Syaiful Rahman

Syaiful Rahman dapat dihubungi melalui [email protected] atau 081915522463....

Selengkapnya
Navigasi Web
KAPAN MATINYA PENULIS?

KAPAN MATINYA PENULIS?

Sudah bukan hal asing lagi pernyataan yang mengatakan bahwa penulis tidak akan pernah mati. Ketika seseorang menulis, saat itu pula dia telah memperpanjang umurnya.

Pramoedya Ananta Toer mengatakan dengan nada lantang. "Menulis adalah bekerja untuk keabadian."

Pernyataan itu bukan tanpa alasan. Sudah banyak faktanya, umur boleh pendek, tapi tulisan akan abadi bersama zaman.

Contoh saja, Chairil Anwar. Pelopor penyair angkatan '45 itu sampai saat ini masih dikenang. Lewat puisi-puisinya, nama dia abadi dari generasi ke generasi.

Kalau contoh yang lebih ekstrem, bisa diambil dari perjanjian Hammurabi. Perjanjian tua dan mungkin perjanjian pertama yang pernah tertulis itu tetap abadi. Tetap disinggung di buku-buku sejarah.

Itu adalah bukti nyata bahwa tulisan jauh lebih abadi dibandingkan dengan umur penulisnya. Karena itu, peninggalan berupa karya tulis diimpikan oleh banyak orang.

Orang-orang yang pemikirannya ingin dikenang dan bermanfaat sepanjang masa, mereka tidak ragu-ragu untuk menuliskannya. Jika mereka tidak mampu, mereka tidak ragu untuk membayar penulis untuk menuliskannya.

Bahkan mereka berani membayar dengan harga mahal demi itu. Kenapa? Mereka yakin, keabadian pemikiran jauh lebih berharga daripada uang. Pengaruh pemikiran jauh lebih dahsyat daripada uang.

Lantas, kembali ke judul, kapan matinya penulis? Ya, saat malaikat mau mencabut nyawanya. Dia mati sebagai manusia. Meski mungkin karyanya tetap abadi.

Kota Pahlawan, 23 November 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post