Syaiful Rahman

Syaiful Rahman dapat dihubungi melalui [email protected] atau 081915522463....

Selengkapnya
Navigasi Web
SELALU ADA HIKMAH

SELALU ADA HIKMAH

Saya percaya, selalu ada hikmah pada setiap peristiwa. Hanya saja, terkadang kita tidak mampu melihat secara kasat mata. Kita akan melihatnya bila menggunakan mata hati dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Secara pribadi, munculnya virus corona di Indonesia sejak Maret 2020 telah mengguncang seluruh kebiasaan. Hidup saya menjadi berubah drastis. Kebiasaan ngopi dan belajar dengan tatap muka sudah dibatasi.

Hari-hari lebih banyak dihabiskan di rumah. Saya pulang ke kampung halaman. Kalaupun ke Surabaya, paling hanya 5-10 hari. Tidak sampai berbulan-bulan lamanya.

Namun, sungguh ada banyak hikmah bagi pribadi saya. Setidaknya, sejak Maret saya lebih banyak bersama orang tua. Momen yang luar biasa untuk memberikan pengabdian dan bakti sebagai seorang anak.

Karena punya banyak waktu, kesempatan untuk belajar ilmu baru menjadi terbuka. Buku-buku yang belum terjamah bisa kembali dibaca. Video-video edukasi bisa disimak. Webinar-webinar gratis bisa diikuti secara bebas.

Sejak corona ini, saya bisa lebih multitasking. Dalam satu hari bisa mengikuti beberapa webinar, membaca, menulis, nonton video, dan berkegiatan sosial. Rasanya, ilmu bertebaran di mana-mana secara gratis. Sesuatu yang sulit untuk dilakukan di masa normal.

Corona telah mengajarkan saya untuk banyak bersyukur. Corona telah menyadarkan saya bahwa hidup tak sepenuhnya bisa dikendalikan oleh manusia. Corona telah mengingatkan saya bahwa manusia hanyalah makhluk biasa dan lemah.

Sumenep, 8 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya, Pak. Semoga corona segera berlalu

08 Dec
Balas

Sejak Corona, sejak itu pula saya mengenal Media Guru.... Barakalloh MGI

09 Dec
Balas

Mantab ulasannya, sebagai nasehat dan pengingat... Sukses selalu untuk karyanya dan salam literasi

08 Dec
Balas

Betul sekali, Pak. Kalau hanya sekadar memaknai secara tersurat, yang ada adalah kemarahan melihat situasi yg tidak pasti ini. Tp kalau kita maknai secara tersirat, ada satu hikmah luar biasa. Kita terbiasa dgn hal2 baru, bahkan di saat normal pun mungkin kita tidak terpikir untuk melakukan. Ikut webinar, mengikuti banyak pelatihan, bahkan memaksa diri untuk membuat satu tulisan setiap hari tidak terpikir akan saya lakukan jika situasinya tdk pandemi.

08 Dec
Balas



search

New Post