Syaiful Rahman

Syaiful Rahman dapat dihubungi melalui [email protected] atau 081915522463....

Selengkapnya
Navigasi Web
KELALAIAN-KELALAIAN PESERTA LOMBA BULANAN MEDIAGURU

KELALAIAN-KELALAIAN PESERTA LOMBA BULANAN MEDIAGURU

Sebenarnya, lomba menulis yang dilaksanakan setiap bulan oleh MediaGuru sangat penting bagi setiap gurusianer. Lomba ini bukan hanya berbicara tentang menang atau kalah. Lebih dari itu, lomba ini juga bisa dijadikan indikator terkait kreativitas, intensitas, dan kualitas tulisan seorang gurusianer.

Ratusan peserta lomba yang ikut, namun juri harus memilih dengan teliti mana tulisan yang benar-benar kreatif. Tulisan yang tidak sekadar curhat nirmakna, judul dan konten yang datar, atau gagasan yang tidak memiliki keunikan.

Itu adalah prinsip awal dan fundamental yang dipegang oleh juri dalam hal penilaian. Semakin unik, orisinil, dan bermakna tulisan Anda, semakin besar peluang Anda untuk lolos.

Namun, ada beberapa kelalaian teknis yang selalu dilakukan oleh peserta lomba yang menyebabkan mereka tidak lolos, yaitu:

1. Di form sudah dijelaskan dengan detail bahkan diberi contoh link yang harus dimasukkan, tapi tetap saja banyak yang keliru. Misalnya:

- Diminta memasukkan link artikel yang sudah dipublikasikan, tapi peserta lomba malah memasukkan link profil gurusiana.

- Diminta memasukkan link artikel, malah diisi link facebook.

- Yang lebih memusingkan ketika diminta memasukkan link artikel, tapi malah diisi link google form lomba.

2. Perbedaan antara artikel di gurusiana dan artikel yang ditulis di word. Ini malah menimbulkan rasa heran bagi para juri. Antara artikel yang diunggah di gurusiana berbeda seratus persen dengan artikel yang ditulis di MS Word dan diungguh di google form.

3. Plagiat. Para juri suka heran dengan peserta lomba yang melakukan plagiat. Dalam keterangan lomba sudah dijelaskan dengan gamblang agar peserta menulis tentang PENGALAMAN ATAU GAGASAN terkait tema yang diangkat. Jadi, seharusnya itu sangat personal dan unik.

Setiap orang pasti memiliki pengalaman dan gagasan yang berbeda. Katakan saja pengalaman membumikan literasi di sekolahnya. Meskipun sama-sama memiliki pengalaman dalam rangka membumikan literasi, saya yakin antara satu orang dengan orang lain pasti berbeda. Kenapa? Sebab konteks, persepsi, dan situasi antarpersonal dan antarsekolah pasti berbeda.

Ndilalah kemarin ada tulisan yang sama plek. Sesama peserta lomba saling plagiat. Dua paragraf sama persis. Tidak ditambahi dan tidak dikurangi. Dunangis para juri melihat kenyataan itu.

Oleh karena itu, pada 2021 nanti, kami berharap para peserta lomba dan seluruh gurusiner lebih baik lagi. Rasakan mengikuti lomba ini bukan sekadar rutinitas belaka. Rasakan mengikuti lomba ini sebagai salah satu upaya berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Berikan pengalaman dan gagasan yang terbaik. Baca ulang tulisannya sebelum dipublikasikan atau dikirimkan. Pastikan isiannya semua benar.

Kalah menang bukan tujuan utama melainkan kesadaran untuk terus belajar lebih baik itulah yang paling penting. Teruslah tingkatkan kuantitas tulisannya, tapi jangan lupa juga untuk meningkatkan kualitas dan kebermanfaatan tulisannya.

Selamat berkarya! Berkarya dan berjaya! Salam literasi!

Surabaya, 30 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nggih Mas Syaiful. Suwun ilmunya

30 Dec
Balas

Siap mas. Trims..

30 Dec
Balas

Terima kasih pencerahannya, Pak. Salam literasi

30 Dec
Balas

Mantap, Keren, Padat, dan tepat sasaran.. Hatur nuhun mas Kacong atas pencerahannya. Sukses selalu

30 Dec
Balas

Sangat bermanfaat dan penuh pembelajaran Pak Syaiful. Barakallah.

31 Dec
Balas

Ya betul..biar kalah yang penting sportif..Suai Mas

30 Dec
Balas

Terima kasih, Mas Syaiful.

30 Dec
Balas

Mantap buat memotivasi diri dalam menulis.

31 Dec
Balas

Mantap buat memotivasi diri dalam menulis.

31 Dec
Balas

Insha Allah...berusaha jujur

30 Dec
Balas

Mksh Mas Saiful... udh mengingatkan km semua... smg yg plagiat segera bertobat

30 Dec
Balas

Bermanfaat sekali mas, terimakasih infonya

30 Dec
Balas

Terima kasih mas Saiful. Infonya sangat bermanfaat.

30 Dec
Balas

Semoga si plagiat segera bertobat.sukses selalu Mas....

30 Dec
Balas

Ok Mas .. Terima kasih

30 Dec
Balas

Saya belum pernah menang...tetapi tetap menulis

30 Dec
Balas

Terimakasih informasinya

30 Dec
Balas

Terima kasih infonya.

30 Dec
Balas

Siap,Mas Kacong yang semakin kece. Untuk seorang bujang berada diantara deretan para Suhu, adalah suatu kedahsyatan,luar biasa!Proud of U

30 Dec
Balas

Terimakasih Mas syaiful.... Ilmu yang berharga sekali, dan semoga menjadi kesadaran untuk tetap mempertahankan original/keaslian dari sebuah tulisan.

30 Dec
Balas

Trims Mas Saiful informasinya

01 Jan
Balas

Siap maturnuwun atas notes nya

30 Dec
Balas

Siap Pejuang Literasi

30 Dec
Balas

Salam literasi. Sukses untuk kita semua. Terima kasih informasinya.

30 Dec
Balas



search

New Post