungan yang seringkali membuat saya stagnan, merasa nyaman, dan jadi malas bergerak lebih maju.

Di sinilah pentingnya memiliki sudut pandang positif. Dengan sudut pandang itu, cara merespons saya pun akan ikut positif. Saya menjadi tidak mudah marah ketika ada orang yang berbuat kurang baik kepada saya. Justru sebaliknya, saya akan berupaya untuk lebih baik lagi untuk membuktikan bahwa saya tidak seburuk yang dianggap orang lain.

Saya mengistilahkan, jangan-jangan perbuatan kurang baik orang lain terhadap saya adalah cara Tuhan menegur saya, cara Tuhan mengingatkan saya, dan cara Tuhan membimbing saya agar tetap istiqamah di jalan kebaikan. Jika benar begitu maka saya harus berterima kasih kepada mereka yang telah menjadi tangan panjang Tuhan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terbentur, terbentur, terbentur ,terbentuk. Makasih nasehatnya.

19 Jun
Balas

Selalu berprasangka baik saja ya pak. Apa yang terjadi pada diri kita. Karena semua sudah diatur Allah. Sukses selalu pak...

19 Jun
Balas

Selalu positif thinking..

20 Jun
Balas

Mantap sekali

20 Jun
Balas

Keren Mas Syaiful. Sangat mencerahkan. Terima kasih

19 Jun
Balas



search

New Post